Cara Menambahkan Link di Bio TikTok dengan Mudah

TikTok menjadi salah satu metode digital marketing yang sedang naik daun. Selain promosi melalui video singkat, para content creator juga sering mencantumkan tautan di bio. Lalu, apa itu link di bio TikTok dan bagaimana cara menambahkan link di bio TikTok? Simak artikel di bawah ini ya, Sobat Josbgt!

Apa itu Link Bio di TikTok?

Sebagai pengguna TikTok, kamu pasti sering mendapati content creator yang mengatakan ‘link ada di bio, ya!’ pada akhir videonya. Strategi ini digunakan untuk menarik audiens membeli produk melalui tautan afiliasi maupun link yang secara langsung menuju toko milik kita. 

Meski terkesan main-main, nyatanya link di bio TikTok ini dapat meningkatkan penjualan, loh! Selain itu, link di bio TikTok Sobat Josbgt juga bisa meningkatkan pengguna buletin atau subscriber, hingga menjadi media mengenalkan produk baru pada khalayak. 

Tidak hanya penjualan, kamu juga bisa mencantumkan tautan di bio untuk mengarahkan pada portofolio atau lama khusus pekerjaan milikmu. Pun hal ini dapat menunjukkan popularitasmu di website atau sosial media lain dan  menambah kesan profesional terkait jasa yang kamu tawarkan. Keren, bukan?

Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan untuk kamu pengguna TikTok dengan jenis akun bisnis atau pro. Namun tidak perlu risau, kamu hanya perlu mengubah di pengaturan akun TikTok sebelum mempraktikkan cara menambahkan tautan di bio TikTok.

Ubah Akun TikTok ke Bisnis

Bagaimana caranya?

  1. Buka aplikasi TikTok, pilih menu profil dengan ikon manusia di bagian kanan bawah
  1. Agar bisa mengubah akun personal menjadi akun bisnis dan dapat mencantumkan link di bio, pastikan Sobat Josbgt sudah memiliki akun TikTok. Kamu bisa menggunakan nomor ponsel atau alamat surel untuk membuat akun di TikTok
  2. Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung memilih opsi dengan ikon garis tiga di bagian kanan atas profil. Lalu pilih pengaturan dan privasi.
  3. Sajian menu pengaturan akan muncul. Setelahnya, kamu bisa pilih menu kelola akun di bagian paling atas. 
  4. Pada sub-bagian kontrol akun, pilih menu alihkan ke akun bisnis. 
Trending:  3 Cara Duet di TikTok
  1. Klik selanjutnya dan TikTok akan meminta kamu memilih kategori akun sesuai dengan kebutuhan.
  2. Setelah klik pilihan berikutnya, akunmu otomatis berubah menjadi akun bisnis. Selamat!

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Setelah memastikan akun personal milikmu sudah berubah menjadi akun bisnis, kini saatnya mengikuti cara menambahkan tautan di bio TikTok. Sama sederhananya dengan langkah sebelumnya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kembali ke profil TikTok yakni menu bagian kanan bawah dengan ikon manusia
  2. Klik tulisan ‘edit profil’ di bagian depan profilmu untuk masuk ke pengaturan data diri 
  1. Setelahnya, terdapat menu tentang anda yang meliputi nama, nama pengguna, biodata, situs web, serta email. Untuk menambahkan link di bio TikTok, kamu bisa pilih situs web
  2. Kamu bisa menambahkan tautan atau link sesuai kebutuhan pada kolom ‘tambah situs web Anda’ di menu tersebut
  1. Selesai! Jangan lupa klik simpan agar tautan yang kamu masukkan bisa tercantum di bio akun TikTok milikmu
  1. Tambahan: selain menambahkan link website, kamu juga bisa menambahkan tautan ke sosial media lain milikmu mulai Instagram, Twitter, hingga YouTube

Catatan: tangkapan layar tutorial di atas menggunakan ponsel berbasis iOS. Kamu mungkin menemukan beberapa letak opsi berbeda, tetapi secara garis besar langkah-langkah cara menambahkan tautan di bio TikTok tetap  serupa. 

Sangat mudah, bukan? Cara taruh link di bio TikTok ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk ataupun jasa milikmu. Tidak terbatas pada alamat website, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menampilkan link WhatsApp, link akun sosial media lain, serta akun afiliasi e-commerce!

Tips Menambahkan Link di Bio TikTok

Kelemahannya, TikTok hanya menyediakan satu kesempatan untuk menampilkan tautan website atau afiliasi produk di bio akun. Lalu, bagaimana jika memiliki lebih dari satu tautan yang ingin ditampilkan? 

Trending:  Cara Agar Follower TikTok Banyak Secara Instan dan Organik

Tenang, kamu bisa menggunakan fitur pihak ketiga seperti linktree yang membantu kamu mengelompokkan banyak tautan pada satu wadah. Dengan bantuan pihak ketiga ini, kamu bisa mencantumkan satu tautan di bio TikTok yang berisi banyak link lainnya. 

Nah, setelah menambahkan link di tampilan profil TikTok milik Sobat Josbgt, jangan lupa untuk mempercantik deskripsi bio. Hal ini berguna untuk mengenalkan siapa pemilik akun atau produk yang kamu sediakan. Pilih kata-kata pamungkas yang khas dan tentunya mudah diingat user lain.

Pastikan agar deskripsi yang Sobat Josbgt tulis tidak lebih dari jumlah yang disediakan, yakni sebanyak 80 karakter. Melengkapi cara menambahkan link di bio TikTok, tambahkan pula CTA alias Call to Action agar pengunjung profil TikTok semakin tertarik untuk mengklik link yang ada.

Tinggalkan komentar