Lengkap! Ini Empat Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Di zaman sekarang, hampir seluruh kegiatan membutuhkan koneksi WiFi. Apalagi, jika Sobat Josbgt melaksanakan WFH (Work from Home). Namun, bagaimana bila laptop kamu tiba-tiba error dan tidak bisa terkoneksi dengan sambungan internet? Untuk mengatasinya, simak cara menyambungkan WiFi ke laptop ala Josbgt.

Kamu bisa memperbaiki koneksi WiFi ke laptop setidaknya dengan empat cara ini:

  1. Menggunakan Tombol Fn
  2. Melalui Control Panel
  3. Dengan Fitur Taskbar
  4. Menyambungkan WiFi dari HP ke laptop

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop yang Tidak Terdeteksi dengan Tombol Fn

Cara termudah adalah menggunakan tombol Fn, yang bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Cari tombol Fn. Tombol ini berfungsi untuk menjalankan perintah kepada laptop melalui keyboard. Umumnya, tombol ini ada di bagian kiri bawah keyboard kamu.
  2. Temukan simbol WiFi atau simbol pesawat yang ada di deretan bagian atas keyboard. Tombol ini biasanya bersatu dengan tombol F1 hingga F12. Letak tombol ini berbeda-beda di setiap perangkat komputer, jadi pastikan kamu mengetahui lokasinya, ya.
  3. Pencet tombol Fn dan simbol WiFi secara bersamaan.
  4. Terakhir, cek status koneksi kamu. Apabila sudah tersambung, berarti langkah yang kamu lakukan berhasil. Namun, jika belum, kamu bisa coba cara selanjutnya di bawah ini.

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop yang Troubleshoot Melalui Control Panel

Untuk memeriksa sambungan WiFi, kamu juga bisa mengecek troubleshoot-nya melalui Control Panel. Begini caranya:

  1. Klik tombol “Jendela” yang ada di sebelah kiri bawah layarmu. Kamu jika bisa memanfaatkan fitur “Search” jika memilikinya. Atau, kamu bisa gunakan shortcut Windows + R di keyboard kamu.
  2. Lalu, kamu akan melihat opsi ‘Network & Internet’. Klik opsi tersebut dan klik pada tulisan ‘Network and Sharing Center’.
  3. Jika sudah, kamu akan melihat berbagai macam opsi di bagian kiri jendela. Untuk mulai terkoneksi dengan internet, kamu bisa pilih opsi “Change adapter settings”.
  4. Setelah itu, kamu akan melihat opsi WiFi yang tertangkap oleh laptopmu. Klik kanan pada koneksi yang kamu inginkan, kemudian klik Enable.
  5. Dengan ini, kamu sudah terkoneksi dengan internet dan bisa melanjutkan aktivitas kamu.
Trending:  7 Aplikasi CCTV yang Bisa Dipantau Lewat HP Jarak Jauh

Cara Tersambung dengan WiFi Melalui Fitur Taskbar

Metode lain yang bisa kamu pakai adalah memanfaatkan fitur Taskbar. Ini caranya:

  1. Langkah pertama, klik simbol WiFi atau sinyal yang di bagian bawah sebelah kanan layar kamu.
  2. Pilih koneksi internet yang kamu inginkan.
  3. Masukkan password WiFi apabila dibutuhkan. Jangan lupa perhatikan tombol “Capslock”, ya, agar tidak salah memasukkan kata kunci.
  4. Selesai. Kamu sudah tersambung dengan koneksi internet di laptop kamu

Cara Menyambungkan WiFi dari Handphone ke Laptop

Sudah menggunakan ketiga cara di atas, tapi internet kamu belum bisa digunakan juga? Kamu bisa coba tersambung dengan internet dengan membuat ponsel kamu menjadi modem. 

Begini cara menyambungkan WiFi ke laptop tanpa wireless, alias menggunakan kabel data.

  1. Cara menyambungkan WiFi ke laptop dengan kabel data yang pertama, tentu saja adalah dengan menyiapkan kabel datanya.
  2. Kedua, kamu bisa sambungkan kabel data dengan laptop kamu.
  3. Kamu akan menerima notifikasi yang muncul di layar ponsel kamu. Kamu bisa pilih opsi “Internet” atau “Hotspot” untuk menyambungkan internet.
  4. Terakhir, kamu hanya perlu menunggu sebentar, dan laptop kamu sudah bisa terhubung dengan internet.

Lantas, bagaimana kalau tidak memiliki kabel data? Jangan panik, Sobat Josbgt. Saat ini, hampir setiap ponsel sudah memiliki fitur tethering. Dengan kata lain, kamu bisa menjadikan ponsel sebagai modem tanpa perlu kabel apa pun. Begini caranya:

  1. Di menu ponsel kamu, pilih menu Pengaturan.
  2. Kemudian, cari opsi yang menyediakan pengaturan konektivitas. Opsi ini berbeda-beda untuk setiap ponsel.
  3. Kemudian, cari opsi “Hotspot” atau “Tethering”, lalu ubah ke posisi “On”.
  4. Terakhir, kamu hanya perlu hubungkan laptop kamu dengan WiFi dari ponsel, kemudian internet siap kamu gunakan.
Trending:  8 Cara Edit Foto Online yang Cepat dan Ramah bagi Pemula

WiFi Belum Juga Tersambung?

Bagaimana kalau semua cara sudah kamu lakukan, namun WiFi belum juga tersambung? Kalau begitu, kamu perlu cek hal-hal ini.

  1. Yang pertama, periksa apakah muncul notifikasi Limited Access di laptop kamu. Jika notifikasi ini muncul, tandanya kamu perlu resetting atau atur kembali IP Address kamu.
  2. Periksa lokasi dan router WiFi. Sinyal router bisa melemah jika posisi kamu dan router terlalu jauh dan terhalang tembok. Maka dari itu, coba akali dengan pindah ke dekat router. Selain itu, opsi restart router juga bisa kamu ambil supaya kamu lebih yakin.
  3. Melakukan reinstall atau install ulang driver kamu menggunakan fitur di Control Panel. Ini adalah menyambungkan WiFi ke laptop yang sudah ganti password.
  4. Periksa cache laptop kamu. Jumlah cache yang berlebihan berpotensi mengganggu penerimaan sinyal WiFi.
  5. Yang terakhir, pastikan laptop kamu tidak dalam mode pesawat. Karena bisa saja kamu tidak sengaja memencet fitur airplane mode.

Jika semua step sudah dilaksanakan, namun kamu belum mendapat koneksi, solusi terbaik adalah dengan menghubungi pihak provider internet kamu untuk melakukan perbaikan. Terkadang, masalah ini akan teratasi dengan cepat, namun juga bisa sebaliknya.

Nah, demikian adalah cara menyambungkan WiFi ke laptop versi Josbgt. Semoga masalah kamu segera teratasi, ya Sobat Josbgt.

Tinggalkan komentar