Cara Wipe Data OPPO Minta Password agar Tidak Terblokir

bgtekno.com РDemi menjaga keamanan pasti kebanyakan pengguna akan mengunci layar ponselnya. Hanya saja, hal ini akan membuat masalah jika lupa kata sandi. Apalagi ketika ingin wipe data, khususnya di hp oppo.  Lalu, bagaimana cara wipe data OPPO minta password agar prosesnya bisa dilakukan?

Setelah atau sebelum melakukan wipe data, ponsel pasti akan meminta kata sandi. Ini berlaku untuk semua merek ponsel termasuk OPPO. Akan menjadi masalah lagi jika ternyata kelupaan sandi saat ingin membuka perangkat. 

Mengingat demi keamanan, perangkat tak selalu meminta pola. Tenang, pengguna dapat menemukan solusinya melalui artikel ini. Oleh karena itu, simak pembahasan selanjutnya sampai selesai.

cara wipe data oppo minta password

Apa Itu Wipe Data?

Pasti banyak yang masih bingung apa itu wipe data? Wipe data sebenarnya hampir sama seperti reset data ponsel ke pengaturan pabrik. Atau biasa disebut reset pabrik. Namun istilah di ponsel OPPO memang sedikit berbeda, sehingga tidak begitu familiar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebelum atau sebelum melakukan reset pabrik pada perangkat pengguna pasti akan diminta memasukkan password. Gunanya sebagai konfirmasi kepemilikan demi keamanan data. Hanya saja, tak sedikit yang sering lupa kata sandi karena saking banyaknya akun yang digunakan.

3 Cara Wipe Data OPPO Minta Password

Setidaknya ada 3 solusi cara wipe data OPPO minta password jika pengguna lupa. Semua cara tersebut bisa diikuti pada ulasan berikut.

1. Mencoba Semua Kata Sandi

Secara spontan pengguna akan memasukkan beberapa password yang sekiranya pernah dipakai saat mengalami kelupaan. Cara tersebut memang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menemukan kata sandi masuk ke perangkat.

Trending:  3 Cara Membuat Lambang x Bar di Word dengan Mudah

Sayangnya, lebih dari 3 kali perangkat akan meningkatkan pengamanan seperti harus menghubungi nomor darurat. Tentu saja semakin ribet urusannya. Beruntungnya ada tips lain yang lebih mudah yaitu pada poin selanjutnya.

2. Recovery Mode

Recovery Mode sendiri digunakan untuk mempersempit pencarian kata sandi agar lebih mudah menemukan yang paling sesuai. Bagaimana langkahnya? Ini dia caranya.

  1. Sebelum memulai prosesnya, silahkan matikan ponsel OPPO terlebih dulu.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol power dan tombol pengurangan volume serentak.
  3. Lepaskan jika sudah muncul logo OPPO atau getar tanda pengaktifan perangkat.
  4. Setelah itu, tentukan bahasa perangkat. Jika tidak ada Bahasa Indonesia, maka pilih Bahasa Inggris.
  5. Lalu, pilih wipe data dan mulai cobalah memasukkan kata sandi yang diingat pernah dipakai.

Sebenarnya langkah ini persis seperti cara pertama. Bedanya melalui menu ini pengguna tidak akan dicurigai karena salah memasukkan kata sandi. Sehingga pengamanan di perangkat semakin tinggi. Melalui menu wipe data pengguna dapat mencoba sebanyak apapun dalam waktu yang lama tanpa takut terblokir.

3. Menggunakan MRT Key Dongle

Langkah terakhir yang semoga membantu yaitu dengan menggunakan aplikasi MRT Key Dongle. Kendati demikian, pengguna membutuhkan perangkat bantuan berupa laptop untuk menginstall aplikasi tersebut.

Jika sudah terpasang, maka bisa mulai melakukan menjalankan aplikasi. Jangan lupa hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel data sebelum akhirnya bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Silahkan centang format pada bar yang muncul di layar aplikasi.
  2. Setelah itu, tekan start.
  3. Selanjutnya nonaktifkan ponsel OPPO dan hidupkan kembali dengan cara yang sama seperti tips pertama.
  4. Lepas tombol kombinasi untuk menghidupkan bila aplikasi sudah membaca data ponsel.
  5. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.
Trending:  Cara Menyusun Naskah Pidato Pepisahan SD yang Mengharukan

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Error Windows Cannot Access

Begitulah cara wipe data OPPO minta password yang dapat diberikan. Untuk mencegah masalah terulang sebaiknya gunakan kata sandi yang sama dengan akun lainnya. Akan tetapi, pastikan memakai dengan keamanan tinggi dan bukan nama pribadi apalagi tanggal lahir.