Cara Mengatur Spasi di Word untuk Huruf, Baris, dan Paragraf

Bgtekno.com – Menulis bukan hanya perlu memperhatikan isi dari tulisan tersebut. Pengaturan teks juga wajib diperhatikan. Dengan teks yang tertata rapi, tentu teks akan lebih rapi dan nyaman dibaca. Inilah mengapa sangat penting untuk mengetahui cara mengatur spasi di Word.

Pada dasarnya pengaturan spasi di Word terbagi menjadi tiga pengaturan utama, yakni spasi antar huruf, baris, dan paragraf. Penulis bisa menyesuaikan spasi dari ketiga elemen tersebut sehingga teks tampil lebih rapi. Simak bagaimana cara mengaturnya di artikel kali ini.

Baca Juga: Cara Tanda Tangan Di Word HP Dengan Praktis

cara mengatur spasi di Word

Cara Atur Spasi Antar Huruf Saat Kita Mengetik

Pengaturan spasi untuk elemen ini, sebenarnya jarang diketahui oleh kebanyakan pengguna. Rata-rata pengguna Word hanya mengandalkan setting spasi antar huruf bawaan saja. Padahal sebenarnya bisa disesuaikan. Berikut langkah-langkah dari mengatur spasi di Word antar huru.

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Kemudian, siapkan teks yang akan dicoba untuk diatur spasi nya. Buka dokumen atau buatlah dokumen baru sebagai dummy untuk mencoba cara mengatur spasi ini.
  • Jika teks sudah siap, berikutnya blok baris atau teks yang akan diatur spasinya.
  • Usai semua bagian di blok, kunjungi bagian Font pada tab Home.
  • Pada ujung kanan bawah tampilan terdapat tanda panah, klik tanda tersebut.
  • Selanjutnya, jendela Font akan otomatis terbuka.
  • Pilih tab Advanced untuk memulai pengaturan.
  • Berikutnya, pada kolom Spacing bisa dipilih setting spasi yang sesuai. Untuk setting bawaan menggunakan opsi Normal, setting spasi berjauhan dengan opsi Expanded, dan Condensed untuk spasi yang lebih pendek antar huruf.
  • Di bagian sebelah kolom tersebut terdapat kolom By untuk menuliskan besarnya jarak spasi.
  • Jika pengaturan sudah sesuai, tekan Ok untuk menyimpan dan mengaplikasikan pengaturan pada teks.
Trending:  TopBos Domino Higgs Rp Apk Versi Baru + X8 Speeder Buto Ijo

Cara Atur Spasi Antar Baris di Ms Word

Meskipun sama-sama pengaturan spasi, cara mengatur spasi di Word untuk huruf dan baris cukup berbeda. Jika pada pengaturan spasi huruf diperlukan akses ke menu Font, untuk mengatur spasi antar baris diperlukan akses ke menu Line and Paragraph. Berikut adalah caranya.

  • Pertama, masuk ke aplikasi Microsoft Word.
  • Selanjutnya, siapkan teks yang akan diatur spasinya. Pastikan teks terdiri atas dua baris atau lebih.
  • Jika teks sudah siap, mulailah dengan blok baris yang akan diatur spasinya.
  • Usai teks sudah di blok, kunjungi menu Paragraph pada tab Home.
  • Lalu pilih opsi Line and Paragraph Setting.
  • Klik tombol panah yang mengarah ke bawah.
  • Berikutnya, pilihlah jarak spasi yang sesuai. Untuk melakukan kustomisasi jarak, pilih opsi Line Spacing Option.
  • Word akan menampilkan jendela pengaturan spasi yang bisa disesuaikan sendiri besar ukurannya.
  • Jika sudah, tekan Ok untuk mengaplikasikan pengaturan.

Cara Atur Spasi Antar Paragraf agar Rapi

Pengaturan ini seringkali dianggap sama seperti pengaturan spasi antar baris. Padahal sebenarnya berbeda. Paragraf merupakan gabungan dari beberapa baris teks. Cara ini dimaksudkan untuk menata tampilan paragraf agar lebih tertata dan antar baris teratur rapi. Berikut adalah cara atur spasi antar paragraf.

  • Masuk ke Ms. Word.
  • Kemudian, siapkan teks dan blok.
  • Pilihlah menu Line and Paragraph Spacing seperti yang sudah dibuka sebelumnya di cara atur spasi antar baris.
  • Untuk menata paragraf agar rapi, pilihlah untuk menambahkan atau menghapus jarak sebelum & sesudah paragraf.
  • Hasil pengaturan bisa diaplikasikan dan dilihat langsung dan disesuaikan kembali seperti keinginan penulis.

Itulah cara mengatur spasi di Word yang praktis untuk merapikan jarak antara huruf, baris, dan paragraf. Untuk itu, pengguna wajib mengetahui dan membedakan antara bagaimana cara untuk mengatur spasi di word baik itu untuk huruf, baris, maupun paragraf.

Trending:  Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Perpisahan