Beranda Ā» Cara Reset Pengaturan Pabrik Oppo dengan Mudah

Cara Reset Pengaturan Pabrik Oppo dengan Mudah

Bgtekno.com – Hp memang kadang memiliki masalah tertentu yang harus dilakukan reset factory apabila beberapa cara lainnya tidak berhasil mengatasinya. Melakukan reset pun perlu trik khusus, karena kebanyakan tidak ada fitur atau tombol bawaan. Cara reset pengaturan pabrik oppo sendiri, ada beberapa metode.

Namun perlu diingat, jika bukan karena hal penting atau darurat, juga hp tidak memiliki masalah apapun, maka reset factory ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Sebab, semua akan menghapus semua file data yang ada. Atau bisa juga memindahkan datanya dahulu.

cara reset pengaturan pabrik oppo

Manfaat Melakukan Factory Reset

Melakukan reset memang kebanyakan karena ada masalah pada HP tersebut. Karena dengan melakukan reset memang memiliki banyak manfaat pada ponsel. Sehingga sah-sah saja bila melakukan factory reset pada ponsel. Adapun beberapa manfaat yang diperolehnya, diantaranya.

1. Terbebas dari Virus dan Malware

Manfaat pertama ketika pengguna melakukan reset pada HP, adalah hp ini nantinya akan terbebas dari virus dan juga Malware. Sebab itu, kebanyakan cara apabila ponsel sudah terserang virus adalah dengan melakukan factory reset. Karena ponsel akan kembali ke setelan pabrik.

2. Ponsel Akan Kembali Bekerja dengan Optimal

Pada urutan kedua, melakukan factory reset juga akan membantu ponsel kembali bisa bekerja atau berjalan dengan optimal. Sebab, semua data tersembunyi sampah dan lain sebagainya akan ikut dibersihkan. Ruang penyimpanan pun kembali longgar.

3. Menghapus Aplikasi Hingga Tak Bersisa

Masih ada banyak sebenarnya manfaat dari melakukan reset, namun salah satunya adalah mampu menghapus aplikasi hingga tak bersisa. Maksudnya adalah, semua data dari aplikasi tersebut juga akan ikut terhapus. Termasuk file-file lain yang tidak berguna.

Trending:  Chord Lagu Top-Topan, Lagu Dangdut FenomenalĀ 

Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Oppo

Setelah dibahas sekilas tentang apa saja manfaat dari melakukan factory reset, maka kali ini adalah bagaimana cara melakukannya. Mungkin banyak yang belum tahu cara reset pengaturan pabrik oppo atau lainnya. Untuk itu, simak beberapa caranya berikut ini:

1. Reset Melalui Pengaturan

Pertama, bisa coba menggunakan opsi atau menu yang ada di pengaturan untuk melakukan reset. Namun sebelumnya, akan lebih baik jika data di dalamnya dicadangkan terlebih dahulu karena jika tidak, maka semua data akan hilang. Adapun langkahnya sebagai berikut.

  • Langkah pertama adalah masuk pada menu pengaturan, kemudian tap opsi pengaturan tambahan.
  • Lalu tinggal klik opsi buat cadangan & reset yang ada di bagian bawah.
  • Selanjutnya klik opsi reset data pabrik, kemudian tinggal pilih menu hapus data apli.
  • Bila sudah, maka akan secara otomatis hp akan memulai proses reset, jadi tinggal tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

2. Reset Melalui Recovery

Mungkin pada ponsel pengguna tidak ada fitur, atau malah ponsel sudah mati, maka cara yang kedua adalah dengan melakukan reset melalui Recovery. Cara ini juga lumayan mudah, hanya saja akan sedikit rumit. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti beberapa langkah berikut.

  • Pertama, pengguna bisa matikan atau nonaktifkan ponsel terlebih dahulu untuk memulai proses.
  • Selanjutnya tinggal tekan tombol power dan juga volume bawah, lakukan secara bersamaan dalam beberapa saat.
  • Waktu penekanan ini tidak tentu. Namun jika sudah muncul logo Oppo, maka segera lepaskan.
  • Tinggal pilih Inggris, sebagai bahasa yang akan digunakan, lalu pilih wipe data.
  • Selanjutnya pilih opsi wipe data dengan keterangan keep SMS, contacts and photos, untuk menyetujui, klik Ok.
  • Setelah ada pemberitahuan sukses, klik lago Ok, lalu pilih reboot, maka ponsel akan direset.
Trending:  Cara Hilangkan Notifikasi Kontrol Bersama Youtube

Baca Juga: Cara Membuka iPhone yang Terkunci Lock Icloud

Demikian adalah pembahasan mengenai cara reset pengaturan pabrik oppo yang bisa pengguna lakukan. Apabila pada cara reset melalui Recovery, layar tidak bisa disentuh, maka bisa gunakan tombol volume untuk memilih opsi. Lalu gunakan tombol power sebagai tombol Ok.