Ternyata Begini Bacaan Doa Iftitah Pendek

Bgtekno.com – Sholat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim di mana pun. Sholat sendiri sebenarnya merupakan sebuah ibadah yang terdiri dari banyak doa sejak takbiratul ihram hingga salam. Selain berisikan berbagai doa, sholat juga memiliki rukun dan sunnah di dalamnya. Salah satu sunnah sholat adalah membaca doa iftitah baik panjang maupun doa iftitah pendek.

Sunnah sholat merupakan hal yang bernilai pahala tambahan yang dapat Anda lakukan saat menjalankan ibadah sholat. Salahh satu sunnah tersebut adalah doa iftitah yang merupakan bacaan doa sunnah yang dapat Anda lakukan di dalam sholat pada rakaat pertama setelah Anda melakukan takbiratul ihram dan sebelum Anda membaca surah Al-Fatihah pada rakaat pertama.

Doa iftitah sendiri ternyata tak hanya terdiri dari doa iftitah yang panjang, namun Anda juga dapat melafazkan bacaan doa iftitah yang pendek. Tentu saja hal ini tidak akan mengurangi pahala sholat Anda.

Namun, sebelum mengetahui bacaan doa iftitah ada baiknya Anda mengetahui hal yang mensunnahkan Anda membaca doa iftitah saat melaksanakan sholat. Hal ini dikarenakan ada beberapa kondisi yang membuat membaca doa iftitah tidak disunnahkan.

Kondisi yang Tidak Disunnahkan Membaca Iftitah

Membaca doa iftitah tidak selalu menjadi sunnah sholat. Hal ini dikarenakan ada beberapa kondisi yang menjadikan membaca doa iftitah malah menjadi haram dan tidak boleh. Beberapa hal yang menyebabkan membaca doa iftitah menjadi tidak sunnah adalah sebagai berikut.

  1. Anda Sedang Menjalankan Sholat Jenazah

Hal pertama yang menyebabkan Anda tidak sunnah dan malah dilarang membaca doa iftitah adalah bila Anda menjalankan sholat jenazah. Saat menjalankan sholat jenazah, pada takbir pertama, Anda hanya harus membaca Al-Fatihah tanpa membaca doa iftitah.

  1. Waktunya Tidak Cukup Untuk Membaca Doa Iftitah
Trending:  Cara Download COC Mod APK Lengkap dan Kelebihannya

Bila Anda terpaksa menjalankan sholat ketika waktu sholat hampir habis, maka Anda tak disunnahkan membaca doa iftitah. Anda cukup mengerjakan rukun sholat dengan sempurna bila Anda terpaksa melakukan sholat saat waktu sholat hampir habis.

  1. Anda Masbuk dan Tidak Mendapati Sholat Imam Sempurna Saat Sholat Berjamaah

Saat Anda menjadi makmum masbuk dalam sholat berjamaah dan saat itu Anda tak lagi mendapati satu rakaat sempurna saat sholat bersama imam atau Anda mendapati imam melakukan gerakan lain saat sholat berjamaah, maka Anda tak perlu membaca doa iftitah. Anda hanya perlu melakukan takbiratu ihram lalu mengikuti gerakan sholat imam.

Selain hal yang disebutkan di atas, maka Anda dapat membaca doa iftitah untuk mendapatkan pahala sunnah sholat. 

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa doa iftitah tak hanya panjang, namun ada juga yang pendek. Tentu saja bacaan doa iftitah yang pendek lebih mudah dihafal sehingga Anda dapat tetap mendapatkan sunnah sholat.

Lafaz Iftitah Pendek

Jika Anda termasuk orang yang ingin mendapatkan sunnah sholat dengan membaca doa iftitah namun ingin membaca doa iftitah yang lebih pendek, maka Anda dapat membaca beberapa lafaz doa iftitah pendek berikut ini.

  • Bacaan doa iftitah pertama:

Salah satu bacaan doa iftitah yang pendek yang dapat Anda hafal dan Anda praktikkan dalam sholat adalah doa iftitah yang berbunyi:

“Allah humma baa id bay ni wa bay na kho to yaa ya kamaa baa’ adta bay nal masy riqi wal magh rib. Allahumma naqqinii min khoto yaaya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minaddanas. Allahummagh silnii min khoto yaaya bil maa i was tsalji wal barod.”

Doa iftitah yang satu ini, terkenal sebagai doa iftitah yang sering dibaca oleh umat islam muhammadiyah. Namun jangan khawatir, kamu tentu juga dapat mengamalkan doa iftitah yang satu ini.

  • Bacaan doa iftitah ke dua:
Trending:  Cara Mengisi Saldo DANA Di Alfamart Mudah Dan Cepat!

Bacaan doa iftitah lainnya yang dapat kamu lafazkan saat melakukan sholat adalah doa iftitah yang berbunyi sebagai berikut.

“Subhaana kallah humma wa bi hamdika wa tabaa roka asmuka wa ta’aalaa jadduka wa laa ilaha ghoiruk.”

Doa iftitah yang satu ini merupakan doa iftitah yang diamalkan oleh seorang imam yang bernama imam Muslim, Abu Daud, dan Tirmizi. Karena doa iftitah yang satu ini diamalkan oleh beberapa imam besar, maka Anda juga dapat mengamalkannya dalam sholat Anda.

Itulah beberapa doa iftitah pendek yang dapat Anda amalkan dalam sholat Anda agar Anda mendapatkan pahala dari menjalankan ibadah sunnah.