Beranda » Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Bgtekno.com – Kehamilan pada setiap wanita tidak selalu sama, semuanya mempunyai pola kehamilan yang berbeda-beda. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah sedang mengalami kehamilan atau tidak. Salah satunya adalah dengan cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.

Selain mengetesnya dengan cara medis seperti dengan menggunakan testpack ataupun dengan USG. Pasti banyak wanita yang harap-harap cemas saat mengalami terlambat datang bulan. Terutama pasangan baru atau yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Sangat penting bagi seorang wanita untuk paham mengenai cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.  Agar dapat lekas menyadari kehamilannya sedini mungkin sehingga dapat menjaga diri dari hal-hal yang membahayakan pertumbuhan janin. Agar tidak penasaran mari kita simak penjelasan di bawah ini:

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Kemudian Muncul Rasa Mual

Anda dapat menekan sedikit pada bagian perut, jika setelah ditekan mendadak merasa mual dan ingin muntah, bisa jadi merupakan pertanda bahwa sedang hamil. Karena rasa mual dan ingin muntah tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia kandungan.

Baca juga: Siapa itu Thomas slebew

Kemudian semakin lama usia kandungan tersebut maka Anda akan semakin mudah menandai dengan cara memegang perut. Karena akan semakin ingin muntah saat mencium sesuatu yang aromanya cukup menyengat.

Trending:  Pelawak Legendaris; Gepeng Srimulat

Ketika Ditekan Perut Terasa Kram 

Kram yang sering dirasakan pasa saat awal kehamilan kerap menyerupai kram menstruasi, namun  dapat juga terjadi pada perut bagian bawah. Kram seperti ini rasanya dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian selama menjalani kehamilan. 

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut juga dapat ditandai dengan kram yang disertai bercak. Sekitar 10 hingga 14 hari setelah terjadinya pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau lapisan rahim. Hal inilah yang menyebabkan pendarahan implantasi dan kram di perut.

Ketika Dipegang Perut Terasa Kembung 

Ketika mengalami gejala perut kembung yang terjadi pada perempuan hamil. Apalagi ketika disertai dengan perut yang terasa kencang dan tidak nyaman saat dipegang. Bisa merupakan salah satu ciri-ciri ibu hamil.

Ketika Menekan Perut Rahim Terasa Mengencang

Cara mengetahui kehamilan selanjutnya adalah ketika merasa rahim mengencang saat perut ditekan. Karena hal ini dapat menjadi salah satu tanda adanya janin yang tumbuh di dalam perut. 

Ketika mengalami hal seperti ini tidak perlu khawatir atau takut karena ini merupakan pertanda yang wajar. Ketika dinyatakan positif mengandung, maka Anda akan mengalami gejala ini setidaknya selama 12 minggu di masa awal kehamilan.

Ketika Perut Ditekan Terasa Ingin Buang Air Kecil 

Cara mengetahui kehamilan yang satu ini juga sering digunakan oleh para ibu hamil ketika sedang hamil saat ditekan maka Anda akan seketika merasa ingin kencing. Hal ini terjadi karena janin di dalam perut semakin membesar dan berkembang, sehingga membuat kandung kemih sang ibu akan terdesak.

Saat kandung kemih terdesak maka calon ibu akan menjadi lebih sering buang air kecil. Di trimester pertama menjadi sering bolak-balik ke kamar mandi. Masa yang cukup merepotkan bagi seorang ibu yang mengalami kehamilan muda.

Trending:  Pengertian VoIP dan Contoh Penerapannya

Ketika Ditekan Punggung Bagian Bawah Terasa Linu 

Cara ini juga cocok untuk digunakan memeriksa kehamilan. Namun tidak semua orang merasa linu di bagian bawah punggung saat perutnya ditekan. 

Biasanya ketika ibu hamil, selain perut membesar, Anda juga akan cepat merasa linu atau pegal di bagian punggung. Rasa ini terjadi akibat beratnya sang janin yang ditopang, sehingga sang ibu memerlukan pijatan ringan di sekitarnya. Linu ini akan semakin sering terasa seiring membesarnya janin di perut.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut dan Terasa Membesar saat Disentuh

Ukuran perut yang membesar adalah hal yang wajar dan normal selama mengalami kehamilan. Bahkan pada awal kehamilan, perut akan menjadi membuncit, terasa keras, dan mungkin akan nyeri saat ditekan. Cara mengetahui kehamilan yang satu ini cukup ampuh.

Semoga beberapa ulasan diatas cukup membantu Anda yang sedang menanti kehadiran buah hati. Sehingga dapat dideteksi sejak dini.