Beranda » Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak

Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak

Kursor dan komputer sudah menjadi dua sejoli yang sangat akrab bagi pengguna komputer. Apalagi kamu pengguna laptop yang mengandalkan touchpad sebagai metode navigasi utama pada perangkatnya.

Meskipun dapat menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad, terkadang masih saja ada masalah yang muncul. Salah satunya adalah kursor laptop tidak bergerak sama sekali atau stuck. Padahal fungsi lainnya masih bisa kamu gunakan dengan baik.

Tentu saja hal tersebut akan mengurangi produktifitas kamu dalam menggunakan laptop. Bagaimana sih, cara mengatasi kursor yang seringkali tiba-tiba macet?

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Sebelum itu, kamu harus tahu dulu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Simak cara untuk mengatasi kursor tidak bergerak pada laptop di bawah ini.

1.     Matikan Antivirus

Meski berfungsi sebagai aplikasi pengaman dari serangan virus, tak jarang justru aplikasi ini yang menyebabkan kursor tidak bergerak bahkan kursor laptop tidak muncul. Apalagi jika antivirus yang kamu gunakan adalah aplikasi pihak ketiga atau bukan bawaan sistem operasi.

Kamu cukup mematikan saja real-time protection pada aplikasi antivirus kamu. Lalu kamu cek apakah kursor kamu dapat bergerak setelahnya. Kalau masih tidak bisa, silakan kamu ikuti cara lainnya di bawah ini.

2.     Matikan dan Hidupkan Kembali Laptop

Cara ini merupakan cara paling klasik dan paling pertama yang harus kamu gunakan. Tapi, kamu harus memastikan untuk menyimpan terlebih dahulu semua pekerjaan kamu.

Trending:  2 Situs Download Video Tiktok Tanpa Watermark Terbaik

Karena kamu tidak bisa mengklik tombol Start akibat mouse tidak bergerak, maka kamu harus mengandalkan shortcut keyboard dalam mematikan dan menghidupkan kembali laptop. Caranya pun sangatlah sederhana.

Tekan tombol “Alt + F4” secara bersamaan. Akan muncul kotak untuk power option. Gunakan tombol panah untuk memilih opsi “Restart”. Setelah itu, tunggu proses restart laptop kamu selesai.

Cara ini biasanya sangat efektif ketika permasalahan kursor laptop tidak bisa bergerak ini terjadi setelah system update.

3.     Cek Konektivitas USB Mouse

Cara ini khusus untuk kamu yang menggunakan mouse untuk bernavigasi di laptop. Hal pertama yang harus kamu cek adalah koneksi USB dari mouse yang kamu gunakan.

Terkadang konektivitas dapat terganggu karena kotoran atau pin yang sudah berkarat. Jadi sebaiknya kamu rutin membersihkan lubang koneksi USB bagi kamu yang memakai mouse.

Kalau masih tidak berfungsi, kamu bisa mencoba menggunakan mouse lain untuk mengetahui letak kerusakan. Jika saat menggunakan mouse lain kursor dapat bergerak, kemungkinan mouse kamu yang rusak. Kalau tidak, berarti ada masalah dengan port USB di laptop kamu.

4.     Perhatikan Shortcut atau tombol Switch untuk Touchpad

Untuk kamu yang lebih suka menggunakan touchpad, masalah kursor yang tidak bergerak bisa sangat membuat frustasi. Apalagi kalau kamu tidak memiliki mouse sebagai cadangan.

Pertama, kamu harus mengecek indikator touchpad kamu. Pada beberapa merk laptop, terdapat indikator lampu yang menandakan aktif atau tidaknya touchpad.

Kalau lampu indikator mati, gunakan shortcut atau hotkey untuk mengaktifkan touchpad laptop kamu. Tekan tombol function (fn) dengan tombol “F1, F2,F3” atau sesuaikan dengan indikator shortcut pada tombol function laptop.

5.     Perbaiki Melalui Settings atau Control Panel

Untuk cara ini, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut dengan sangat teliti.

  1. Tekan tombol “Windows + Q” secara bersamaan.
  2. Lalu, ketikan main.cpl melalui keyboard.
  3. Setelah itu, kamu harus menekan tombol enter.
  4. Akan muncul sebuah window yang menampilkan pengaturan touchpad kamu.
  5. Pilih tab Device Setting yang biasanya berada pada tab terakhir. Kamu bisa memilihnya dengan menekan tombol Tab di laptop sampai highlight di bagian tab. Lalu, gunakan panah kanan untuk memilih Device Setting.
  6. Selanjutnya kamu gunakan tombol Tab untuk memilih perangkat touchpad kamu.
  7. Pilih Setting.
  8. Pilih reset setting & default pada opsi selanjutnya.
  9. Kemudian, pilih OK pada window.
  10. Untuk lebih optimal, kamu bisa restart laptop kamu terlebih dahulu
Trending:  Rekomendasi 7 Game Perang Kerajaan Terbaik

6. Perbarui Driver Touchpad atau Mouse

Salah satu penyebab kenapa kursor laptop tidak bergerak biasanya juga karena driver touchpad kamu yang belum up-to-date. Hal ini juga bersamaan dengan update keseluruhan pada sistem operasi laptop kamu.

Untuk mengatasi hal ini, kamu sebenarnya bisa melakukan update secara reguler pada sistem operasi kamu. Hal tersebut akan mengurangi risiko tidak berfungsinya perangkat kamu dengan benar.

Namun, kamu juga bisa menggunakan driver updater dari aplikasi pihak ketiga. Aplikasi seperti Driver Booster atau Snappy Driver akan dengan mudah mendeteksi driver perangkat kamu yang tidak cocok atau belum update.

7. Bawa ke Tempat Service Resmi

Sumber : https://id-media.apjonlinecdn.com/magefan_blog/fix-laptop_cover.jpg

Jika kursor laptop tidak bergerak masih muncul setelah kamu mencoba semua cara di atas, sebaiknya kamu mengecek komponen internal pada laptop. Kalau kamu tidak terbiasa membongkar perangkat keras, tak ada salahnya kamu membawa ke layanan service resmi laptop milikmu.

Jika masalah kursor tidak bergerak muncul karena masalah hardware internal, kemungkinan ada komponen yang akan diganti. Cara terakhir ini akan berhasil karena laptop kamu akan diperiksa dan diperbaiki oleh tenaga profesional.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kursor laptop tidak bergerak. Semoga tips dan cara ini bermanfaat kalau kamu menemui masalah ini saat menggunakan laptop kamu.

Tinggalkan komentar