Cerita Fabel Singkat untuk Anak-Anak

Bgtekno.com – Siapa yang tidak suka dengan cerita fabel singkat? Biasanya setiap anak kecil pasti menyukai cerita-cerita mengenai flora dan fauna, baik untuk pelajaran sehari-hari maupun pengantar tidur.

Cerita Fabel Singkat untuk Anak

Nah, jika Anda memiliki anak kecil dan ingin tahu cerita fabel singkat yang bisa menarik perhatian mereka. Berikut adalah beberapa contoh cerita yang bisa Anda bacakan pada mereka.

Malam Musim Dingin di Hutan

Ini adalah kisah tentang hewan dengan pelajaran moral. Pada malam musim dingin, semua binatang di hutan menggigil kedinginan. Menjelang tengah malam, suhu turun di bawah nol derajat celsius dan banyak hewan jatuh sakit parah.

Dr. Dove memperhatikan semua hewan ini. Keesokan paginya, seekor anjing mengeluh, “Saya bisa mendengar suara gigi saya bergemeletuk, saat saya menggigil di malam hari!”

Seekor gajah berkata, “Meskipun kami besar, kami juga merasa sangat kedinginan.” Saya punya ide, “kata Dr. Dove, “Mari kita semua pindah ke gua terdekat dan menghabiskan malam musim dingin kita di sana.” Hewan-hewan itu setuju.

Itu malam lagi. Semua binatang ada di dalam gua, tapi tetap saja mereka menggigil. Mereka meminta solusi dari Dr. Dove. Dove meminta mereka untuk mengumpulkan ranting kering, membuat tumpukan kecil dan membakarnya di mulut gua.

Setelah menyalakan api, gua menjadi hangat dan semua binatang tidur dengan nyaman. Mereka menjadikannya rutinitas sehari-hari dan menikmati musim dingin.

Burung Puyuh dan Kucing Tom 

Di Hutan, Mereka tinggal seekor burung puyuh. Di lingkungannya, hiduplah seekor kucing jantan. Puyuh adalah ibu dari empat anak ayam. Dia selalu takut pada kucing tom tetapi kucing tom sangat mencintai anak ayam.

Trending:  Cara Komen Kosong di IG

Suatu hari terlepas dari ketakutannya, ibu Puyuh pergi dengan anak-anaknya untuk berjalan-jalan di dekat kolam. Kucing tom mengikuti mereka dengan kameranya. Dia ingin memotret anak-anak ayam itu.

Tiba-tiba, Ibu Puyuh mendengar suara. Dia segera memeriksa anak-anaknya dan terkejut menemukan salah satu anak ayamnya hilang. Kucing tom juga mendengar suara itu. Dia mengikuti suara itu dan menemukan bahwa itu berasal dari sebuah lubang.

Kucing tom memasukkan cakarnya ke dalam lubang dan menemukan anak ayam yang hilang di sana. Dia mengambil anak ayam dengan hati-hati dan menyerahkannya kepada Ibu Puyuh.

Induk puyuh sangat senang dan lega serta berterima kasih kepada kucing tom. Akhirnya, Induk Puyuh dan Tom Cat menjadi teman baik.

Cerita Fabel Singkat tentang Kelinci Bodoh

Suatu ketika, seekor anjing berkeliaran di hutan. Tiba-tiba, dia sampai di sepetak berumput dan melihat seekor kelinci sibuk memakan rumput. Anjing itu memutuskan untuk mengejar kelinci.

Kelinci melihat anjing datang ke arahnya. Dia berlari secepat yang dia bisa, untuk menyelamatkan dirinya dari pembunuhan. Ketika anjing itu semakin dekat, kelinci itu tidak dapat berlari lagi, dia bersembunyi di balik semak-semak.

Sayangnya, karena rasa laparnya, kelinci memakan daun semak dan menjadi terlihat oleh anjing. Anjing itu melihat kelinci dan mencoba menangkapnya dengan satu lompatan.

Kelinci segera berlari menuju liangnya, secepat yang dia bisa. Tapi sayang! kelinci tidak bisa sampai ke liangnya, dan anjing itu berhasil menangkapnya. Kelinci itu tertangkap karena kebodohannya. Dia memakan daun semak di belakang tempat dia bersembunyi dengan aman.

Merpati Kerah 

Suatu hari, seekor gajah sangat bahagia. Dia mengundang semua binatang dan burung hutan ke pesta. Semua orang ingin berpakaian bagus. Merpati, yang menyampaikan undangan ke pesta atas nama gajah, tidak punya waktu untuk berpakaian.

Trending:  Ini Dia Cara Daftar Maxim dan Syaratnya

Semua hewan lain berpakaian bagus. Ketika merpati melihat ini, dia merasa sangat buruk. Dia berkata kepada binatang, dengan sedih, “Saya tidak punya baju baru, jadi saya akan datang dengan baju lama saya sendiri.”

Gajah merasa kasihan pada merpati dan berpikir untuk menghiburnya. Semua hewan setuju, dan berkata, “Jangan khawatir, teman baik; kami akan mengatur sesuatu untukmu.”

Kemudian semua hewan, secara kolektif, memberinya kalung berkilau. Merpati itu sangat bersyukur dan bahagia. Sejak hari itu, semua merpati memakai kerah biru ungu yang berkilau.

Cerita fabel singkat dengan pelajaran moral adalah cerita tentang hewan yang setiap cerita memiliki pelajaran moral. Jika Anda membaca cerita maka Anda juga mempelajari nilai-nilai moral baru. 

Sebuah cerita fabel singkat tentang binatang dengan pelajaran moral yang terbaik untuk perkembangan anak-anak karena membuat mereka lebih bijaksana dan disiplin. Semoga bermanfaat.