3 Cara Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe 100% Work

Ada berbagai cara reset HP Xiaomi yang bisa kamu coba lakukan apabila ponselmu tiba-tiba mengalami kendala. Kabar baiknya adalah nggak peduli apa pun tipe Xiaomi yang kamu punya, cara-cara di bawah ini akan membantumu keluar dari masalah tersebut.

Sebagai salah satu brand ponsel yang populer di pasaran Indonesia, Xiaomi nggak luput dari masalah, Sobat jostbgt. Ada berbagai latar belakang yang memicu masalah tersebut tapi memang sebaiknya kita segera mencari solusinya, bukan?

Oleh karena itu kita akan membahas tentang cara reset HP Xiaomi 5a dan juga tipe-tipe lainnya. Simak beberapa cara mudah di bawah ini, ya.

Cara Reset HP Xiaomi

Seperti benda lain pada umumnya, ponsel pun memiliki masa pakai dan batas kekuatan masing-masing sehingga suatu waktu kamu perlu mengatur ulang ponselmu.

Beberapa alasan yang paling umum adalah HP yang terserang virus maupun malware, error yang sering terjadi, penyimpanan internal yang penuh, dan lain sebagainya.

Apabila Sobat jostbgt bingung bagaimana cara mengembalikan performa HP Xiaomi yang dimiliki, setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu coba. Di bawah ini adalah penjelasan dan langkah-langkah lengkapnya.

  1. Via Factory Reset

Metode pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan factory reset atau setelan pabrik. Cara ini memang yang paling mudah dan simpel namun juga akan menghapus semua data yang ada di ponsel kamu.

Seperti namanya, cara ini akan membuat HP kamu seperti awal mula keluar dari pabrik alias kosong tanpa aplikasi serta data apapun. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan backup data sebelum melakukan cara ini.

  1. Untuk melakukan factory reset, Sobat jostbgt bisa mengikuti beberapa langkah berikut:
  2. Pertama, buka ponsel kamu dan masuk ke “Setting” atau pengaturan HP Xiaomi. Di bagian ini kamu bisa mengontrol segala sesuatu yang ada di ponselmu.
  3. Kemudian, cari “Additional Setting” dan geser layar hingga kamu menemukan pilihan “Backup dan Reset”.
  4. Di bagian ini, kamu akan menemukan pilihan “Factory Reset” atau kembalikan ke setelan pabrik.
  5. Kemudian, kamu bisa ketuk tombol “Reset Phone”. Sistem akan melakukan konfirmasi sekali lagi sebelum memulai proses reset. Untuk memfinalisasi pilihanmu, ketuk “Delete”.
Trending:  Begini Cara Mengganti Background Zoom di HP Tanpa Ribet!

Lalu, berapa lama reboot system Xiaomi? Biasanya berlangsung hingga 15 menit dan setelahnya HP kamu akan seperti ketika kamu beli baru dulu. Perlu kamu ingat bahwa cara ini berlaku untuk semua tipe Xiaomi. Namun pastikan data-data penting sudah ter-backup, ya.

2. Via Hard Reset

Cara selanjutnya adalah dengan metode hard reset. Ini juga menjadi cara reset HP xiaomi yang terkunci dan kamu lupa PIN atau pattern lock ponselmu.

Metode ini cukup mudah namun akan berjalan lebih lancar apabila kondisi  baterai setidaknya ada 50 persen. Simak langkah-langkah hard reset berikut ini.

  1. Pertama-tama kamu harus mematikan HP dulu. Kemudian, tekan Power dan Volume Up bersamaan serta tahan beberapa saat hingga logo Xiaomi tampil di layar ponsel.
  2. Nah, disana kamu akan melihat beberapa opsi dan ketuk “Mi Recovery”.
  3. Lalu, sistem akan memintamu untuk memilih bahasa.
  4. Setelahnya, carilah pilihan “Wipe Data/ Factory Reset” dan ketuk “All Wipe Data”.
  5. Sistem akan mengkonfirmasi pilihan kamu tadi sebelum melakukan finalisasi. Dengan mengetuk tombol “Yes”, HP Xiaomi kamu akan memproses hard reset.

Kamu tinggal menunggu prosesnya selesai dan HP bisa kamu gunakan kembali. Cara hard reset HP Xiaomi di atas adalah yang paling umum digunakan oleh pengguna. Namun sebaiknya kamu nggak sering-sering me-reset HP, ya, Sobat jostbgt.

3. Via Mi Cloud

Xiaomi juga memberikan fitur penyimpanan cloud untuk para penggunanya. Dan apabila kamu nggak ingin menggunakan cara reset HP Xiaomi dengan tombol Power, melakukannya melalui Mi Cloud adalah cara yang patut kamu coba.

Untuk memproses cara yang yatu ini, pastikan HP kamu sudah tersambung dengan akun Mi, ya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengakses Mi Cloud melalui browser, bisa di ponsel maupun laptop.
  2. Kemudian, masuk ke akun Mi kamu dan masukkan informasi yang diperlukan di tempat yang tersedia.
  3. Setelah berhasil Sign In, cari dan klik opsi “Find Device” dan sistem akan menunjukkan tipe-tipe Xiaomi yang terhubung dengan akun Mi kamu.
  4. Lalu kamu tinggal pilih perangkat yang akan di-reset dan klik “Wipe Device”. Sistem akan menunjukkan data yang nantinya akan ikut terhapus.
  5. Jangan lupa untuk finalisasi proses dengan klik “Wipe”.
Trending:  7 Game Kucing Terbaik, Lucu, Seru dan Menggemaskan

Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Nantinya ponsel pun akan melakukan reboot secara otomatis.

Akhir Kata

Reset HP bisa jadi adalah satu-satunya cara agar HP kamu berjalan dan bekerja normal seperti sedia kala. Namun sebaiknya cara ini nggak kamu lakukan terlalu sering karena bisa menyebabkan bootloop.

Oleh karena itu, gunakan cara reset HP Xiaomi di atas sebagaimana mestinya dan rawat ponsel kamu sebaik-baiknya, ya. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar