Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi

Jika Anda ingin mengubah berkas dokumen bentuk fisik menjadi format digital, untuk keperluan melamar kerja atau mengirim tugas sekolah melalui email. Maka bisa mencoba cara scan foto di hp tanpa aplikasi dengan mudah dan praktis berikut ini.

Kemajuan teknologi memang dapat memberikan kemudahan dan membuat banyak hal menjadi lebih praktis. Misalkan dulu, untuk scan dokumen atau foto harus menggunakan mesin scanner. Namun, kini sudah bisa dilakukan menggunakan kamera hp.

Menariknya lagi, saat ingin scan dokumen melalui hp, tidak perlu memasang aplikasi scanner. Tentunya hal ini bisa memudahkan para pengguna hp dengan spesifikasi atau memori terbatas, namun tetap bisa melakukan scan dokumen dengan mudah.

Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi

Meskipun ada banyak aplikasi scanner yang dapat diunduh secara gratis, namun tidak semua hp mendukung pemasangan aplikasi scanner ini sehingga perlu cara scan foto di hp tanpa aplikasi. Yuk, simak tutorial lengkapnya di bawah ini!

1. Scan Foto Online 

Jika Anda tidak ingin memasang aplikasi scanner, maka solusinya bisa menggunakan situs yang menyediakan layanan scanner foto secara online, yang diperlukan hanya kuota internet saja. Adapun cara scan foto melalui situs online sebagai berikut: 

  • Pertama buka browser di hp Android Anda
  • Kemudian kunjungi situs onlinecamscanner.com
  • Setelah itu, silahkan pilih icon kamera
  • Lalu foto dokumen yang ingin di scan
  • Selanjutnya atur ukuran foto sesuai keinginan
  • Anda juga bisa atur kecerahan foto agar lebih jelas
  • Setelah itu, klik icon centang di pojok kanan
  • Terakhir, klik icon Unduh
Trending:  Tikmate App, Pengunduh Video Tiktok Tanpa Watermark

Selain scan foto mellahi icon kamera, Anda juga bisa scan foto yang ada di galeri hp. Caranya cukup pilih icon galeri di situs online scanner di atas, kemudian pilih foto yang ingin di scan. Hasilnya bisa Anda simpan dan kirim untuk berbagai kebutuhan 

2. Scan Foto Pakai Kamera HP

Adapun alternatif scan foto tanpa aplikasi tambahan, yaitu bisa dengan menggunakan kamera bawaan hp yang sudah mendukung fitur kamera pemindai, biasanya fitur ini tersedia pada hp keluaran terbaru. Berikut cara scan foto pakai kamera pemindai di hp: 

  • Silahkan buka kamera hp Android Anda
  • Siapkan foto atau dokumen yang akan di scan
  • Pilih fitur kamera untuk pemindaian dokumen
  • Arahkan kamera ke dokumen, lalu ketuk icon shutter
  • Selanjutnya atur ukuran foto sesuai keinginan
  • Terakhir, silahkan klik simpan

Jika kamera hp Anda tidak memiliki fitur kamera pemindai, maka bisa menggunakan cara scan foto tanpa aplikasi melalui situs online saja karena lebih mudah dan praktis. Jadi, tidak perlu repot lagi memasang aplikasi scanner di hp Android Anda.

Tips Scan Foto di HP Tidak Buram

Untuk menghasilkan foto yang jelas dan tidak buram, maka saat proses scan foto atau dokumen harus perhatikan fokus kameranya, hal ini bisa berpengaruh terhadap hasil scan agar tidak blur. Adapun tips agar foto hasil scan berkualitas sebagai berikut:

  1. Pastikan kamera tidak goyang saat mengambil foto
  2. Pastikan tempat pengambilan foto cukup cahaya
  3. Gunakan latar belakang dengan warna yang kontras
  4. Mengatur tingkat kecerahan atau sharpen hasil scan
  5. Silahkan edit foto agar lebih jelas sebelum dikirim

Demikian pembahasan tentang cara scan foto tanpa aplikasi lebih mudah dan praktis, Anda tidak perlu memasang aplikasi scanner cukup menggunakan situs online atau kamera pemindai bawah hp. Semoga tutorialnya pembantu dan bermanfaat.

Trending:  Cara Pasang Tema Iphone untuk Oppo Dijamin MUDAH!