2 Cara Menggunakan Duckduckgo dengan Mudah dan Efektif

Bgtekno.com – Bagi yang ingin melakukan pencarian dengan aman, dan mudah maka pembahasan tentang cara menggunakan duckduckgo ini merupakan pembahasan yang tepat. Karena di sini pengguna akan mengetahui bagaimana caranya melakukan pencarian di internet dengan aman.

Mengenal Sekilas SearchEngine Duckduckgo

Mungkin banyak yang berpikir kenapa pembahasan tentang cara menggunakan duckduckgo menjadi pembahasan yang tepat bagi yang menginginkan pencarian aman di internet. Karena duckduckgo ini merupakan mesin pencari yang sama seperti google.

Jadi duckduck go ini merupakan mesin pencari yang dibuat oleh Gabriel Weinberg, pada tahun 2008. Hal yang diklaim menjadi keunggulan mesin pencari ini dibanding dengan mesin lainnya adalah keamanan dan privasi pelanggan sangat dinomorsatukan.

Untuk membuktikan keseriusannya tersebut, aplikasi ini akan mengubah user penggunanya menjadi anonim. Berbeda dengan mesin pencari lainnya yang mengharuskan pengguna untuk ke incognito terlebih dahulu untuk menjadi anonim.

Karena hal itulah privasi yang dimiliki oleh duckduckgo ini dianggap lebih tinggi. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab kenapa pembahasan cara menggunakan mesin pencari ini sesuai dengan yang mencari bagaimana caranya agar pencariannya di internet lebih aman.

Sebab, mesin pencari duckduckgo ini dapat menjaga dengan aman privasi penggunanya. Jadi sangat minim atau bahkan tidak pernah terjadi yang namanya kebocoran.

Cara Menggunakan Duckduckgo dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Jadi, sekarang sudah mulai mengenal mesin pencari dengan tingkat keamanan yang tinggi ini. Kemudian sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana caranya mengakses duckduckgo ini, terutama bagi pemula yang baru mengenal mesin pencari ini. 

Trending:  Kode Promo PES 2021 Mobile dan Cara Menukarkannya

1. Melalui Browser Langsung

Pertama pengguna dapat mencoba metode duckduckgo browser, yakni membuka duckduckgo dengan menggunakan browser langsung tanpa perantara mesin pencari lainnya. Cara ini mudah, dan cocok untuk digunakan di PC ataupun komputer.

Adapun cara mengakses atau menggunakan duckduckgo melalui browser langsung, yakni.

  • Buka browser yang dimiliki dan sudah terpasang pada PC atau komputer.
  • Di halaman utama menu browser, pengguna dapat mengklik ikon titik tiga vertical yang letaknya ada di sebelah kanan atas.
  • Kemudian, pengguna membuka menu pengaturan atau settings dan selanjutnya cari menu Search Engine. 
  • Selanjutnya pengguna hanya tinggal memilih menu drop-down yang terletak di bagian samping menu Search engine used in the address bar. 
  • Di sini, pengguna akan menemukan berbagai pilihan mesin pencari yang dapat digunakan dan duckduckgo merupakan salah satunya.
  • Pada menu ini, pengguna hanya tinggal memilih  duckduckgo tersebut sebagai mesin pencari. Selesai, sekarang duckduckgo sudah dapat digunakan sebagai mesin pencari di laptop ataupun komputer yang dimiliki. 

2. Menggunakan Chrome

Cara yeng kedua, dapat juga pengguna sebut dengan metode duckduckgo chrome, karena untuk membuka mesin pencari duckduck go ini mnggunakan chrome sebagai perambannya. Sama seperti cara yang sebelumnya, metode ini juga sama mudahnya.

Berikut ini adalah langkah yang harus pengguna lakukan apabila ingin menggunakan metode ini, diantaranya.

  • Buka chrome yang dimiliki baik itu di hp, maupun di laptop dan komputer.
  • Kemudian masukkan alamat Url dari duckduckgo di kolom alamat.
  • Masih pada bagian kolom alamat URL, pengguna hanya tinggal klik kanan dan kemudian klik Manage Searh Engine.
  • Nantinya pengguna akan masuk ke daftar dari mesin pencari, di menu ini pengguna hanya tinggal memilih ikon tiga vertical yang letaknua di sebelah duckduck go. 
  • Kemudian, hanya tinggal pilih menjadi default dengan cara klik Make Default. Selesai, proses menggunakan duckduckgo sudah berhasil dilakukan.
Trending:  Daftar Chipset Terbaik Android dan iPhone

Itulah tadi beberapa cara menggunakan duckduckgo yang tidak hanya mudah untuk dilakukan, tapi sudah pasti aman dan juga efektif. Oleh karena itu sekarang pengguna tidak perlu bingung lagi apabila ingin mengakses mesin pencari ini.