Contoh RKS dalam Setiap Jenjang Pendidikan

Bgtekno.com – Dalam setiap jenjang Pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan seharusnya memiliki contoh RKS masing – masing.

RKS atau Rencana Kerja Sekolah merupakan dokumen yang berisi rencana jangka menengah di tiap – tiap jenjang Pendidikan. Dengan jangka waktunya sekitar 4 tahun setelah RKS ditetapkan.

RKS sendiri menjadi pendamping sebuah kebijakan yang ditentukan langsung oleh kepala sekolah. Dalam pembuatan dan penyusunan RKS secara umum dilakukan oleh kepala sekolah bersama para guru, komite sekolah dan tenaga kependidikan serta didampingi oleh pengawas sekolah.

Selain sebagai pendamping kebijakan, RKS juga dijadikan pedoman dalam pengembangan mutu, menjadi acuan yang berguna untuk mengawasi serta mengevaluasi berbagai kegiatan.

Untuk membuat dan Menyusun RKS ada beberapa Langkah yang harus dilakukan demi mencapai sebuah RKS yang baik dan terarah. Lalu, bagaimana Langkah penyusunan yang harus diperhatikan? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP

Langkah – Langkah Penyusunan Contoh RKS Untuk Setiap Jenjang Pendidikan

Alur penyusunan rks

Bgtekno.com

Sebelumnya perlu anda ketahui, dalam penyusunan RKS tidak boleh terdapat kesalahan. Mengapa? Karena kesalahan yang sedikit saja akan berdampak terhadap kinerja sekolah dan pada akhirnya mempengaruhi akreditasinya.

Itulah mengapa Rencana Kerja Sekolah atau RKS menjadi hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja sekolah selama 4 tahun. Selain berdampak pada sekolah, juga akan berdampak pada peserta didik jika akreditasi sekolah menurun.

Trending:  Cara Mendapatkan Diamond Toya Gratis

Nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya memperhatikan Langkah penyusunan RKS di bawah ini.

Membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)

Tim pengembang sekolah dibentuk oleh komite Bersama dewan sekolah. Tugasnya adalah untuk Menyusun dan membuat Rencana Kerja Sekolah. Dalam pembentukan tim tersebut, sebaiknya dilakukan secara musyawarah

Dalam pembentukan TPS juga harus memenuhi kualifikasi. Misalnya, yang menjadi TPS adalah orang dengan pemahaman luas terhadap peraturan perundang – undangan tentang standar nasional Pendidikan.

Jadi, tim pengembang sekolah harus berisikan orang – orang yang memiliki keahlian. Karena, memiliki tanggung jawab yang besar dalam menentukan kinerja sekolah kedepannya.

Meneliti Secara Detail Kondisi Sekolah Saat Ini

Hal ini dimaksudkan agar kebijakan yang diambil dalam contoh RKS dapat tepat sasaran. Lalu bagaimana cara yang harus dilakukan?

Pertama, melaksanakan evaluasi pada sekolah. Hasil dari evaluasi tersebut akan dibandingkan dengan acuan standar sekolah. Dan yang terakhir menetapkan tantangan utama yang nantinya dihadapi sekolah.

Menetapkan Masa Depan yang Diharapkan Sekolah

Dengan menetapkan kondisi yang diharapkan dapat dijadikan dasar dalam menetapkan sebuah kebijakan. Selain menjadi dasar, juga menjadi tujuan masa depan sebuah sekolah.

Menyusun Program dengan Tepat Sasaran

Program yang disusun saat ini kedepannya akan menjadi acuan bagi sekolah selama kurang lebih 4 tahun. Itulah mengapa harus disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Contoh RKS

Bgtekno.com

Program yang ditetapkan diharapkan adalah program atau kegiatan yang realistis sehingga dapat dengan mudah untuk dilaksanakan. Setelah program telah tersusun, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan penanggung jawab masing – masing program.

Menyusun Rencana Anggaran Sekolah

Rencana anggaran sekolah disusun melalui pembuatan rencana pendanaan, rencana program dan penghitungan sumber pendanaan. Sehingga pengelolaan program dan pertanggung jawabannya mudah dilakukan.

Trending:  5 Cara Download Sound di TikTok MP3 Tanpa Aplikasi

Menentukan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekola (RKAS)

Pengesahan Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang telah disusun serta melakukan sosialisasi RKS tersebut.

Tujuan Disusunnya RKS Setiap Jenjang Pendidikan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, secara umum tujuan disusunnya RKS adalah untuk mengetahui dengan rinci Langkah yang harus dilakukan agar kewajiban, sasaran serta tujuan pengembangan sekolah dapat tercapai.

Secara khusus, tujuan penyusunan RKS sebagai berikut.

  • Menjamin tercapainya tujuan dan sasaran sekolah.
  • Administrasi Pendidikan lebih rapi, teratur dan terarah
  • Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat sesuai dengan kalender Pendidikan dan kalender kegiatan sekolah secara optimal
  • Menjamin keterkaitan antar perencanaan, penganggaran, pelaksanaan,pelaporan, evaluasi serta pengawasan.

Itulah beberapa penjelasan yang terkait dengan penyusunan dan contoh RKS mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Semoga bermanfaat.