Beranda ยป Jangan Sampai Keliru! Berikut Cara Verval Nomor Ponsel

Jangan Sampai Keliru! Berikut Cara Verval Nomor Ponsel

Bgtekno.com – Pembelajaran di masa pandemi yang serba online mendapat perhatian khusus dari Pemerintah yakni dengan memberikan bantuan kuota internet. Simak cara verifikasi dan validasi atau verval nomor ponsel guru dan siswa yang memperoleh bantuan kuota gratis dari Kemendikbud.

Verval Nomor Ponsel

Guru maupun siswa dapat melakukan verval nomor ponsel melalui login di laman resmi yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Verifikasi dan validasi nomor handphone ini berfungsi untuk memastikan apakan nomor yang digunakan sudah benar. Sebab nomor tersebut nantinya akan menjadi data esensial dalam penyaluran bantuan data internet.

Baca juga: Cara Vervalponsel untuk mendapatkan kuota gratis

Verval ponsel ini harus dipastikan oleh kepala satuan pendidikan, agar bantuan kuota data internet bisa dimanfaatkan secara optimal. Selain itu diharapkan bantuan berupa kuota internet ini dapat tepat sasaran yakni dalam kegiatan belajar dan mengajar. Terutama penggunaan jaringan pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini.

Menurut Kepala Pusdatin Kemendikbud verifikasi dan validasi nomor memiliki beberapa tahapan. Dimana pada tahapan ini akan dicek kebenaran dari nomor ponsel oleh Kepala satuan pendidikan serta pimpinan perguruan tinggi. Tujuannya adalah memastikan bantuan pemerintah selama masa Covid-19 ini pelaksanaannya dapat sesuai sasaran.

Langkah yang harus dilakukan pada tahap verval ponsel tidak hanya melibatkan sekolah namun juga pihak perusahaan telekomunikasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa nomor yang didaftarkan oleh guru dna siswa tersebut aktif. Setidaknya sebesar 7,2 Triliun rupiah pemerintah alokasikan untuk pemberian kuota gratis pada nomor yang sudah verval di PD-Dikti dan Dapodik.

Trending:  Cara Login di Opensea Mudah Langsung di HP 100% Berhasil

Pemerintah terus melakukan upaya optimalisasi infrastruktur untuk memudahkan para operator PD-Dikti dan Dapodik pada saat input data dilakukan. Hal ini bisa dilihat dari perbaikan pada sistem dan aplikasi demi proses input data yang baik dan mudah melalu telpon seluler.

Tahap Verval Nomor Ponsel

Tahap awal untuk verval nomor ponsel, pihak guru dan star operator bertugas memeriksa seluruh nomor peserta yang berhak menerima bantuan kuota. Data nomor nantinya akan dicek oleh Pusdatin Kemendikbud. Pemeriksaan untuk verifikasi dan validasi apakah nomor ponsel yang digunakan oleh guru dan siswa sudah terdaftar.

Operator dari masing-masing provider akan menerima data yang dikirimkan oleh Pusdatin Kemendikbud. Data tersebut disesuaikan dengan data registrasi masing-masing pengguna. Apabila ditemukan nomor handphone yang tidak sesuai atau tidak lengkap akan dikembalikan operator provider kepada Pusdatin untuk diperbaiki.

Nomor yang membutuhkan perbaikan tersebut akan di klarifikasi dan dikirim kembali pada satuan pendidikan. Bagi Anda yang melakukan pemeriksaan secara mandiri terkait verval nomor ponsel, Kemendikbud sudah menyediakan layanan pada laman resminya.

Cara Melakukan Verval Ponsel

Verval nomor ponsel

Bgtekno.com

Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk verval nomor handphone siswa dan guru. Apabila tahapan awal sudah dilengkapi maka para peserta penerima bantuan kuota internet bisa melakukan verval ketika telah terhubung di jaringan internet.

Caranya adalah dengan masuk pada laman verval ponsel milik Kemendikbud. Jika laman sudah terbuka silahkan masukkan alamat e-mail beserta password. Pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai dengan data Dapodik dan PD-Dikti yang dimiliki sebelumnya.

Namun jika Anda tidak bisa log in menggunakan e-mail dan password Dapodik, maka Anda harus meminta bantuan pada operator sekolah. Yang mana bertugas dalam mendaftarkan data awal di SDM data Kemendikbud.

Trending:  Cara Daftar dan Cek BSU 2022 via Online (WA, App, Web)

Apabila pada proses verval ponsel Anda berhasil log in menggunakan data e-mail dan password Dapodik, maka akan muncul urutan data pada laman. Layar akan menampilkan urutan data tersebut antara lain Nomor, NISN, NIK, Nama pengguna, dan masih banyak lagi.

Anda harus mengetahui menu-menu yang terdapat pada layar laman. Pada tampilan awal laman yang sudah berhasil log in akan muncul empat menu yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Menu tersebut adalah menu SPTJM, menu pengajuan, penduan, serta penggunaan.

Cara verval nomor ponsel bagi pendidik dan tenaga kependidikan tidak jauh berbeda dengan verval siswa. Perbedaan hanya terletak pada menu yang ditampilkan yakni data jumlah peserta yang melakukan verval, nama guru dan siswa yang melakukan verval, serta residu provider.