Beranda » Cara Membuka File BIN yang Paling Mudah 

Cara Membuka File BIN yang Paling Mudah 

Cara membuka file BIN pastinya ingin diketahui oleh banyak orang sekarang ini. Apalagi seperti yang diketahui bahwa file adalah bagian yang sangat penting dalam pengoperasian komputer. Namun cerita akan menjadi lain ketika file yang diterima ternyata berbentuk BIN. Seperti yang diketahui bahwa file berbentuk BIN tidak bisa langsung dibuka dan digunakan begitu saja. 

Hal ini disebabkan karena file BIN ini sendiri merupakan singkatan dari Biner yang biasanya berisi gambar, dokumen, video maupun yang lainnya. Tipe file seperti ini tidak bisa dikases dengan begitu saja karena memerlukan beberapa langkah mengaksesnya. Tidak seperti file biasa yang bisa diakses dengan begitu saja. Ada beberapa langkah yang mesti dilewati terlebih dulu sebelum bisa membuka dan menggunakan jenis file ini. Anda yang belum tahu caranya tidak perlu bingung, karena Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Buka Aplikasi PowerISO 

Cara membuka file BIN yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi PowerISO seperti yang satu ini. Aplikasi PowerISO memang sudah lama diketahui dengan fungsinya untuk mengatasi masalah kesulitan membuka tipe file BIN. Cara untuk menggunakannya juga terbilang mudah yakni diawali dengan menginstall aplikasi ini terlebih dulu. Untuk bisa menginstallnya sendiri, Anda cukup mengunjungi website PowerISO.com dan pastikan jangan sampai salah menulis nama dari situs tersebut. Jika aplikasi sudah terpasang maka lanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut. Dipastikan apabila aplikasi terinstall dengan baik maka proses penggunaan aplikasi sudah siap dilakukan. 

2. Mulai Cari File BIN 

Jika aplikasi PowerISO sudah terinstall dengan baik maka langkah selanjutnya adalah tinggal mencari file BIN. Untuk bisa mencari file BIN yang diinginkan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka menu open yang berada di taskbar bagian atas. Tidak berselang lama, maka menu File Explorer muncul dan bisa Anda manfaatkan untuk menemukan file BIN yang Anda cari atau butuhkan. Jadi pastikan terlebih dulu, bahwa  Anda sudah tahu file BIN yang dicari itu bernama apa. Hal ini sangat berguna untuk memastikan bahwa file yang dipilih memang sudah tepat. Jika sudah menemukan file yang dicari maka tinggal klik open pada aplikasi PowerISO tersebut. Hal ini berguna supaya file BIN tersebut bisa terbuka di aplikasi PowerISO. 

Trending:  Cara Tanda Tangan Di Word HP Dengan Praktis

3. File BIN Berhasil Dibuka 

Apabila langkah satu dan langkah kedua telah dilakukan dengan tepat maka biasanya file BIN berhasil dibuka.  Biasanya file BIN yang terpilih akan muncul dengan sendirinya dan tidak perlu dicari repot-repot secara manual. Hanya saja untuk file yang berbentuk rar memang kadang tidak bisa dipakai begitu saja filenya. Artinya tipe file ini harus terlebih melalui proses ekstrak terlebih dulu. Tenang saja, karena proses ekstrak file ini sendiri tergolong mudah dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Cukup dengan melakukan ekstraksi pada file rar yang sudah terpilih tadi. Nantinya aplikasi PowerISO ini akan secara otomatis melakukan ekstraksi pada file yang dipilih tersebut. Setelah semua hal tersebut dilakukan, maka file yang terpilih sudah bisa langsung diakses oleh Anda tanpa ada kendala yang berarti. 

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang Cara Membuka File BIN yang Paling Mudah. Jadi nantinya apabila Anda menemukan file BIN maka sudah tidak perlu bingung atau panik lagi. Soalnya tips yang dijelaskan di atas bisa langsung diterapkan untuk menjadi solusi terbaiknya.