Beranda » Cara Mewarnai Objek di Coreldraw dengan Berbagai Tools

Cara Mewarnai Objek di Coreldraw dengan Berbagai Tools

Bgtekno.com – Warna merupakan unsur penting dalam desain agar terlihat lebih menarik. Selain itu, dengan adanya warna juga membuat hasil karya jauh lebih hidup dan pastinya estetik. Sehingga, banyak juga yang menanyakan seputar cara mewarnai objek di Coreldraw agar terlihat lebih nyata.

cara mewarnai objek di coreldraw

Bagaimana Cara Mewarnai Objek di Coreldraw? Simak Penjelasannya!

Seorang pengguna, bisa melakukan berbagai macam variasi warna untuk sebuah karya di CorelDraw. Karena tidak hanya memanfaatkan tool yang ada berupa gradasi serta tekstur saja. Sebenarnya, masih banyak berbagai efek tambahan dan warna lain yang bisa dicoba, seperti penjelasan berikut ini.

1. Gunakan Objek Fill dan Outline

Cara mewarnai objek di Coreldraw pertama, memanfaatkan fitur objek fill dan outline. Ini sangatlah mudah ketika diaplikasikan contohnya saja pada objek fill, cukup klik pada bagian color palette. Bisa langsung memilih outline dengan mengklik kanan pada warna yang ingin digunakan.

Sementara, untuk pembuatan suatu objek fill dan outline tanpa warna juga bisa dilakukan. Yaitu cukup dengan mengklik pada bagian kiri dari sebuah outline. Atau kanan pada bagian fill lalu selanjutnya cukup klik tanda silang pada color palette.

2. Gunakan Smart Fill Tool

Cara mewarnai objek di Coreldraw yang selanjutnya bisa dengan memanfaatkan fitur Smart fill tool. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa melakukan setting pada warna-warna yang ingin digunakan. Tepatnya pada bagian opsi property bar, simak langkah berikut untuk bisa menggunakannya:

  • Pada objek yang telah ada bisa mengklik bagian elite tool.
  • Lalu klik pada bagian fill option di property bar.
  • Bisa langsung memberikan pengaturan warna hanya dengan mengklik objek yang diinginkan.
Trending:  Untuk Memilih Jenis Kertas yaitu Pada Menu Page Layout Memilih

3. Uniform Fill 

Penjelasan berikutnya seputar cara mewarnai objek di Coreldraw dengan memanfaatkan fitur uniform fill.  Ternyata fitur tersebut hanya bisa digunakan jika memanfaatkan satu warna yang sama. Jadi, sangat cocok apabila mewarnai suatu kawasan dengan daerah yang sangat luas. Berikut beberapa langkahnya:

  • Agar bisa memakai fitur tersebut pengguna hanya perlu menekan uniform fill. 
  • Atau cukup tekan Shift + f11 yang terletak di bagian keyboard. Lalu pilih warna yang ingin digunakan selanjutnya klik perintah oke

4. Fountain Fill

Berikutnya memanfaatkan sebuah fitur dengan nama fountain fill agar dapat membuat warna gradasi. Sangat cocok bagi pengguna yang ingin membuat warna terlihat lebih bervariasi. Atau memiliki tingkat kegelapan dan keterangan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

  • Caranya, cukup dengan menekan tombol f11 hingga muncullah fountain fill box.
  • Kemudian silahkan pilih warna gradasi yang ingin dibuat misalnya berbentuk lingkaran atau radial.
  • Pilih juga pada bagian tipe yang ingin digunakan dan atur gradasi warnanya.

5. Pattern Fill

Rekomendasi selanjutnya untuk membuat warna seperti halnya bunga atau kulit kayu. Untuk bisa membuat ini bisa memanfaatkan fitur bernama pattern fill. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah, seperti penjelasan berikut ini:

  • Pengguna cukup memilih objek yang diinginkan pada bagian toolbox dan pattern fill.
  • Arahkan pada dialog box nantinya akan ada beberapa pilihan tipe yang ingin dibuat. Cukup pilih salah satunya untuk kemudian di klik oke.
  • Hasilnya akan langsung berubah sesuai dengan yang telah diatur.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan sejumlah cara mewarnai objek di CorelDraw. Berbagai penjelasan tersebut pastinya sangat mudah untuk dilakukan siapa saja. terutama bagi yang ingin membuat gambar atau desain lebih maksimal.

Trending:  Daftar Nama Font iPhone Keren dan Cara Mengubah Ukurannya 

Apalagi berbagai fitur tersebut juga mudah ditemukan. Serta  dapat membuat hasil karya jadi luar lebih luar biasa. Bagi pemula juga bisa digunakan, asal tahu posisi letak dari berbagai tool tersebut.