Beranda » Cara Sound Of Text WhatsApp Suara Custom Jadi Nada Dering

Cara Sound Of Text WhatsApp Suara Custom Jadi Nada Dering

bgtekno.com – Tahukah cara sound of text WhatsApp suara custom supaya bisa digunakan untuk nada dering? Pengguna Bisa menggunakan cara ini untuk menghasilkan nada dering sendiri. Fungsi dari sound of text ini sendiri yaitu untuk membuat nada dering sendiri. 

Nada dering itu dapat digunakan pengguna sebagai ringtone untuk WhatsApp, misal untuk pesan atau telepon. Pengguna bisa membuat custom sesuai dengan keinginan dengan menggunakan tools yang tersedia. Tools tersebut akan mengkonversi teks yang telah dimasukkan dan berubah ke dalam bentuk audio.

Cara Sound Of Text WhatsApp Suara custom

Cara Sound of Text Custom untuk WhatsApp

Sound of text sendiri sedang booming dan banyak digunakan oleh kalangan anak muda. Pengguna bisa menggunakan beberapa cara yang tersedia di bawah dan setiap cara memiliki langkah-langkah yang mirip. Silakan pilih sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Beberapa pilihannya yaitu:

1. Melalui Situs Sound of Text

Bagi pengguna yang ingin membuat nada dering sendiri, bisa mengikuti beberapa langkah di bawah dengan mengaksesnya melalui HP ataupun PC. Berikut ini langkah-langkah dari cara sound of text custom.

  1. Silakan kunjungi situs Sound of Text dengan memasukkan keyword “Sound of Text” pada Search Google. 
  2. Selanjutnya pengguna menggeser ke bawah sampai menemukan kolom “Text” dan “Voice”. Silakan isi kolom “Teks” dengan kalimat yang ingin dijadikan untuk nada dering custom dan atur kolom “Voice” dengan bahasa yang diinginkan dan klik “Submit”.
  3. Tunggulah prosesnya beberapa saat sampai selesai. Pengguna bisa memastikan hasilnya dengan menekan “Play”. Jika dirasa sudah sesuai bisa mengunduhnya dengan tekan “Download”.
Trending:  Cara Mengatasi Capcut Tidak Ada Template dengan Mudah

2. Melalui Situs Voice of text

Untuk membuat nada dering sendiri, pengguna bisa memanfaatkan situs Voice of Text juga. Situs ini tidak jauh berbeda dengan Sound of Text yaitu dengan mengkonversi teks ke bentuk suara. Pengguna bahkan bisa mengubah kata-kata ke dalam Bahasa Jawa atau Sunda.

  1. Buka alamat situs Voice of text melalui browser HP.
  2. Masukkan kalimat yang ingin dijadikan suara ke dalam kolom yang tersedia. 
  3. Kemudian, pilihlah jenis suara yang diinginkan. Terdapat beberapa pilihan bahasa seperti Bahasa daerah Indonesia, Inggris dan bahasa lainnya.
  4. Jika sudah, silakan klik “Convert to Voice” supaya bisa mengubah kalimat tersebut menjadi suara.
  5. Tunggu prosesnya sampai selesai, lalu klik “Download” untuk menyimpannya.

3. Melalui Situs Vo Codes

Terakhir, pengguna bisa memanfaatkan Vo Codes. Website sejenis seperti di atas, namun menariknya, Vo Codes bisa membuat teks tersebut untuk menghasilkan suara dengan karakter pilihan. Misalnya seperti suara karakter kartun Batman, Spongebob, Barbie, Patrick dan lainnya.

  1. Silakan kunjungi abc,com.
  2. Lalu pilih “Category Filters” sesuai keinginan pengguna. Pilihannya yaitu anime, kartun, game dan lain-lain.
  3. Lanjut dengan memilih karakter favorit yang ingin digunakan.
  4. Jika sudah, isilah kalimat yang ingin diubah menjadi suara lalu klik “Speak”, kemudian tunggu prosesnya.
  5. Jika berhasil, silakan klik “Permalink & Download”. Lalu klik “Download” untuk menyimpan audionya.

Cara Memasang Nada Dering dari Sound of Text Custom

Setelah mengetahui cara menjadikan sound of text custom seperti apa, kini mengetahui cara untuk menjadikan audionya menjadi nada dering untuk WhatsApp. Langkahnya sangat mudah untuk diikuti, yakni sebagai berikut:

  1. Silakan buka “File Manager” di HP dan pilih “Penyimpanan Internal”. Sebelumnya perlu diingat bahwa ringtone yang tadi dibuat tidak bisa langsung dipakai untuk WhatsApp. Pengguna perlu membuat file audio terlebih dahulu secara manual agar bisa terbaca oleh WhatsApp.
  2. Jika sudah membuka “Penyimpanan Internal” buatlah 2 folder baru. Pertama buat folder dan diberi nama “Media”. Kemudian bukalah folder baru tersebut dan buatlah folder baru lagi dan beri nama “Ringtone”. 
  3. Pindahkan file audio yang telah disimpan tadi dari Sound of Text ke folder “Ringtones”.
  4. Pengguna sudah bisa menjadikan file audio tersebut sebagai nada dering. Caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol titik tiga diatas dan pilih “Setelan”. Selanjutnya pilih opsi “Notifikasi” dan “Nada Notifikasi”.
  5. Carilah nama file audio yang tadi sudah dipindahkan ke folder “Ringtone”. Lalu pilih file audio tersebut.
  6. Nada dering berhasil diganti dengan audio yang telah dibuat custom tadi.
Trending:  2 Cara Menghapus Akun Gmail Lewat Chrome dan Android

Baca Juga: Download YOWhatsApp APK (YoWA) agar WA Terlihat Keren

Itulah cara sound of text WhatsApp suara custom dan menjadikannya sebagai nada dering. Pengguna bisa menggunakan 3 cara yang telah disebutkan dengan mengikuti langkah-langkahnya. Kini bisa menggunakan nada dering yang unik dari yang lain. Selamat mencoba!