5 Cara Mengubah Tulisan Tangan Menjadi Ketikan Pakai Aplikasi

bgtekno.com – Cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan biasanya diperlukan oleh pengguna yang ingin menyimpan rangkuman catatannya agar lebih rapi. Jika disimpan di buku bisa mengalami kerusakan, maka di file hal tersebut dapat diminimalisir.

Selain daripada itu, tulisan berupa ketikkan biasanya lebih bagus dan isinya dapat mencangkup keseluruhan rangkuman materi penting yang harus dipelajari. Sehingga memudahkan pengguna mencari atau mempelajarinya.

cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan

5 Cara Mengubah Tulisan Tangan Menjadi Ketikan Menggunakan Aplikasi

Karena itulah, pengguna membutuhkan aplikasi bantuan untuk mengubah tulisan tangan menjadi ketikan. Lantas, adakah aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukannya? Jawabannya sudah tentu banyak. Adapun pilihan aplikasi tersebut sebagai berikut.

1. Menggunakan vFlat Scan

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan sebagai cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan yaitu menggunakan aplikasi vFlat Scan. Aplikasi ini mendapatkan rating terbaik dengan bintang 4,8 dari 5 di Google Play. 

Padahal pengunduhnya sudah lebih dari 10 juta dan ulasan hingga 92 ribu. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengubah gambar menjadi tulisan dengan sangat mudah. 

Bisa dari buku cetakan, tulisan tangan atau sumber tulisan lainnya yang kemudian akan diubah menjadi ketikkan Word. Keunggulan aplikasi scan OCR ini yaitu dapat berfungsi dalam pengambilan gambar segala angle dan bisa sekaligus scan 2 halaman. 

Serta dapat mengambil banyak gambar sebelum akhirnya dikonversikan menjadi penyimpanan PDF. Urutannya pun bisa disesuaikan.

Untuk cara penggunaan, silahkan klik video yang terletak di bawah keterangan aplikasi tersebut sebelum mengunduh. Ada pula langkah scan berupa gambar slides.

Trending:  Lirik Lagu Wish You Were Here dan Rekomendasi Lagu yang Bisa Anda Dengarkan 

2. Menggunakan Google Lens

Google termasuk perusahaan yang sangat produktif dalam menciptakan teknologi. Hal ini terbukti dari banyaknya produk software yang dibuat termasuk aplikasi Google Lens ini. 

Sepertinya belum banyak yang mengetahui aplikasi satu ini padahal kegunaannya cukup banyak. Tidak hanya bisa memindai gambar lalu menjadikannya tulisan ketikkan, tetapi dapat memindai banyak hal. 

Misal teks terjemahan, hewan, tanaman, barang, scan kode atau sebuah tempat. Dimana dengan cara tersebut pengguna akan mengetahui jawaban tentang informasi harga, nama, lokasi, dan rasa penasaran lain.

3. Menggunakan Text Fairy

Selanjutnya ada aplikasi Text Fairy yang juga mempunyai rating bagus di Play Store. Hampir sama seperti aplikasi pemindai sebelumnya, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah gambar teks menjadi ketikkan Word. Bahkan mendukung 110 bahasa, sehingga tidak khawatir jika hasilnya berantakan.

Keunggulan lain dari fiturnya yaitu dapat bekerja secara offline dan memindai teks yang memiliki 2 bahasa yang berbeda. Dengan adanya fitur ini hasil yang ditampilkan sesuai dengan aslinya.

4. Menggunakan Adobe Scan

Sama seperti Google, Adobe juga banyak menciptakan aplikasi di Play Store. Salah satunya adalah Adobe Scan dimana aplikasi ini juga menawarkan fitur yang menjadi unggulan dari aplikasi lainnya. Tidak hanya mengubah gambar jadi teks ketikkan, Adobe Scan juga bisa memindai tulisan di papan tulis.

5. Menggunakan Text Scanner

Meskipun fiturnya cukup sederhana dan mempunyai rating di bawah keempat aplikasi sebelumnya, Text Scanner juga bisa diandalkan. Seperti memindai gambar dari buku, majalah, kartu nama, undangan, dan lainnya.

Teknologi yang dipakai pastinya canggih, sehingga hasilnya akurat. Hanya saja, pengguna harus melakukan pembelian dalam aplikasi jika menginginkan fitur lebih. Harga per item di mulai dari 4 ribu sampai 400 an ribu rupiah.

Trending:  Ciri Ciri Rumah Seret Rezeki dan Cara Menghindarinya

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Error Windows Cannot Access

Sekarang sudah tahu cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan bukan. Kira-kira mana yang akan pengguna unduh? Apapun pilihannya pastikan untuk tetap membaca syarat dan ketentuan setiap aplikasi. Jangan sampai mendownload aplikasi phising. Namun dipastikan rekomendasi di atas semuanya aman.