5 Cara Print Test Page Di Windows 10 dengan Mudah

Bgtekno.com – Ketika ingin mencetak suatu dokumen dengan menggunakan alat printer, tentu dilakukan test print terlebih dahulu. Cara print test page di Windows 10 cukup mudah dan praktis. Tidak memerlukan aplikasi atau alat lain selain printer dan dokumen yang ingin dicetak.

5 Cara Print Test Page Di Windows 10, Dijamin Dokumen Cepat Tercetak!

Tujuan untuk melakukan print test adalah agar dokumen yang dicetak tidak salah dan untuk menentukan posisi layout, margins, ukuran kertas dan sebagainya pada dokumen yang akan dicetak. Maka dari itu, inilah 5 cara untuk print test page pada perangkat Windows 10.

cara print test page di windows 10

1. Menggunakan Fitur Properties

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk print test page adalah menggunakan fitur Properties yang tersedia pada masing-masing Windows 10. Perlu diketahui bahwa fitur ini wajib diakses dari menu pilihan printer yang dipakai.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu jenis printer yang ingin digunakan. Jika mencoba cara print test page di Windows 10 satu ini, tidak perlu memakan waktu yang lama. Adapun beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Siapkan kertas A4 atau F4 (sesuai kebutuhan).
  • Letakkan pada printer yang ingin digunakan.
  • Masuk ke menu Control Panel dan pilih Devices and Printers.
  • Pilih printer yang sedang digunakan dan klik kanan pada opsi Printer Properties.
  • Klik Print Test Page.
  • Tunggu hingga kertas keluar dengan daftar tulisan yang dicetak.

2. Memanfaatkan Microsoft Word

Untuk melakukan print test page, dapat juga dengan cara alternatif menggunakan Microsoft Word. Sebelum mengecek kualitas tinta printer, coba tes dengan menggunakan Microsoft Word. Langkah-langkahnya, cukup dengan mengetik beberapa kata atau menyisipkan gambar tertentu.

Trending:  Dia Dua Kelebihan Aplikasi Toloka, Solusi Masalah Finansial Kamu!

Lalu, siapkan kertas berukuran A4 atau bebas sesuai kebutuhan. Klik Print atau CTRL + P dan cetak dokumen dan tunggu hingga dokumen tercetak dengan baik. Apabila printer sudah dapat bekerja dengan baik, maka dokumen penting dapat langsung dicetak dengan benar.

3. Mengakses Fitur Settings

Fitur settings juga dapat digunakan untuk melakukan print test page, terlebih jika menggunakan Windows 10. Langkah-langkahnya juga sangat praktis dan mudah, yang mana dapat dilakukan sendiri secara mandiri di rumah.

Proses melakukan print test page dengan cara satu ini hampir sama dengan cara alternatif sebelumnya. Hanya saja terdapat beberapa fitur yang membedakannya. Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan langkah-langkahnya:

  • Lakukan pencarian pada kolom Search pada Windows 10.
  • Ketik Printers and Scanners.
  • Pada halaman tertentu, pilih opsi Manage.
  • Klik opsi Print a test page pada halaman Manage your device.
  • Tunggu hasil tes pada cetakan muncul.
  • Selesai.

4. Menekan Tombol Otomatis Pada Printer

Cara print test page di Windows 10 berikutnya adalah dengan menekan tombol otomatis pada printer. Pada komponen printer tentu terdapat tombol yang dapat memberikan perintah untuk mencetak dokumen secara otomatis. Kurang lebih, cara kerjanya seperti mesin fotocopy.

Namun untuk mencoba cara ini, langkah-langkah alternatif yang patut dicoba adalah dengan mempersiapkan dokumen yang ingin dicetak terlebih dahulu. Bisa berupa tulisan atau gambar acak. Lalu, siapkan kertas pada printer dan tekan tombol Print yang ada pada printer dan tunggu hingga selesai.

5. Mengetik Dokumen dengan Notes

Cara terakhir yang dapat dicoba, adalah dengan memanfaatkan fitur Notes yang ada pada Windows 10. Fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif lain untuk print test page selain menggunakan Microsoft Word. Pada fitur Notes, pengguna juga dapat langsung mencetak dokumennya.

Trending:  Download MangaOwl APK MOD (Sub Indo) Android/iOS

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetik acak tulisan pada Notes. Lalu tekan keyboard CTRL+P dan mulai melakukan printing. Jika dokumen sudah tercetak dengan kualitas yang bagus, maka dapat melanjutkan untuk mencetak dokumen penting secara baik.

Baca Juga: Kenapa Chrome Tidak Bisa Di Update? Ini Caranya

Kesimpulannya, 5 cara print test page di Windows 10 sangatlah praktis dan efisien. Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah untuk mengetahui kualitas tinta dan tentu hasil cetakan printer yang digunakan. Print test page juga dapat menjadi indikator tinta printer masih ada atau kosong.