Cek Status Pendaftaran DTKS 2022

Bgtekno.com – Cek Status Pendaftaran DTKS ini dapat kalian lakukan secara online dengan membuka situs web; https://dtks.jakarta.go.id dan menggunakan lima metode sederhana yang tercantum di bawah. Jadi, untuk memastikan bahwa kamu terdaftar sebagai calon penerima dana bansos, sebaiknya pahami semua informasi beserta panduan dan tips menarik lainnya.

Sebagian besar masyarakat tentu akan merasa senang jika menerima bantuan secara cuma-cuma. Sementara itu kabarnya, baru-baru ini Bansos DTKS tahap ke dua di buka yang mana masyarakat wajib mendaftarkan dirinya. Tujuannya tidak lain agar berpeluang menjadi calon penerima manfaat DTKS tersebut.

Mereka harus mendaftarkan diri dengan menggunakan e-KTP miliknya dan kemudian menunggu keputusan dari pemberi dana tersebut. Seperti kita tahu, masyarakat 62 ternyata tak bisa menunggu lama.

Sebagai akibat dari hal itu, tentu melakukan pengecekan status DTKS adalah upaya terbaik yang perlu dilakukan sesegera mungkin agar bisa memastikan bahwa dirinya sudah terdaftar atau sebaliknya.

Upaya pengecekan status pun bisa dilakukan kapan saja dengan menggunakan ponsel jenis apa pun dan dengan memasukkan NIK yang pernah didaftarkan sebelumnya.

Masyarakat dapat melakukan pengecekan pendaftaran itu secara online langsung di website https://dtks.jakarta.go.id dan itu artinya dapat dilakukan darimana saja dan dalam kondisi apa pun.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang memahami metode pengecekan status tersebut. Tapi hal itu tak perlu dipermasalahkan karena artikel ini membahas secara lengkap terkait pemecahan masalah tersebut., sehingga kalian perlu menyimak panduan seta tips lengkapnya dengan cermat.

Cara Cek Status Pendaftaran DTKS 2022

Cara Cek Status Pendaftaran DTKS 2022

Tahapan yang dapat kalian lakukan sebagai upaya Cek Status Pendaftaran DTKS adalah sebagai betikut:

  1. Pada perangkat dan aplikasi browser yang kamu gunakan, buka https://dtks.jakarta.go.id-. Aktivitas ini memerlukan koneksi internet yang benar-benar stabil. Sementara itu, kalian dapat menggunakan aplikasi browser sesuai preferensi sendiri.
  2. Pada halaman beranda, tekan menu “Cek Status Pendaftaran” untuk melihat informasi status mu saat itu.
  3. Lanjutkan dengan memasukkan NIK E-KTP dengan Valid. Nik yang dimaksud ialah nomor induk KTP yang sebelumnya pernah kamu gunakan untuk mendaftar DTKS Jakarta tahun 2022.
  4. Tekan ikon “Cari”. Sebelum menekan “cari”, sebaiknya periksa kembali nomor induk yang kamu masukkan di atas lalu pastikan bahwa tidak ada kesalahan pengetikan.
  5. Lihat Hasil Pencarian Status. Apabila kalian telah mendaftarkan NIK tersebut sebelumnya dan pada saat melakukan pengecekan semua data sudah benar-benar valid, maka informasi hasil cek status pendaftara akan tampak di halaman web DTKS ini.
  6. Selesai.
Trending:  Cara Ubah Resolusi Video di Android dengan Cepat dan Mudah

Tips

Ketika kalian menerapkan semua metode di atas, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yakni:

  • Pertama, Apabila dalam informasi yang tampak pada web menampilkan data kamu, itu artinya kamu terdaftar sebagai calon penerima bansos. Harus kalian pahami, dana bansos ini, menurut laman pikiran-rakyat.com bersumber dari APBN atau bisa juga APBD DKI Jakarta.
  • Kedua, Jika ternyata halaman web DTKS tidak menampilkan informasi apa pun terkait data yang pernah kamu daftarkan sebelumnya, itu artinya kamu tidak terdaftar. Dalam kata lain, kesempatan untuk menerima bansos ini tidak ada untuk mu dan untuk saat ini.

Nah kini kalian sudah tahu kan bagaimana cara melakukan pengecekan status pendaftaran yang kalian lakukan sebelumnya? Perlu kalian pahami, Bantuan sosial yang berasal dari APBN itu tidak hanya satu jenis saja lho. Banyak jenisnya, sehingga mungkin di lain waktu kamu akan menerima salah satunya.

Dana untuk PKH, BPNT dan bahkan PBI adalah beberapa jenis bantuan yang saat ini tengah disalurkan untuk masyarakat yang berhak sebagai penerima.

Sementara itu, Bantuan Sosial yang berasal dari APBD tersebut mencakup: KJP, KAJ, KLJ, KPDJ, dan bahkan bantuan jenis KJMU. Semua dana tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Jadi, tidak semua orang menerimanya.

Apabila kalian belum terdaftar di DTKS, sebaiknya jangan merasa kecewa. Berbangga lah karena kalian masih cukup mampu untuk menompang ekonomi yang kian hari terus mengalami perubahan.

Demikian lah panduan dan informasi lengkap terkait cek status pendaftaran DTKS 2022 yang dapat kalian pelajari di situs Bgtekno.com, sampai jumpa dalam berita menarik lainnya.