Beranda » 3 Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDRAW Mudah

3 Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDRAW Mudah

Bgtekno.com – CorelDRAW merupakan salah satu aplikasi yang diincar para desainer. Cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDRAW juga kerap dicari oleh sebagian orang yang memiliki kepentingan terkait editing.

3 Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDRAW

Sejauh ini, ada tiga cara yang bisa digunakan dengan mudah dan tidak memakan waktu lama. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengexport gambar melalui aplikasi CorelDRAW berikut ini.

cara mengexport gambar melalui aplikasi coreldraw

1. Gunakan Menu File

Cara pertama berasal dari menu File yang memang sudah tersedia di aplikasi CorelDRAW itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah yang perlu dilakukan, diantaranya.

  • Masuk ke aplikasi. Tahapan awal tentu pengguna CorelDRAW harus lebih dulu masuk ke dalam aplikasi lalu aktifkan halaman objek yang mau dilakukan ekspor.
  • Klik menu Export. Tahapan kedua, langsung klik menu File Export untuk memunculkan kotak dialog yang berkaitan dengan tindakan ekspor.
  • Pilih format file. Tahapan ketiga, tentukan format file jenis mana yang ingin diekspor bisa berupa JPG, BMP, EPS, TIFF, dan lain sebagainya.
  • Beri jalur dan nama. Tahapan keempat, pengguna perlu memberikan jalur beserta nama file yang nantinya diekspor.
  • Atur opsi ekspor halaman. Tahapan kelima ini bersifat pilihan tergantung kebutuhan, dimana yang diatur dengan mengklik Hanya yang Dipilih atau tidak.
  • Klik opsi Export. Tahapan keenam, pengguna dapat melanjutkan dengan mengklik opsi Export kemudian isi kotak dialog sesuai keperluan.
  • Klik Ok. Tahapan terakhir, pengguna bisa mengklik Ok yang artinya seluruh proses ekspor file sudah selesai dikerjakan.
Trending:  Download Warnet Simulator Mod Apk dan Fitur Lengkapnya

Apabila ada informasi yang berkaitan dengan tindakan ekspor, maka akan muncul kotak dialog tambahan. Khususnya format file dalam JPG, pengguna biasanya diminta agar melakukan kustomisasi yang berhubungan dengan kompresi. 

2. Gunakan Fitur Shortcut Export

Masih dalam aplikasi CorelDRAW, fitur Shortcut Export tampaknya dapat dijadikan sebagai pelengkap tindakan ekspor file atau gambar. Fitur tersebut, sebenarnya jarang digunakan karena alasan ketidaktahuan dari beberapa pengguna. Oleh karenanya, simak beberapa langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi. Seperti biasa, pengguna perlu masuk dulu ke aplikasi CorelDRAW untuk melakukan ekspor gambar sesuai kebutuhan.
  • Klik opsi Shortcut Export. Kemudian klik opsi Shortcut Export atau tekan kombinasi tombol Ctrl plus E agar tindakan ekspor dapat berlanjut.
  • Atur format file. Apabila semua proses ekspor gambar telah berhasil dilakukan maka pengguna bisa memilih format file (PNG atau JPG).
  • Klik opsi Export. Lalu klik opsi Export yang mana hasil ekspor file akan tersimpan di folder sesuai yang telah ditentukan pengguna.
  • Atur kualitas. Sebelum mengakhiri cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDRAW dengan opsi Shortcut lakukan kustomisasi kualitas (opsi Quality).

3. Gunakan Opsi Makro Bawaan

Alternatif lain yang lumayan sering digunakan oleh kalangan editing, yaitu Converter Makro Bawaan CorelDRAW. Cara ini, bisa dimanfaatkan jika seandainya pengguna ingin mencoba metode baru. Untuk itu, simak langkah berikut.

  • Jalankan Macro Bawaan I. Pengguna harus lebih dulu menjalankan Macro Bawaan dengan mengklik opsi Alat lalu Makro kemudian Jalankan.
  • Jalankan Macro Bawaan II. Langkah berikut dilakukan pada jenis sebelum X4 dimana dengan menekan Tools kemudian Visual Basic lalu Play.
  • Klik Makro. Setelah itu, klik opsi File Converter yang terdapat dalam daftar Micro in lalu tekan opsi Run.
  • Pilih Folder. Terakhir silahkan atur file kemudian pilih Folder untuk keperluan (isi info) disusul klik opsi Ok.
Trending:  Title Pindad PB yang Bagus Buat Semua Pangkat

Baca Juga: Cara Mewarnai Objek di Coreldraw dengan Berbagai Tools

Itulah cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDRAW yang dapat dijadikan sebagai referensi tambahan untuk kebutuhan editing. Pengguna bisa melakukan proses ekspor file dengan sendirinya yang penting per langkah dalam cara dikerjakan dengan benar.