Beranda » Cara Menjual NFT Tanpa Gas Fee di Opensea

Cara Menjual NFT Tanpa Gas Fee di Opensea

Saat ini banyak orang mulai mempelajari bagaimana cara menjual aset digital NFT di OpenSea. Tapi satu keluhan ketika melakukan transaksi aset digital NFT adalah adanya fee tambahan yang dikenakan ketika suatu barang tersebut dijual. Sehingga banyak yang bertanya-tanya, adakah cara menjual NFT tanpa fee?

Sebagai informasi, tren NFT ini semakin meningkat ketika salah satu mahasiswa asal Semarang yang viral setelah menjual foto selfie. Namanya adalah Ghozali, yang lebih terkenal dengan username Ghozali Everyday. Ghozali menjual foto-foto selfie tersebut di salah satu pasar digital untuk NFT, yaitu OpenSea.

Dari mulanya yang hanya iseng-iseng saja, kini Ghozali mendapatkan keuntungan total sekitar 1,5 milyar rupiah. Untuk harga terendah satu fotonya saja berada di kisaran angka 0,13 Ethereum atau sekitar 6 juta rupiah. Sangat fantastis, bukan?

Apa itu NFT dan Gas Fee?

Sebelumnya, mungkin kamu perlu memahami apa itu NFT. NFT sendiri merupakan singkatan dari Non-fungible Token atau token yang tidak dapat dipertukarkan.

Mengutip dari CNN, NFT adalah semacam konten digital yang bertaut dengan blockchain, basis data digital yang menopang mata uang kripto (cryptocurrency) seperti Bitcoin dan Ethereum. NFT ini unik dan tidak bisa kamu pertukarkan dengan produk lain. Artinya tidak ada dua NFT yang sama.

Lalu, apa itu gas fee?

Ketika menjual NFT, satu masalah yang kerap orang-orang keluhkan adalah adanya gas fee. Ini adalah biaya tambahan ketika pengguna bertransaksi dalam blockchain. Jumlahnya pun terkadang cukup membebani.Tapi tenang. Ada cara menjual NFT tanpa fee yang bisa kamu terapkan.

Cara Menjual NFT Bebas Fee di Opensea

Berikut adalah cara jual NFT di OpenSea yang bisa sobat josbgt terapkan supaya bisa terbebas dari biaya gas fee. Jadi, keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih maksimal.

  1. Buat Akun Metamask
Trending:  Cara Daftar Akun Tokocrypto dari Awal Sampai Berhasil

Pertama-tama sobat josbgt tentunya harus membuat akun MetaMask terlebih dahulu. Berperan layaknya dompet digital untuk Ethereum, Metamask sendiri adalah hal yang wajib ketika ingin bertransaksi di OpenSea. 

Atau jika sobat josbgt tidak punya akun Metamask, kamu bisa menggunakan wallet lain yang mendukung penampungan saldo Ethereum. 

  1. Pilih Create dan Tentukan Wallet

Di tahap kedua, kamu buka situs Opensea.io lalu pilih “create” yang terletak di bagian kiri laman utama. Setelahnya, laman akan mengarah ke pemilihan wallet apa yang nantinya akan kamu gunakan ketika melakukan transaksi di situs ini. 

Wallet ini berfungsi sebagai penampung saldo Ethereum (ETH). Selain MetaMask, ada Coinbase Wallet, WalletConnect, Kaikas, Bitski, Fortmatic, dan lain-lain.

  1. Unggah Aset yang Akan Anda Jual

Bila sobat josbgt sudah menentukan wallet apa yang akan digunakan untuk menyimpan Ethereum, tahap selanjutnya adalah mengunggah aset.

Ada berbagai jenis aset digital yang bisa diperdagangkan di OpenSea. Mulai dari foto, video, audio, ataupun digital art lain seperti vektor, poster, animasi, atau karya tiga dimensi. 

Selagi karya kamu tidak melanggar ketentuan yang sudah Opensea tetapkan,  maka kamu bisa menjual karya tersebut. Jangan menjual karya-karya pornografi, kriminal, atau yang sifatnya privasi seperti foto kartu identitas, ya!

  1. Masukkan Keterangan Karya

Ini perlu kamu lakukan agar nantinya calon pembeli bisa memahami secara lebih mendetail mengenai hasil karya yang nantinya hendak sobat josbgt jual.

Di tahap ini sobat bisa memasukkan berbagai jenis keterangan. Mulai dari nama dari karya yang kamu jual, berapa supply nya, deskripsi lebih lanjut dari karya tersebut, hingga berbagai keterangan lain yang kira-kira bisa konsumen butuhkan dan bisa “menjual” produk kamu.

  1. Ubah Bagian Blockchain dan Buat Produknya
Trending:  Cara Daftar Binance dari Awal sampai Akun Jadi

Jika segala keterangan yang sekiranya sobat josbgt butuhkan sudah terisi semua, maka pilih bagian BlockChain. Di pilihan menu Blockchain tersebut, sobat josbgt perlu mengganti Ethereum ke Polygon.

Bila bagian Blockchain tersebut sudah kamu ganti, maka pilih tombol create.

  1. Pilih Menu Sell dan Atur Harga Jual dari Aset Digital Kamu

Setelah sobat josbgt memilih tombol create, maka langkah selanjutnya adalah memilih tombol sell agar produk kamu bisa diperdagangkan di marketplace OpenSea. 

Setelahnya, kamu perlu menentukan nominal angka untuk harga jual dari karya. Tapi, ada satu hal yang perlu sobat josbgt ingat ya. Produk-produk NFT yang ada di sini penjualannya menggunakan nominal Ethereum, bukan rupiah. Jadi, tentukan harga dalam Ethereum ya. 

Lalu, sobat josbgt juga perlu menentukan berapa lama waktu penjualan dari NFT tersebut. Kemudian klik complete listing dan selamat kini produk NFT kamu sudah diperdagangkan di situs OpenSea.

Itu dia cara-cara yang bisa sobat josbgt terapkan untuk menjual NFT agar terbebas dari gas fee. Cara menjual nft tanpa fee ini tidaklah rumit untuk diterapkan lho. Jadi, apakah sobat josbgt tertarik untuk menjual aset digital di OpenSea?

Tinggalkan komentar