Cara Memperjelas Tulisan yang Buram di Android Tanpa Aplikasi

Jika Anda sedang mencari cara memperjelas tulisan yang buram di Android, maka bisa menggunakan aplikasi atau situs yang dapat membuat foto tulisan blur menjadi jelas dan lebih mudah dibaca. Yuk, simak tutorial selengkapnya di bawah ini! Seperti diketahui, hp Android sudah bisa digunakan untuk melakukan scan dokumen berisi tulisan. Namun, masih banyak yang mengalami kesulitan saat scan dokumen hasil tulisannya malah kurang jelas, dimana tulisan terlihat buram dan sulit dibaca. Jangan khawatir, kini sudah ada cara memperjelas tulisan yang buram di Android dengan mudah. Namun, sebelum membahas tutorialnya, mari ketahui terlebih dahulu penyebab hasil foto tulisan menjadi buram saat scan dengan kamera hp berikut ini.

Penyebab Foto Tulisan Buram

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hasil scan tulisan buram, hal ini perlu diketahui agar bisa memperbaiki cara pengambilan foto atau scan dokumen yang tepat agar hasilnya jelas. Adapun penyebab foto tulisan hasil scan buram sebagai berikut:
  1. Menggunakan fitur bokeh sehingga tulisan jadi buram
  2. Melakukan scan dokumen di ruangan kurang cahaya
  3. Fitur autofocus kamera hp Android keadaan aktif
  4. Kamera hp goyang saat pengambilan foto tulisan
  5. Lensa kamera hp kotor atau ada debu menempel
Itulah beberapa penyebab hasil scan foto berisi tulisan menjadi buram, sebaiknya sebelum mengambil foto patikan kamera tidak ada debu, mengatur fokus kamera manual, dan pastikan menggunakan kamera utama bukan kamera bokeh atau portrait.

Cara Memperjelas Tulisan Buram di Android

Sebenarnya untuk memperjelas foto berisi tulisan buram menjadi bisa dibaca cukup mudah, yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi atau situs yang dapat memperjelas tulisan. Untuk lebih jelasnya, mari simak panduan cara penggunaannya berikut ini.
Trending:  Daftar Kode Plat Jambi BH dan Seri Belakang

1. Memperjelas Tulisan via Situs Online

Adapun cara memperjelas tulisan yang buram di Android bisa melalui situs online, Anda cukup mengunggah foto atau dokumen hasil scan yang buram ke situs Pinetools. Jika Anda belum mengerti cara menggunakannya, bisa simak uraian dibawah kni.
  • Buka browser apapun di hp Android Anda
  • Kemudian kunjungi situs pinetools.com
  • Kemudian klik icon tiga garis di pojok kanan atas
  • Pilih menu Images, lalu cari menu Sharpen Image
  • Setelah itu, upload foto tulisan pada bagian Pilih File
  • Kemudian atur Sharpened ke posisi lebih besar
  • Klik tombol Sharpen untuk melihat hasilnya

2. Memperjelas Tulisan via Aplikasi

Adapun alternatif untuk memperjelas tulisan yang buram di Android bisa menggunakan aplikasi, yaitu Adobe Photoshop Express. Untuk menggunakan aplikasi ini harus terlebih dahulu mengunduhnya, lalu pasang di hp Android Anda. Berikut caranya:
  • Buka aplikasi Adobe Photoshop Express
  • Silahkan login dengan Google atau Facebook
  • Kemudian pilih foto tulisan buram yang ingin diedit
  • Masuk ke fitur adjust, lalu pilih tools Sharpen
  • Silahkan atur tingkatan Sharpen hingga tulisan jelas
  • Jika ingin lebih detail, bisa klik fitur Auto enhance
  • Kini foto tulisan buram jadi lebih jelas
Itulah dua cara yang bisa Anda praktekan untuk memperjelas foto atau tulisan buram sehingga mudah dibaca. Jika tidak ingin repot, maka bisa pilih cara pergama melalui situs online karena Anda tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi tambahan. Demikian pembahasan tentang cara memperjelas tulisan yang buram di Android, cara ini bisa digunakan ketika foto tulisan hasil scan tidak terbaca jelas, sementara dokumen tersebut harus dikirim segera, maka bisa coba tutorial diatas. Semoga bermanfaat.
Trending:  Cara Daftar BPJS Online Lewat HP Lebih Praktis