Beginilah Cara Sinkron Dapodik 2022 Secara Lengkap dan Terbaru

Bgtekno.com – Satu hal yang perlu Anda ketahui, jika Sinkronisasi Dapodik setiap periode atau tahunnya selalu berbeda-beda. Nah, kali ini kami akan menyampaikan bagaimana cara sinkron Dapodik 2022 secara lengkap.

Jadi bagi Anda yang membutuhkan informasi ini, simak baik-baik hingga ulasan ini selesai ya! Pastikan Anda memperhatikan setiap poinnya dengan detail, sebab antara poin satu dan lainnya saling terikat satu sama lain.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP termudah

Ini dia Cara Sinkron Dapodik 2022 Terlengkap dan Terbaru

Sebelum memulainya, pastikan jika koneksi internet yang Anda miliki stabil dan lancar. Langsung saja berikut langkah-langkah atau cara sinkron Dapodik 2022:

1. Buka halaman Login Dapodik,

Cara sinkron dapodik 2022

Bgtekno.com

kemudian masukan email dan password dapodik operator sekolah. Lalu klik menu pengaturan, masukan kode registrasi dapodik sekolah kemudian tekan ok.

Lalu klik menu akun GTK, kemudian klik dan cari nama Kepala Sekolah. Lalu klik tombol tukar pengguna.

Anda bisa login akun dapodik ini lewat aplikasi dapodik yang bisa diunduh melalui playstore atau appstore.

2. Setelah Anda melakukan proses nomor atau poin satu, selanjutnya lakukanlah validasi dan klik menu sinkronisasi.

Setelah klik menu validasi, validasi lokal, serta klik tombol tabulasi sekolah, GTK, Sarpras, peserta didik, rombongan pelajar hingga jadwal, pembelajaran, nilai serta referensi.

Jangan lupa untuk memastikan tidak adanya data yang masih invalid. Sebab biasanya, jika masih ditemukan data yang invalid maka proses sinkronisasi pun tidak akan berjalan.

Setelah semua data valid, klik menu bagian sinkronisasi untuk proses sinkron dapodik.

Jika nantinya Anda menemukan tulisan warning, klik ya untuk tetap melanjutkan sinkronisasi. Hal tersebut menandakan proses sinkronisasi akan tetap berlanjut meskipun masih ditemukan sata warning san sejenisnya.

Trending:  Download dan Review Aplikasi Animasu Net Apk Mod VIP Premium

3. Klik tombol lanjut pada kembar komfirmasi sinkronisasi dapodik step/tahap 1.

Lembar konfirmasi ini sendiri berupa rekapitulasi beberapa data yang telah diinput melalui aplikasi dapodik. Hal tersebut berguna untuk mengonfirmasi kebenaran datanya sebelum dikirim ke server.

4. Klik tombol tampilkan pada lembar sinkronisasi dapodik tahap 2. Pada tahap ini Anda akan dijumpai dengan 5 tabel diantaranya GTK, Pembelajaran, Peserta Didik dll, Sarana dan Prasarana.

Jika Anda ingin melihat tabel secara keseluruhan, maka Anda bisa mengklik bagian lanjutkan. Sehingga nantinya semua menu atau tabel akan terlihat secara jelas.

5. Setelah proses di atas selesai, centang semua isian dan klik tombol konfirmasi pada lembar sinkronisasi dapodik step 2 b.

Pastikan Anda sudah mencentang semua isian, sebab jika ada isian yang belum tercentang konfirmasi tidak bisa dilakukan. Bahkan Anda tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Jika semua isian sudah terisi semuanya, maka klik tombol konfirmasi isian dapodik.

6. Kemudian lanjutkan sinkronisasi pada lembar persetujuan pengiriman data dapodik. Pastikanlah semua data sudah sesuai sebelum melanjutkan sinkronisasi.

7. Kemudian klik lanjut pada lembar konfirmasi sinkronisasi dapoduk step 3 pernyataan integritas kepala sekolah tentang data dapodik.

Contohnya seperti “Saya bertanda tangan di bawah ini, selaku kepala sekolah… menyatakan dengan sesungguhnya….”

8. Kemudian klik ya pada halaman konfirmasi sinkronisasi dapodik

9. Tunggulah beberapa saat untuk proses loading halaman sinkronisasi dapodik

10. Pastikanlah jika koneksi internet dengan server terhubung kemudian klik sinkronisasi

11. Tunggulah sampai proses sinkronisasi dapodik selesai.

Jika proses sinkronisasi belum selesai namun tiba-tiba muncul “Tidak tekoneksi dengan database server…”. Maka Anda tidak perlu melakukan proses tersebut dari awal, cukup mengklik tombol sinkronisasi lagi.

Trending:  Inilah Chord Lagu Rembulan Malam yang Dapat Anda Coba

12. Setelah proses sinkronisasi selesai, silahkan logout aplikasi dapodik

Nah itu dia beberapa cara atau langkah untuk melakukan sinkronisasi dapodik baik dengan menggunakan aplikasi dapodik.

Pada dasarnya proses dapodik tersebut sangatlah mudah, namun perlu ketelitian dan kecermatan untuk mengisi data setiap halamannya. Proses sinkronisasi dapodik pun dapat berjalan dengan cepat bergantung pada koneksi internet yang Anda miliki.

Jadi, agar proses sinkronisasi lancar tanpa hambatan maka pastikan jika internet yang Anda miliki lancar dan stabil.

Baiklah itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara sinkron Dapodik 2022 menggunakan aplikasi. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini, dapat membantu dan mempermudah segala urusan yang Anda miliki.