Beranda » Cara Membuat Titik pada Daftar Isi di Microsoft Word

Cara Membuat Titik pada Daftar Isi di Microsoft Word

Cara membuat titik pada daftar isi pastinya ingin diketahui oleh mereka yang sering menggunakan Microsoft Word. Untuk pembuatan titik pada daftar isi ini sendiri biasanya dilakukan untuk makalah maupun laporan tugas. Sudah bisa dipastikan kalau untuk kebutuhan tersebut maka pastinya akan sangat mengandalkan Microsoft Word seperti yang satu ini. Namun sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana caranya. Buat Anda yang ingin tahu caranya, berikut ini penjelasan secara lebih lengkapnya. 

1. Buka Halaman Daftar Isi 

Cara membuat titik pada daftar isi yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word terlebih dulu. Apabila sudah selesai membuka, maka lanjutkan dengan membuka halaman daftar isi yang akan diisi dengan titik-titik tersebut. Namun sebelum melakukan hal tersebut, maka pastikan terlebih dulu bahwa fitur rule sudah tersedia di sana. Soalnya tanpa adanya fitur yang satu ini maka sulit untuk melangkah ke proses selanjutnya.

Namun apabila ternyata fitur rule ini juga tidak muncul maka Anda juga tidak perlu khawatir. Karena ada solusi untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengklik View pada bagian menu bar di atas, dan lanjutkan dengan memberi tanda ceklis pada bagian menu Ruler. Apabila Anda melakukannya secara tepat maka fitur tersebut akan segera bisa digunakan. 

2. Blok Semua Teks Kecuali Daftar Isi 

Jika langkah pertama sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memblok semua teks kecuali daftar isi. Jangan lupa untuk menampilkan batas margin terlebih dulu guna untuk mempermudah segalanya. Untuk bisa menampilkan batas margin ini sendiri bisa dilakukan dengan cara menekan tab file lanjutkan pilih menu Options, pilih Advanced dan akhiri dengan memberi tanda ceklis pada menu Show text boundaries. Apabila Anda melakukannya secara tepat maka batas margin ini bisa terlihat dan pastinya akan lebih memudahkan bagi Anda. 

Trending:  Agama Viral TikTok; Apakah Benar Tentatif Adalah Agama?

Apabila blok margin ini sudah bisa terlihat, maka lanjutkan dengan memblok semua teks selain daftar isi sekaligus judul. Lanjutkan dengan mengklik fitur Rule Tab untuk memilih pilihan Right Tab yang berada di sana. Untuk bisa menemukan fitur yang satu ini maka tinggal cari ikon huruf L yang terbalik. Hal ini penting sekali untuk bisa menemukan fitur yang dicari tersebut. Jadi nantinya tidak akan menyusahkan Anda ketika sedang mencarinya. 

3. Atur Batas Titik Akhir Halaman 

Sedangkan tahapan terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan mengatur batas titik akhir halaman. Sekaligus mengatur batas titik akhir pada posisi nomor halaman. Nantinya Anda tinggal perlu mengatur sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan Anda. Lanjutkan dengan mengklik ikon Right Tab pada batas titik akhir halaman tersebut. Namun pastikan terlebih dulu bahwa posisi batas titik sudah sesuai keinginan.

Supaya nantinya tidak perlu bekerja dua kali dan memperbaikinya kembali. Barulah kemudian memilih bagian Right untuk di menu Alignment yang tersedia pada Microsoft Word tersebut. Akhiri dengan memberikan perintah dengan mengklik Ok maupun set. Lakukan hal yang sama untuk titik-titik lainnya yang diinginkan pada aplikasi Microsoft word tersebut. Pastikan terlebih dulu bahwa langkah-langkahnya sudah tepat dan juga sesuai dengan apa yang dijelaskan di atas. 

Kini, Anda sudah mengetahui tentang cara membuat titik pada daftar isi pada Microsoft Word. Jadi apabila nantinya Anda menghadapi masalah yang satu ini maka tidak perlu bingung lagi. Cukup dengan mengaplikasikan apa yang dijelaskan di atas.