Beranda ยป Pahami Contoh Kalimat Persuasif Beserta Pengertiannya

Pahami Contoh Kalimat Persuasif Beserta Pengertiannya

Bgtekno.com – Kalimat persuasif adalah salah satu bentuk kalimat yang biasa digunakan di dalam sebuah teks paragraf yang mana dapat disebut sebagai serangkaian kata-kata dengan tujuan khusus bagi pembacanya. Contoh kalimat persuasif ditulis secara langsung untuk menanamkan tekad kepada para pembaca agar dapat melakukan sesuatu hal tertentu.

Dari sini dapat diartikan bahwa kalimat persuasif adalah Kalimat yang bertujuan untuk mengajak para pembacanya melakukan hal-hal yang diinginkan atau ditujukan oleh penulis. Tujuan dari penggunaan kalimat persuasif biasanya dapat dengan mudah ditemui di berbagai tempat yang ada di publik seperti pada pamflet, brosur hingga poster.

Pengertian dan Contoh Kalimat Persuasif

Jika anda ingin membuat pamflet, brosur atau poster, akan lebih baik anda untuk menyematkan pula beberapa kalimat berisi ajakan yang sesuai dengan harapan anda. Contoh kalimat persuasif pun harus disesuaikan dengan baik seperti yang akan diterangkan pada ulasan berikut.

Baca juga: cara verval nomor ponsel

Pengertian Kalimat Persuasif

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia kalimat persuasif diartikan sebagai salah satu teks yang bersifat membujuk secara halus untuk dapat meyakinkan seseorang yang membacanya. Sehingga kalimat persuasif adalah sebuah teks yang berisi ajakan, perintah hingga saran yang ditujukan kepada para pembaca.

Contoh kalimat Persuasif

Sedangkan menurut kementerian pendidikan dan kebudayaan kalimat persuasif adalah serangkaian kata-kata yang memiliki sifat berupa himbauan, ajakan, saran, pengaruh, larangan, arahan, ataupun rujukan kepada seseorang untuk melakukan hal-hal tertentu.

Ciri-ciri Kalimat Persuasif

Hal selanjutnya yang perlu dipahami dari kalimat persuasif adalah ciri-ciri yang khas dari kalimat ini. Sama seperti jenis kalimat lainnya, kalimat persuasif pun memiliki ciri-ciri khusus yang dapat menjadi pembeda dengan kalimat lainnya. Berikut adalah ulasan dari ciri-ciri kalimat persuasif.

Trending:  Contoh Teks MC Untuk Acara 17 Agustus

Kalimat persuasif memiliki ciri khas yang mana teksnya dapat memiliki sifat mengajak, memerintah hingga membujuk. Kemudian contoh kalimat persuasif dapat berbentuk paragraf jika digunakan sebagai pedoman dalam teks ceramah, pidato dan sejenisnya. Kemudian biasanya kalimat persuasif akan menggunakan tanda baca seru.

Kalimat ini pun lebih banyak digunakan sebagai bentuk promosi dengan kata ajakan dan seringkali disebut dengan istilah persuasif provokatif di dalam teks iklan dan menggunakan alasan yang cenderung subjektif. Kalimat persuasif harus mudah untuk dimengerti pembaca dengan rangkaian kata-kata yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami dan dapat ditulis dengan irama tertentu.

Ciri kalimat persuasif

Contoh kalimat ajakan yang benar harus disertai dengan fakta dan bukti untuk lebih meyakinkan pembaca dan bersifat menarik juga dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini tentunya untuk dapat lebih menjamin bahwa ajakan tersebut bersifat positif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Contoh Kalimat Persuasif

Dapat mempelajari kalimat persuasi sangatlah penting untuk dapat turut mengetahui beberapa contoh kalimatnya. Dilansir dari sebuah modul yang memiliki tajuk Contoh Teks Persuasi Lengkap dengan Strukturnya oleh Universitas Bina Sarana Informatika (BSI). Menyatakan bahwa kalimat persuasif memiliki contoh sebagai berikut

Teks persuasif pada iklan dapat berupa teks seperti : ” Susu merupakan salah satu minuman dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Banyak kalsium dan protein yang terkandung pada susu dan memberikan manfaat untuk kesehatan tulan dan gigi. Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, baiknya susu dikonsumsi 2 gelas dalam sehari.

Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan kuat. Ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Susu Milky Moo merupakan salah satu produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo. ”

Trending:  Cara Cek Informasi GTK Khusus Semester Genap Tahun 2021-2022

Sedangkan contoh kalimat persuasif singkat dapat berupa :

1. Ayo kita menanam pohon untuk menyelamatkan bumi!

2. Marilah menerapkan hidup sehat!

3. Hindarilah pemakaian barang-barang haram!

4. Ayo hidup sehat sebelum penyakit menyerang!

5. Buanglah sampah pada tempatnya!

6. Ayo olahraga secara teratur agar selalu sehat!

7. Raihlah cita-cita kalian setinggi mungkin!

Itulah beberapa contoh kalimat persuasif dan pengertian juga beberapa ciri yang harus dipahami sebelum benar-benar menggunakan atau mengaplikasikan kalimat persuasif. Kalimat yang khas dengan ajakannya ini perlu diterapkan Dengan pemahaman dasar yang harus sesuai dengan kaidahnya.