Cara Setting Headset Bluetooth Xiaomi di HP dengan Mudah

bgtekno.com – Bagi pengguna yang kebingungan cara setting headset bluetooth Xiaomi, simak penjelasan berikut. Berkembangnya teknologi, tentunya mempermudah masyarakat. Termasuk dalam hal perangkat gadget. 

Jika dulu masih menggunakan headset kabel untuk mendengarkan musik atau menelepon melalui HP, sekarang sudah ada yang namanya headset bluetooth. Jaman sekarang sudah serba wireless untuk konektivitasnya, seperti contoh headset bluetooth yang berbeda dengan headset pada umumnya. 

Headset bluetooth sudah dibekali oleh teknologi bluetooth 5 yang menawarkan konektivitas lebih baik, cepat dan jangkauan luas. Namun untuk menggunakannya, pengguna harus melakukan setting dahulu.

cara setting headset bluetooth xiaomi

Cara Setting Headset Bluetooth Xiaomi

Berikut ada beberapa cara setting headset bluetooth xiaomi, baik ketika ingin menghidupkan atau ketika terjadi error saat digunakan. Silakan simak penjelasannya lebih rinci: 

1. Setting Headset Bluetooth Xiaomi untuk Menghubungkan ke HP

Berikut adalah cara melakukan pengaktifan agar headset bluetooth Xiaomi dapat terhubung dengan perangkat HP dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Adapun langkahnya yaitu.

  1. Pastikan bluetooth terisi penuh. Langkah pertama yang perlu diperhatikan yakni, pastikan bahwa headset bluetooth telah memiliki baterai yang penuh.
  2. Aktifkan mode pairing. Selanjutnya silahkan aktifkan mode pairing dengan menekan tombol multifungsi selama beberapa detik. Apabila muncul lampu yang berkedip, maka tandanya telah dalam mode pairing.
  3. Nyalakan bluetooth di HP. Selanjutnya yaitu pengguna hidupkan atau aktifkan bluetooth yang ada di HP. Caranya dengan membuka menu “Setting”, dan pilih menu “Bluetooth”. Kemudian tekan tombol atau geser tombol untuk mengaktifkannya.
  4. Hubungkan dua perangkat tersebut. Setelah sama-sama hidup, maka sekarang waktunya untuk menghubungkan antar perangkat tersebut. Ketika ingin mengkoneksikannya, akan muncul notifikasi dengan angka nomor pin. Silakan masukkan angka pin tersebut.
  5. Headset bluetooth dapat digunakan. Jika kode pin telah sesuai, maka Headset Bluetooth sudah dapat dipergunakan oleh pengguna. Cukup mudah bukan?
Trending:  Cara Mengetahui Email Instagram Orang Lain Tanpa Aplikasi

2. Setting Hard Reset Headset Bluetooth Xiaomi

Jika headset bluetooth Xiaomi tidak terdeteksi di perangkat HP, pengguna bisa melakukan cara ini ini supaya bluetooth tersebut muncul. Cara ini menyetel ulang kembali seperti awal. Adapun langkahnya yaitu.

  1. Menghapus Headset Bluetooth Xiaomi di HP. Pertama, yang harus dilakukan yaitu menghapus atau melupakan perangkat Headset Bluetooth Xiaomi pada perangkat HP. Caranya dengan membuka menu “Setting” di HP, kemudian pilih menu “Bluetooth”.
  2. Matikan Bluetooth di HP. Jika sudah selesai menghapus headset bluetooth di  HP, pengguna bisa matikan kembali bluetooth tersebut.
  3. Mengeluarkan earbud dari case. Selanjutnya yaitu mengeluarkan earbud dari case pengisi dayanya.
  4. Mematikan earbud. Pengguna mematikan earbud dengan cara menekan dan menahan tombol multifungsi yang terdapat di masing-masing earbud sampai muncul lampu merah berkedip. Jika sudah lepaskan tombol tersebut.
  5. Menunggu beberapa saat. Kemudian tekan kembali tombol multifungsi tersebut selama 10 detik sampai timbul lampu kedip berwarna merah. Tunggulah 10 detik lagi, dan akan muncul lampu kedip berwarna merah beberapa kali. Dan lepaskan tombol tersebut. Kini Headset Bluetooth sudah kembali seperti setelan pabrik.

Kelebihan Headset Bluetooth

Adanya headset bluetooth memang tidak dipungkiri membawa kemudahan dan kepraktisan pengguna untuk menggunakannya. Namun tetap perlu diingat, sebelum pengguna ingin menggunakannya, bisa pertimbangkan terlebih dahulu dari segi kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya yaitu.

  • Praktis. Headset bluetooth dengan sistem kerja yang wireless memang sangat mempermudah pengguna, sehingga lebih praktis dalam beraktivitas dan juga konektivitas ke perangkat.
  • Ruang gerak semakin luas. Dengan menggunakan ini tentunya tercipta ruang gerak yang luas. Jika memiliki aktivitas serta mobilitas yang tinggi cocok sekali menggunakannya karena tidak akan terganggu dengan kabel yang terlilit.
Trending:  Download Getcontact Premium MOD APK dan Fitur Premiumnya

Kekurangan Headset Bluetooth

Jika ada kelebihan, pastinya ada kekurangan. Apa saja kekurangan dari headset bluetooth ini? Diantaranya yaitu.

  • Butuh daya. Headset jenis seperti ini membutuhkan daya untuk bisa bekerja, berbeda dengan headset yang menggunakan kabel. Selain itu, daya baterai HP akan sedikit terbebani karena bluetooth yang terus menyala agar terhubung dengan headset bluetooth.
  • Versi bluetooth yang berbeda. 
  • Harga yang lebih mahal. Terakhir yaitu, harga untuk headset bluetooth jauh lebih mahal ketimbang headset kabel pada umumnya. 

Baca Juga: Setting Anonytun Axis Unlimited Gaming

Itulah kelebihan, kekurangan serta cara setting headset bluetooth Xiaomi di HP. informasi ini tentunya membantu bagi pengguna yang ingin membeli headset bluetooth atau mengalami kesusahan saat menyetel headset bluetooth.