Beranda » Cara Mengisi Google Form Berkali- kali

Cara Mengisi Google Form Berkali- kali

Adanya google form dapat dipastikan mampu mempermudah akses diantara manusia pada jaman sekarang. Anda dapat mengisi absensi, nilai ujian anak sekolah, dan masih banyak lagi. Tetapi apabila terjadi kesalahan ketika mengisi google form, dapatkah Anda mengisi google form berkali-kali?

Dapat atau tidaknya Anda mengisi google form berkali-kali tergantung dari pengaturan yang dibuat oleh si pembuat form tersebut. Anda pasti penasaran bukan? Berikut adalah cara mengisi google form berkali- kali.

Cara Mengisi Google Form Berkali-kali

Umumnya, Anda dapat saja mengisi google form lebih dari sekali. Tergantung dari pengaturan google form dari si author. Tetapi, jika Anda masih bingung, berikut adalah beberapa cara mengisi google form berkali- kali

  • Yang pertama harus Anda lakukan adalah memastikan Anda sudah mempunyai akun google
  • Selanjutnya untuk dapat terhubung ke google form, pastikan Anda mempunyai akses link ke google form itu.
  • Klik link yang dapat menuju ke google form itu.
  • Terdapat dua macam google form. Yang pertama, Anda akan diberi pengarahan untuk mengisi akun google, jadi tidak perlu untuk mengisi akun google Anda
  • Ketika ada perintah untuk mengisi akun google, maka Anda harus mengetik alamat aktif email Anda, kemudian masukkan kata sandi email Anda. Lanjutkan  mengisi sesuai perintah pada form tersebut.
  • Ketika tidak ada perintah untuk mengisi akun google, silahkan langsung mengisi form yang sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.
  • Kemudian ketika semua pertanyaan sudah diisi, periksa kembali apa jawaban Anda sudah benar atau belum.
  • Ketika jawaban sudah sesuai kemudian tekanlah tombol submit. Perhatikan, apa ada keterangan edit your response ataukah tidak. Jika ada itu berarti Anda dapat mengulang dan memperbaiki jawaban yang sudah Anda kirimkan. Jika tidak ada keterangan edit your response itu berarti Anda tidak dapat mengedit jawaban Anda.
  • Jika submit Anda merasa sudah benar dalam mengisi data, akan tetapi Anda baru saja sadar ternyata ada jawaban yang tidak sesuai, pasti Anda ingin mengisi ulang formulir itu.
  • Caranya yaitu dengan Anda klik ulang link akses dari google form. Apakah Anda dapat mengisi kembali atau tidak jika dapat diisi, berarti Anda dapat mengisinya kembali  atau lebih dari sekali. 
  • Akan tetapi saat Anda mengakses link itu namun muncul notifikasi bahwa Anda sudah mengirim jawaban, itu berarti Anda tidak dapat mengisi form itu lagi.
Trending:  Manfaat yang Dimiliki Apk Market Glory yang Akan Kamu Suka!

Cara Pengaturan Pada Google Form

Apakah Anda diizinkan atau tidak mengisi google form lebih dari sekali, tergantung pengaturan dari si pembuat form. Beberapa dari pengaturan yang mampu mengatur dan membatasi akses link itu, antara lain adalah sebagai berikut: 

1. Collect Email Address

Collect email address dipakai ketika Anda ingin mengirim konfirmasi pengiriman kepada alamat email yang sudah mengisi form itu. Biasanya konfirmasi itu berisi tulisan jawaban yang sudah responden isi. 

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, pergilah ke pengaturan atau general setting. Untuk bagian collect email address berikan tanda centang, kemudian centang juga kolom response receipts.

2. Limit To One Response

Limit to one response dipakai ketika Anda ingin untuk membatasi responden. Jadi, responden cuma bisa mengirimkan 1 kali pada form tersebut. Cara yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mencentang kotak limit to 1 response yang terdapat pada requires sign in

Untuk aktifkan fitur, Anda harus menyediakan pertanyaan alamat email responden atau menginstruksikan responden supaya log in ke dalam akun google terlebih dahulu sebelum lanjut menjawab pertanyaan. Tetapi jika Anda ingin supaya responden dapat mengisi google form berkali-kali, Anda dapat menggunakan fitur ini. 

Uraian diatas adalah beberapa cara mengisi google form berkali- kali. Tidak susah bukan? Dengan mengikuti langkah- langkah diatas Anda dapat mengisi google form berkali- kali tanpa kendala. Selamat mencoba ya!