Beranda » Cara Scan Barcode di Hp Oppo Tanpa Aplikasi, Simpel!

Cara Scan Barcode di Hp Oppo Tanpa Aplikasi, Simpel!

Barcode menjadi salah satu kode elektronik yang umum tertera di benda sehari-hari. Umumnya, barcode dipindai menggunakan alat pemindai khusus. Namun, ternyata kamu bisa, lho, memindai barcode dari ponselmu.

Inilah kenapa banyak orang yang ingin tahu caranya, khususnya cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi. Pada dasarnya, kamu bisa menemukan barcode hampir di mana saja, baik itu di minimarket, apotek, produk penerbitan, hingga di tempat yang membutuhkan kartu identitas khusus seperti perpustakaan.

Nah, pasti hidup akan lebih mudah jika kamu tahu cara scan barcode WiFi di HP sendiri, khususnya untuk kamu pemilik HP Oppo. Yuk, cari tahu bagaimana cara melakukannya!

2 Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Berikut beberapa opsi cara mudah untuk melakukan pemindaian kode batang atau barcode scanning di HP Oppo. Check it out!

1.     Scan via Browser

Sumber: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT-gFZHwxtrxApu3c7AUURMP6smer56yXFDz8uM3UmNpMFfbDSc2lmDoO6c4WUGxtykwg&usqp=CAU

Tak perlu aplikasi tambahan untuk bisa melakukan barcode scanning. Kamu cukup menyiapkan browser yang ada di ponselmu dan lakukan langkah-langkah scan barcode online berikut ini:

  1. Buka browser di HP Oppo, boleh Chrome, Opera, maupun browser bawaan.
  2. Ketik “Pageloot.com’” di kolom pencarian Google.
  3. Masuk ke website Page Loot.
  4. Jika ingin memindai barcode secara langsung, klik opsi ‘Scan Barcode’ dan izinkan website menggunakan kamera ponsel.
  5. Arahkan lensa kamera kepada barcode yang ingin kamu pindai.
  6. Jika ingin memindai barcode dari foto yang ada di galeri HP, klik opsi ‘Upload Image’ dan pilih file yang ingin kamu pindai.
  7. Biarkan website memproses scanning barcode.
  8. Voila! Barcode sudah selesai dipindai.
Trending:  Aplikasi Tema HP Oppo Ini Akan Buat HP-mu Tampil Beda

Sebenarnya, masih banyak lagi website lain yang bisa kamu gunakan untuk scan barcode secara online, misalnya Web QR, QR Code Scanner, dan lain-lain.

Baca juga 8 Rekomendasi HP Antiair Paling Laris di Pasaran

2.     Scan via Google Lens

Sumber: https://img.okezone.com/content/2020/07/26/16/2252219/pengguna-kaisos-bisa-gunakan-layanan-google-lens-EK2nAfmeKf.jpg

Google memang surganya fitur menarik, salah satunya Google Lens ini. Google Lens menawarkan fitur scan barcode baik secara real time maupun via unggahan foto.

Caranya pun sangat mudah, yang harus kamu siapkan hanyalah aplikasi kamera dan mengetahui letak pemindai di HP Oppo. Simak caranya berikut ini:

  1. Buka aplikasi kamera di HP Oppo milikmu.
  2. Klik ikon tiga garis pada kamera dan pilih opsi Google Lens.
  3. Arahkan kamera kepada barcode yang ingin kamu pindai.
  4. Tunggu kamera bekerja memindai barcode-nya.
  5. Setelah terpindai, tekan bagian foto yang mengandung barcode-nya.
  6. Detail lengkap tentang informasi dari barcode tersebut akan muncul di layar kamu.

Sebenarnya, cara ini juga bisa kamu lakukan melalui galeri Google Photos. Biasanya, Google Photos akan otomatis tersambung dengan fitur Google Lens sehingga kamu cukup pilih foto yang ingin kamu pindai dari galeri dan klik ikon Google Lens. setelah itu, barcode akan terpindai dengan sendirinya.

Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Memindai Barcode

Memindai barcode terkadang bisa jadi agak tricky. Hal ini dikarenakan kamera dan kondisi pencahayaan yang terkadang berbeda-beda dan kurang memadai. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum memindai barcode di hp Oppo milikmu:

1.     Atur Jarak antara Kamera dan Barcode

Jarak antara kamera dan kode batang jangan terlalu dekat maupun terlalu jauh. Kamera yang terlalu jauh akan susah mengidentifikasi kode batang.

Trending:  Rekomendasi Laptop Gaming Murah Di Bawah 6 Juta

Di lain sisi, kamera yang terlalu dekat juga tidak recommended karena bisa menyebabkan kode batang tidak dapat terpindai keseluruhan.

2.     Pastikan Pencahayaan Cukup

Lokasi dengan pencahayaan yang terlalu gelap akan menyebabkan kamera ponsel susah fokus dan tak bisa melakukan scanning barcode dengan lancar.

Oleh karena itu, pastikan pencahayaan kamera kamu cukup. Kamu juga bisa memakai bantuan flash jika kondisinya terlalu gelap.

Nah, apabila kamu ingin melakukan pemindaian barcode dengan mengunggah foto dari galeri, pastikan foto yang kamu miliki jelas, terang, dan tidak buram.

Baca juga Rekomendasi Hp Oppo Ram 8 Terbaik

3.     Koneksi Internet Tersambung

Pemindaian barcode membutuhkan bantuan jaringan internet untuk dapat terbaca dan memunculkan informasi. Jika kamu tidak menyambungkan ponselmu ke internet, barcode tidak akan bisa terbaca.

Selain itu, jika kamu ingin melakukan pemindaian barcode dengan foto dari galeri, kamu tak akan berhasil mengunggah foto tersebut tanpa sambungan internet.

Poin ini berlaku untuk pemindaian lewat Google Lens maupun web browser.

Apakah Cara Tersebut Berlaku pada Semua Tipe HP Oppo?

Jangan khawatir, apa pun tipe HP Oppo milikmu, kamu tetap bisa menggunakan cara-cara di atas untuk melakukan pemindaian barcode. Jadi, meskipun tipe HP kamu termasuk jadul, hal tersebut bukanlah masalah karena caranya berlaku pada seluruh tipe HP Oppo.

Selama kamu masih tersambung ke koneksi internet dan HP-mu masih bisa membuka browser serta Google Lens, you are good to go!

Kesimpulan

Cara scan barcode di hp oppo tanpa aplikasi ternyata sangat mudah, kan? Kamu bisa memilih antara melalui Google Lens ataupun web browser online untuk melakukan pemindaian barcode. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar