Beranda » Mau Beli Hp Gaming? Pastikan Memakai Chipset Terbaik Ini!

Mau Beli Hp Gaming? Pastikan Memakai Chipset Terbaik Ini!

Sebelum membeli ponsel gaming, sebaiknya kamu pastikan dulu spesifikasinya. Pastikan handphone tersebut memiliki chipset terbaik agar mendukung kelancaran kamu bermain game nantinya. Apa saja chipset yang bagus dan bagaimana urutannya? Baca selengkapnya di sini.

chipset
chipset

Apa itu Chipset?

Jika membicarakan mengenai spesifikasi ponsel, tentunya tidak lepas dari pembicaraan mengenai prosesornya. Terutama jika menyangkut hp gaming. 

Apabila pada PC kamu pernah mendengar istilah CPU dan GPU, pada ponsel semua itu menjadi satu di dalam chipset. Sebuah chipset sudah mencakup komponen grafis, AI, ISP, dan sebagainya. Untuk mendapatkan performa ponsel terbaik ketika membuka aplikasi berat, maka carilah pula chipset Hp terbaik.

Chipset Mediatek Terbaik

Yang pertama, kita akan membahas mengenai chipset mediatek terbaik untuk game. Mediatek sendiri merupakan perusahaan asal Taiwan yang memproduksi chipset yang umum kamu temukan pada ponsel-ponsel ternama. Lenovo, Xiaomi, Oppo, dan Vivo banyak menggunakan chipset ini.

Mediatek terkenal lebih murah sehingga banyak budget dan low-end phone yang menggunakannya. Namun, perusahaan ini juga punya chipset kelas berat yang bersaing dengan chipset-chipset terbaik brand lainnya. Chipset terbaik dari Mediatek adalah Dimensity, kemudian di bawahnya Helio G, dan terakhir seri MT.

Dimensity paling bagus yang nomor serinya paling besar, Dimensity 1200. Dan yang terendah Dimensity 700. Sedangkan untuk Helio, 10 chipset terbaiknya dari yang paling tinggi yaitu:

1.Helio G95
2.Helio G90T
3.Helio G90
4.Helio P95
5.Helio P90
6.Helio X30
7.Helio G85
8.Helio G70
9.Helio P65
10.Helio P70

Chipset Snapdragon Terbagus

Selanjutnya, kita akan membahas chipset Snapdragon terbaik untuk game. Snapdragon merupakan chipset produksi dari perusahaan Qualcomm. Chipset ini memang sudah terkenal gahar dan menjadi primadona di smartphone maupun tablet.

Trending:  Rekomendasi Hp Oppo Ram 8 Terbaik

Qualcomm memproduksi chipset-chipset yang lebih stabil dengan sistem berbasis ARM. Oleh karena itu banyak ponsel-ponsel unggulan untuk gaming yang menggunakan chipset bertipe snapdragon ini.

Secara umum, chipset paling bagus dari merk ini adalah Snapdragon seri 800-an. Ponsel-ponsel unggulan yang memakainya misalnya seri Samsung Galaxy S, Mi, Oneplus, dan sebagainya. Selanjutnya, di bawah itu seri Snapdragon 700-an. Dan yang terendah Snapdragon seri 600 serta 400 untuk ponsel mid sampai low-end.

Contoh 10 chipset dari merek ini dengan performa teratas, yaitu:

1.Snapdragon 888
2.Snapdragon 870
3.Snapdragon 865+
4.Snapdragon 780G
5.Snapdragon 860
6.Snapdragon 855
7.Snapdragon 768G
8.Snapdragon 765G
9.Snapdragon 750G
10.Snapdragon 690

Daftar Chipset Exynos

Berikutnya, yaitu Exynos. Chipset ini merupakan produksi dari Samsung dan banyak kamu temukan pada ponsel-ponsel brand tersebut. Selain memakai Snapdragon, kelas Samsung yang high end juga banyak menggunakan chipset Exynos.

Chipset Exynos dengan seri-seri tinggi cukup baik performanya dan mampu bersaing dengan nama-nama besar di dunia android. Namun, seri low end-nya kurang impresif dan kalah saing dari chipset-chipset lainnya.

Yang paling tinggi di Exynos adalah seri 2000 dan 1000-an, lalu lanjut di bawahnya seri 900an. Urutan chipset Exynos terbaik, yaitu:

1.Exynos 2100
2.Exynos 1080
3.Exynos 990
4.Exynos 9825
5.Exynos 9820
6.Exynos 980
7.Exynos 880
8.Exynos 9810
9.Exynos 8895
10.Exynos 8890

Urutan Chipset Apple

Tidak hanya Samsung yang memiliki chipset mereka sendiri. Apple juga mempunyai seri chipset sendiri yang mereka gunakan pada brand-brand ponselnya.

Dan dalam hal gaming, chipset Apple juga sangat gahar dan sulit tertandingi. Memang tidak sestabil Snapdragon, namun performanya sangat tinggi dalam membuka game-game berat.

Trending:  Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop Tanpa Ribet

Chipset terbaik untuk gaming dari Apple yaitu seri Bionic. Seri terbarunya yang terbagus adalah Bionic A15 dan yang terendah Bionic A11. Kemudian, di bawahnya ada seri Apple A10 fusion, Apple A9, hingga Apple A7.

Chipset Kirin Terbaik

Dan terakhir adalah chipset yang mungkin cukup jarang kamu dengar yaitu Kirin. Chipset ini berasal dari China produksi perusahaan Huawei. Oleh karena itu kamu hanya akan menemukannya pada ponsel-ponsel Huawei dan Honor.

Dari namanya yang tidak familiar, kamu mungkin akan berpikir chipset ini kurang bagus. Namun jangan salah, untuk kelas high end-nya chipset Kirin ini mampu bersaing dengan Bionic dan Snapdragon.

Urutan chipset terbaik Android dari Kirin, mulai dari kelas 9000 dan 9000E yang merupakan chipset terbaik mereka. Selanjutnya seri Kirin 900 yang banyak kamu temukan pada ponsel-ponsel premium. 

Lalu, di bawah itu Kirin 800 dan terakhir 700 – 600 untuk ponsel mid hingga low end. Meski demikian, Kirin 800 kira-kira sebanding dengan seri Snapdragon 700.

Chipset Terbaik Keseluruhan

Secara keseluruhan, Apple Bionic masih memegang juara sebagai chipset paling jagoan dalam hal gaming. Urutan chipset terbaik hp paling tinggi mulai dari Bionic A15. 

Lalu, chipset Dimensity serta Snapdragon memegang posisi kedua dan ketiga. Exynos dan Kirin tidak kalah di 10 besar namun masih tertutup oleh pesona Snapdragon di dunia chipset gaming.

Itulah macam-macam chipset terbaik yang ada saat ini di tahun 2022. Jadi, ketika akan membeli ponsel gaming kamu sudah mengetahui kelas performa chipsetnya. Maka, jangan sampai salah memilih ya.

Tinggalkan komentar