Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Bali DK dan Seri Belakang

bgtekno.com – Bali termasuk daerah daerah yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk kamu yang pernah ke daerah tersebut tentu ada pikiran mengetahui apa ciri-ciri plat kendaraan di Bali. Jadi kamu wajib tahu Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Bali DK dan Seri Belakang.

hal ini sangat penting untuk diketahui untuk menambah wawasan terkait plat nomor kendaraan. Pengetahuan seperti ini sangat penting sekaligus kamu bisa lebih detail mengetahui plat bagian belakang dan depan. 

Kendaraan di Bali di daerah lain ternyata tidak hanya merujuk pada huruf plat depan tetapi belakang. Tanpa disadari nomor plat belakang ini umumnya menunjukkan daerah tertentu di provinsi tersebut. 

Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Bali DK dan Seri Belakang

Seri Belakang Plat Nomor dan Contoh

Selama ini nomor plat Bali selalu diawali dengan huruf DK lalu diikuti nomor yang ada. Tetapi banyak dari kamu yang kurang menyadari huruf belakang setelah nomor plat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel berikut untuk mengetahui lebih detail tentang nomor plat DK. 

Kota Denpasar

Seri Belakang Plat Nomor: A/B/C/D/E/I/Q/X

Contoh:  DK 1234 AD

Kab. Badung

Seri Belakang Plat Nomor: F/J/O

Contoh:  DK 1234 FI

Kab. Bangli

Seri Belakang Plat Nomor: P/R

Contoh:  DK 1234 PN

Kab. Buleleng

Seri Belakang Plat Nomor: U/V

Contoh:  DK 1234 UR

Kab. Gianyar

Seri Belakang Plat Nomor: K/L

Contoh:  DK 1234 KF

Kab. Jembrana

Seri Belakang Plat Nomor: W/Z

Contoh:  DK 1234 WX

Kab. Karangasem

Seri Belakang Plat Nomor: S/T

Trending:  4 Perbedaan Kerusakan LCD dan Touchscreen HP

Contoh:  DK 1234 SU

Kab. Klungkung

Seri Belakang Plat Nomor: M/N

Contoh:  DK 1234 NF

Kab. Tabanan

Seri Belakang Plat Nomor: G/H

Contoh:  DK 1234 GI

Cara Cek Kendaraan di Bali

Dari data yang dijelaskan di atas tentunya ada beberapa orang yang sulit menghafal satu per satu. Untuk itu kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek setiap kendaraan yang ada di Bali.

Setiap ada kendaraan dengan huruf depan DK maka kamu bisa buka aplikasi dan mencari tahu asal daerahnya. Dengan cara seperti ini rasanya cukup praktis dan mudah untuk dilakukan. 

Untuk proses pengecekannya sangat mudah dimana kamu tinggal download dan install aplikasi disini. Setelah proses di atas dilakukan kamu tinggal melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Buka aplikasi yang telah kamu install di smartphone. 
  2. Pada menu pencarian, kamu bisa mengetikkan nomor plat yang ingin dicari tahu. 
  3. Proses pengetikan ini harus lengkap mulai dari huruf depan, belakang dan nomornya. 
  4. Lalu kamu bisa mengklik cari dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Kamu bisa melihat hasilnya di layar smartphone mulai dari nama pengguna, asal daerah dan yang lainnya.

Jenis aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengetahui berbagai plat kendaraan di Bali dan sekitarnya. Menarik kamu hanya bermodalkan smartphone dan internet untuk mengetahui setiap kendaraan di Bali.

Secara keseluruhan wilayah di Bali di bagi menjadi 9 dengan 8 kabupaten dan 1 kota. Setiap wilayah tersebut memiliki huruf depan yang sama tetapi huruf belakang dari plat kendaraan yang berbeda. 

Dari penjelasan di atas, kamu bisa mengetahui bahwa ada beberapa huruf di belakang nomor plat. Dengan keterangan ini maka pengetahuan kamu akan bertambah di bidang plat nomor. 

Trending:  Cara Mengisi Baterai iPhone yang Benar

Baca Juga: Download Idlix APK Mod Gratis Terbaru, Bisa Nonton Drakor Gratis

Misalnya untuk plat nomor yang huruf belakangnya G itu menunjukkan jika kendaraan ini dari kabupaten Tabanan. Mudahnya kendaraan tersebut proses pembeliannya berasal dari Tabanan.