Beranda » Mau Tahu Cara Mempercepat Download di Android?Simak Rahasianya!

Mau Tahu Cara Mempercepat Download di Android?Simak Rahasianya!

Sobat jostbgt, terkadang suka kesal kan, saat kamu butuh download cepat, tapi malah lama dan tidak selesai-selesai? Apalagi kalau ternyata tidak ada masalah pada sinyal dan memorinya cukup? Tenang, kita ada solusi cara mempercepat download Android khusus buat kamu.

Ingin tahu bagaimana cara cepat download di Android tanpa kendala dan lancar jaya? Simak solusi dan tutorial yang ada di bawah ini.

Cara Mempercepat Download di Chrome

Pertama kita akan membahas cara mempercepat download di Chrome ponsel Android. Kenapa begitu? Karena sebagian besar pengguna Android memakai browser besutan Google ini daripada yang lain. 

Ini dia langkah-langkah mempercepat download di browser Android kesayangan milikmu.

  1. Cek apakah Google Chrome yang kamu miliki adalah seri terbaru. Caranya, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pencet “Perbarui browser Chrome”
  2. Tutup tab yang tidak kamu pakai
  3. Nyalakan “Pramuat halaman agar browsing & penelusuran lebih cepat”. Lokasinya ada di tiga ikon titik, lalu ke “Pengaturan” dan lanjut ke “Privasi dan Keamanan”, kemudan geser ke kanan ya

Tiga langkah mudah di atas bisa membuat unduhan kamu di Chrome lebih cepat sehingga nggak capek lagi nungguinnya. Nantinya, semua hasil unduhan bisa kamu lihat di bagian “Download” kalau sudah berhasil.

Bagaimana Sobat josbngt, gampang kan, cara biar download kenceng versi ini?

Cara Mempercepat Download Memakai Aplikasi

Kalau kamu ingin mengunduh video dan menurutmu download di Chrome masih kurang cepat juga, masih ada cara lainnya, loh! 

Sama seperti halnya aplikasi download PC, di Android juga ada aplikasi serupa yang bisa kamu pakai. Misalnya seperti :

  • ADM
  • AZ Video Downloader
  • All Video Downloader
  • Box Video Downloader
  • Aplikasi Pengunduh Video HD
Trending:  8 Pilihan Laptop untuk Mahasiswa, Harga Hemat Spec Dahsyat

Kamu bisa memakai salah satu aplikasi download video buat ponsel Android di atas biar semakin cepat. Aplikasi-aplikasi di atas gratis kok, dan cara memakainya mirip dengan IDM di PC. 

Kamu bisa melanjutkannya lagi unduhan kapan-kapan kalau misalnya kuota habis, atau memperbaharui link tanpa mengulang dari awal.

Sebagai gambaran biar nggak bingung dan bisa lancar memakainya, kita akan contohkan satu buat tutorial, ya? 

Semua aplikasi di atas hampir sama kok cara pakainya. Siap? Kita akan memakai ADM sebagai contoh. Ini dia langkah-langkahnya.

  1. Salin alamat video atau file yang hendak kamu unduh.
  2. Buka Aplikasi ADM.
  3. Klik tanda garis 3 di bagian atas sebelah kiri.
  4. Pergi ke ujung bawah sebelah kanan, klik “Browser”.
  5. Saat browser ADM terbuka, tempelkan alamat tadi ke bagian URL di bagian atas dan tekan “Enter”.
  6. Klik “Donwload” saat halaman unduh terbuka.
  7. Atur tempat kamu mau menyimpan file.
  8. Beri nama file, lalu download.

Gampang sekali bukan? Sepertinya nggak sampai 5 menit kamu sudah bisa melihat proses download file yang kamu mau. 

Proses unduh ini bisa kamu lihat di bagian “Antrean” selama masih berlangsung. Kemudian, saat sudah selesai bisa kamu buka di “Selesai”, file akan tersimpan otomatis sampai kamu pindah atau hapus. 

Beres kan, masalah cara download dengan cepat sekarang? Sobat josbngt nggak perlu lagi kesusahan masalah download yang memakan waktu lama lagi, deh. Akan tetapi, misalnya masih ada problem download, apa lagi yang harus dilakukan?

Tips Mengatasi Problem Download 

Apabila sudah mencoba dua cara di atas tapi masih ada saja masalah dan lama, bagaimana solusinya? 

Nah, kalau kamu masih mengalami masalah padahal sudah mengikuti tutorial di atas, tenang masih ada tips sederhana lain. 

Trending:  5 Cara Membuka File Bin Aman dan Mudah 

Kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini satu per satu sampai masalah download lelet kamu selesai, oke?

  1. Muat Ulang Ponsel

Kalau kamu tanya ke provider selular, solusi mereka pasti suruh muat ulang ponsel atau restart. Istilahnya ponsel perlu refresh biar segar dan mulai dari awal tanpa beban. Cara ini cukup manjur sampai sekarang. 

  1. Hapus Cache

Seringkan kalau kita buka suatu web ada opsi cache dan kawan-kawannya? Nah, kebanyakan cache bisa membuat ponsel lambat karena memorinya penuh. Kamu bisa hapus ini dulu supaya ponsel lebih lega dan yang bermanfaat membuat kerjanya tidak lagi berat.

  1. Hati-hati Penyusup

Terkadang, tanpa kamu sadari ada saja orang yang ikutan pakai WiFi kamu tanpa izin Ini nih penyebab terbesar lelet padahal kamu sudah melakukan semuanya. Solusi buat ini ya cuma satu, ganti sandi sesering mungkin supaya nggak ada penumpang gelap.

  1. Widget yang Berlebihan

Widget juga pakai kuota loh jangan salah, jadi semakin banyak otomatis semakin lambat internetnya. Internet bukan cuma buat download tapi juga buat menjalankan widget, jadi bebannya dobel. Oleh karena itu hapus saja yang nggak kamu pakai. 

Tips-tips solusi dan tutorial di atas bisa banget Sobat josbngt coba sendiri di rumah tanpa bantuan siapa pun. Jadi, sekarang nggak usah lagi pusing cara mempercepat download Android ya? Coba praktekan saja satu per satu pasti ada yang sesuai sama problem kamu, semangat.

Tinggalkan komentar