Cara Ubah Resolusi Video di Android dengan Cepat dan Mudah

Bgtekno.com – Ternyata masih banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui cara ubah resolusi video. Padahal, keterampilan ini dibutuhkan untuk berbagai situasi. Contohnya, ketika ada tugas kuliah berupa video yang harus dikirim dengan ukuran tertentu.

Atau ingin menyimpan video menarik namun memori di perangkat terbatas. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui berbagai cara mengganti resolusi video sehingga ukurannya lebih kecil. Adapun ulasan mengenai cara mengubah resolusi akan dibahas pada artikel berikut ini.

cara ubah resolusi video

Cara Ubah Resolusi Video Menggunakan Aplikasi

Jika dibandingkan dengan mengecilkan resolusi dari file foto, mengubah resolusi video terbilang jarang dilakukan. Namun di beberapa situasi, ini sangat penting untuk dilakukan. 

Contohnya tidak dapat memutar video karena tidak mendukung format 4K, sehingga harus dikecilkan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengubah resolusi video menggunakan aplikasi, diantaranya sebagai berikut.

1. Menggunakan Video Converter

Video Converter merupakan aplikasi yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Seperti mengubah resolusi video, mengonversi video menuju audio, kompresi, dan lain-lain. Berbekal fiturnya yang lengkap, apps berukuran 22 MB ini mendapatkan jumlah unduhan hingga lima juta. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Instal Video Converter dari Play Store. Jika sudah, buka aplikasinya.
  • Di halaman utama, pilihlah tools bernama “Video convert”.
  • Pilih video dari galeri yang hendak diubah resolusinya, kemudian klik “Next”.
  • Di halaman selanjutnya, ketuk opsi “Android” kemudian pilih “Next”.
  • Pada bagian pengaturan, ganti formatnya menjadi Mp4. Kemudian di pengaturan video ganti menu resolusi sesuai yang diinginkan. Contohnya 720p, 480p, dan lain-lain sesuai kebutuhan.
  • Klik “Next” jika sudah memilih resolusinya, lalu simpan videonya di galeri. Sekarang resolusi video sudah berubah sesuai kebutuhan.
Trending:  Cara Unlock Imei Iphone Semua Jaringan Gratis

2. Mengunduh Proton Video Compressor

Aplikasi berikutnya yang dapat digunakan untuk mengganti resolusi video, adalah Proton Video Compressor. Apps berukuran 11 MB ini dibekali kemampuan untuk emulate serta compress, hingga mengubah resolusi pada video. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut.

  • Install Proton Video Compressor.
  • Setelah aplikasi berhasil di download, buka aplikasinya lalu langsung pilih video untuk diubah resolusinya.
  • Ganti resolusi sesuai kebutuhan. Pengguna dapat memilih dari beberapa opsi yang disediakan misalnya 720×405, dan lain-lain.
  • Ketuk tombol “Compress”, jika sudah yakin dengan resolusi yang diinginkan. Terakhir, unduh video tersebut.

Cara Ubah Resolusi Video Menggunakan Situs Online

Di bagian sebelumnya telah dipaparkan beberapa cara mengubah resolusi dari video dengan bantuan aplikasi. Meski begitu, beberapa pengguna mungkin keberatan jika harus mendownload aplikasi lagi. Tidak perlu risau, karena ada juga cara yang bisa dilakukan secara online seperti berikut.

1. Aconvert

Situs pertama yang direkomendasikan adalah Aconvert. Di sini, pengguna dapat mengganti resolusi dari berbagai video. Tampilannya juga sederhana sehingga pemula pun bisa menggunakannya. Mari simak tahap-tahapnya:

  • Masuk menuju situs aconvert.com dari browser.
  • Di halaman utama situsnya, ketuk “Pilih file” lalu tentukan video yang resolusinya hendak diubah.
  • Lakukan pengaturan resolusi sesuai yang diperlukan, lalu tekan “Convert now” agar perubahan resolusi dapat diterapkan.
  • Tunggu sesaat hingga prosesnya selesai, jika sudah pengguna dapat langsung mengunduh hasil videonya di perangkat.

2. Video Compressor

Berikutnya ada Video Compressor, situs yang mendukung berbagai format video contohnya Mp3, MKV, AVI, dan masih banyak yang lain. Keunggulan website ini adalah dapat diakses gratis dan tidak meninggalkan watermark. Adapun langkah mengubah resolusinya sangat mudah, yakni:

  • Ketik nama “Video compressor” di kolom pencarian browser.
  • Pada halaman utama, tekan “Choose file” untuk menentukan video yang resolusinya ingin diganti.
  • Tunggu sampai proses mengunggah selesai, lalu atur parameter videonya. Klik “Resolution” untuk menggantinya sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai, klik “Compress”. Jika penggantian resolusi selesai, pengguna dapat langsung mengunduh hasil video dengan resolusi baru tersebut.
Trending:  Jangan Sampai Keliru! Berikut Cara Verval Nomor Ponsel

Baca Juga: Cara Menyimpan Video Resso di Galeri Tanpa Watermark

Demikian beberapa cara ubah resolusi video yang dapat diterapkan oleh pengguna Android. Dari banyaknya pilihan yang tersedia, pengguna bebas memilih apakah ingin menggunakan aplikasi atau langsung secara online. Hal terpenting adalah melatih kemampuan dalam mengutak-atik video sehingga berguna untuk kedepannya.