Cara Memperbaiki Speaker Laptop Kresek Dengan Menu Volume Mixer

Di jaman serba modern ini, penggunaan laptop sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Bukan hanya gaya hidup, namun juga suatu kebutuhan. Sekolah dan bekerja tidak bisa jauh-jauh dari barang yang satu ini. Sehingga kita harus memastikan kondisi laptop kita dalam keadaan yang selalu baik. 

Coba ketika Anda sedang mengerjakan tugas, tiba- tiba laptop Anda mengalami gangguan, pekerjaan Anda tentu menjadi terhambat bukan? Begitupula peranan speaker laptop, banyak kasus yang mengakibatkan speaker jadi kresek. Hal tersebut pasti sangat mengganggu. 

Speaker laptop kresek merupakan hal yang sangat mengganggu aktivitas yang sedang kita dilakukan, contohnya ketika bekerja atau sedang menonton film. Pengeras suara adalah salah satu perangkat yang memiliki fungsi penting. Oleh sebab itu Anda perlu mengatasi permasalahan tersebut. Dengan mencari tahu cara memperbaiki speaker laptop kresek. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan menu Volume Mixer

Sebelum kita bahas cara memperbaiki speaker laptop kresek, mari kita lihat terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan speaker laptop kresek atau pecah.

Penyebab Suara Speaker Laptop Kresek

Berikut adalah hal-hal yang dapat menjadi penyebab suara speaker laptop menjadi kresek. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda juga dapat langsung segera mengatasi permasalahan speaker laptop kresek.

1. Memakai volume terlalu keras

Penyebab utama speaker laptop keras yaitu karena sering memakai volume speaker yang terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu alangkah baiknya Anda memakai volume speaker yang tidak berlebihan ketika mendengarkan musik atau ketika  sedang menonton film.

Trending:  Cara Mendapatkan Nomor India Gratis dengan Mudah

2. Terlalu sering melepas pasang earphone dan speaker eksternal

Penyebab lainnya dari speaker laptop yang kresek yaitu karena terlalu sering memasang serta mencabut konektor earphone. Hal tersebut dapat membuat speaker mati karena terjadi konslet pada bagian konektor audio.

3. Speaker tertutup oleh debu atau kotoran

Penyebab dari speaker laptop kresek yang juga sering yaitu banyaknya debu pada sekitar speaker. Debu atau kotoran lain yang menumpuk terlalu banyak membuat kualitas suara yang dikeluarkan menjadi kresek. Maka dari itu bersihkan secara rutin memakai kain bersih atau bisa juga dengan cotton bud.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Kresek melalui Menu Volume Mixer

Cara memperbaiki speaker laptop kresek bukan merupakan hal yang sulit. Untuk Anda yang membutuhkan cara memperbaiki speaker laptop kresek, mari kita simak langkah-langkah berikut ini supaya Anda tidak bingung lagi:

1. Masuklah ke menu Open Volume Mixer

Klik kanan pada bagian ikon speaker yang terletak di pojok kanan bawah dan pilihlah menu Open Volume Mixer.

2. Pilihlah Speaker/Headphones

Kemudian pilihlah opsi Speaker/Headphones dengan cara memilih tanda panah ke bawah pada menu Devices.

3. Mengubah volume menjadi 0

Selanjutnya ubahlah volume menjadi 0, caranya yaitu dengan menekan pilihan Level kemudian klik menu Balance. Kemudian  ubahlah tingkat speaker menjadi 0 pada bagian speaker yang kresek, jika sudah selesai klik OK.

4. Selesai

Setelah Anda mengubah volume dari speaker yang kresek, suara yang dihasilkan kini dapat kembali normal meskipun tidak sepenuhnya jernih 100% seperti ketika pertama kali Anda membeli laptop baru.

Bagaimana? Cara yang mudah bukan? Anda tidak perlu panik dan bingung ketika mengalami hal tersebut. Uraian penjelasan diatas adalah beberapa cara memperbaiki speaker laptop kresek dengan menu Volume Mixer. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Trending:  Cara Vervalponsel untuk Mendapatkan Kuota Gratis