Mudah, Begini Cara Menggandakan Aplikasi di HP Realme

Saat ini banyak pengguna smartphone yang ingin memiliki dua aplikasi yang sama dalam satu device. Melihat animo tersebut, Realme sebagai salah satu produsen smartphone populer di Indonesia, sudah memasukkan fitur cloning aplikasi sebagai salah satu cara menggandakan aplikasi di HP Realme dengan mudah.

Pengguna smartphone yang memiliki dua nomor handphone, umumnya menggunakan nomornya untuk penggunaan profesional dan yang lain untuk pribadi. Demikian pula dengan akun media sosial dan aplikasi messaging-nya. Memiliki ‘akun kedua’ seperti menjadi sebuah hal yang lazim dilakukan.

Mengapa Dua Akun Satu Aplikasi?

Second account’ sering diartikan sebagai akun kedua yang tujuan penggunaannya biasanya digunakan untuk hal yang bersifat pribadi di mana penggunanya bisa lebih bebas berekspresi.

Sedangkan first account atau disebut juga main account, biasanya digunakan untuk tujuan profesional, misalnya untuk personal branding. Akun ini tentunya perlu dikelola dengan lebih serius dan profesional, karena digunakan untuk menampilkan citra diri kita di ranah publik.

Melihat perilaku user yang cukup signifikan untuk memiliki ‘second account’, maka saat ini banyak pihak developer apps menyediakan Aplikasi Cloning yang memungkinkan penggunanya bisa menggunakan dua aplikasi yang identik dalam satu device.

Apa itu Aplikasi Cloning?

Aplikasi Cloning adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan dua aplikasi identik pada satu device. Cara kerjanya adalah dengan membuat salinan aplikasi yang persis sama, kemudian menyimpannya dalam virtual space pada smartphone.

Jadi, saat menggunakan aplikasinya, kamu sebenarnya sedang menggunakan aplikasi yang tersimpan dalam sebuah virtual space, layaknya pada emulator. Sehingga kamu bisa mengakses dua aplikasi identik dengan login account yang berbeda pada device yang sama.

Trending:  Belum Tahu Cara Pemesanan Grab? Ikuti Langkahnya di Sini!

Karena pada dasarnya Aplikasi Cloning hanya menduplikasi aplikasinya, kemudian menempatkannya pada virtual space, maka semua fitur dan kegunaan aplikasinya adalah sama dengan aslinya. Perbedaannya hanyalah profil dan data yang kamu masukkan sesuai dengan login account kamu.

Dua Cara Menduplikasi Aplikasi di HP Realme dengan Mudah

Ada dua metode yang bisa kamu lakukan untuk melakukan duplikasi aplikasi di HP Realme. Ini penjelasan masing-masing metodenya.

1.Menggunakan Fitur App Cloner Bawaan Realme

Jika kamu merupakan pengguna smartphone Realme, maka saat ini kamu bisa memiliki ‘second account’ tanpa harus menginstal aplikasi tambahan lagi nih Sobat jostbgt. Kamu cukup mengaktifkan fitur App Cloner dan kamu siap untuk stalking mantan atau gebetan menggunakan ‘second account’ kamu.

Sebelum masuk ke cara menggandakan aplikasinya, ketahuilah bahwa tidak semua aplikasi bisa kamu duplikasi menggunakan fitur Cloning aplikasi Realme.

Namun, kamu tak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa menduplikasi aplikasi perpesanan populer seperti Whatsapp, Messenger, serta media sosial populer seperti Facebook, Instagram, dan TikTok, menggunakan fitur App Cloner di Realme.

Untuk menduplikasi aplikasi di smartphone Realme kamu, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke pengaturan (Settings)
  2. Selanjutnya pilih menu App Cloner
  3. Lalu pilih menu aplikasi yang ingin kamu gandakan. Kita ambil contoh aplikasi Whatsapp.
  4. Kemudian kamu perlu mengaktifkan penduplikasian aplikasi Whatsapp tadi. Caranya dengan klik toggle di menu Clone App sehingga toggle-nya bergeser ke arah kanan.
  5. Selain menduplikasinya, kamu pun bisa mengubah nama aplikasinya tadi dengan mengakses menu Rename Cloned App, lalu mengganti namanya.
  6. Setelah selesai proses duplikasi dan penamaan selesai, maka aplikasinya akan langsung muncul di beranda.
  7. Selanjutnya kamu sudah bisa menggunakan dua aplikasi Whatsapp dengan dua nomor seluler berbeda di handphone yang sama.
Trending:  Cara Pesan Grab dan Informasi Layanannya

2. Menggunakan Aplikasi Cloning yang Tersedia di Playstore

Jika tujuannya untuk menduplikasi aplikasi yang lebih banyak lagi, seperti games dan aplikasi lainnya, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Playstore. Beberapa aplikasinya adalah sebagai berikut :

  1. Parallel Space – Multiple accounts & Two face
  2. Clone App – App Cloner & Parallel Space
  3. Cloner, Parallel Space
  4. Super Clone – App Cloner for Multiple Accounts
  5. Multiple Accounts: Dual Accounts & Parallel Space

Kita ambil contoh cara menduplikasi aplikasinya menggunakan Parallel Space – Multiple accounts & Two face. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka Playstore menggunakan handphone Realme kamu.
  2. Kemudian unduh Parallel Space – Multiple accounts & Two face dan tunggu hingga instalasinya selesai.
  3. Tambahkan akses Permissions-nya sesuai kebutuhan kamu, agar aplikasi yang akan dikloning berjalan dengan semestinya. Misalnya, jika aplikasi yang akan kamu gandakan nanti membutuhkan akses lokasi, maka izinkan akses lokasi pada Parallel Space-nya.
  4. Jalankan Parallel Space-nya dan kamu akan diarahkan ke menu yang berisi nama-nama aplikasi yang sudah terinstal di HP Realme kamu. Pada menu ini, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu duplikasi. Misalnya, kita ingin duplikasi Canva.
  5. Untuk menduplikasinya, kamu cukup klik kotak kosong di samping nama aplikasi Canva hingga muncul tanda ceklis.
  6. Setelah itu, kamu bisa menggunakan aplikasi duplikasi Canva tersebut melalui Parallel Space. Hal ini karena shortcut menu aplikasi kloningannya tidak muncul di Home Screen Realme kamu.

Dari kedua cara menggandakan aplikasi di HP Realme tadi, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun kamu bisa mengkombinasikan kedua-duanya untuk bisa menduplikasi aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Trending:  8 Aplikasi Tulisan Berjalan di Layar Hp Modal Gratisan

Tinggalkan komentar