Beranda » Bacaan Do’a Sebelum Wudhu Beserta Terjemah Serta Adab Berwudhu

Bacaan Do’a Sebelum Wudhu Beserta Terjemah Serta Adab Berwudhu

Bgtekno.com – Agama Islam merupakan agama yang sempurna dimana setiap perilaku dan adab diatur dan dijelaskan dengan detail. Salah satu adab yang kerap kali dibahas adalah adab sebelum beribadah seperti tata cara dan do’a sebelum wudhu hingga adab ibadah lainnya.

Wudhu menjadi hal yang sangat penting berkaitan dengan proses ibadah dalam agama Islam. Wudhu sendiri sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum melakukan berbagai aktivitas. Tujuannya tentu untuk menjaga kesucian dan berharap agar setiap aktivitas yang dilakukan selalu ada dalam lindungan dan berkah Alloh S.W.T.

Adab dan Do’a Sebelum Wudhu

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa wudhu merupakan salah satu hal yang dianjurkan dalam agama Islam. Namun tentu bukan hanya sekedar membasuh anggota tubuh tertentu saja, ada beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan mulai dari adab hingga do’a yang harus dibaca.

Meski wudhu merupakan hal yang membantu menjaga diri Anda, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga bisa mendapat gangguan dari syetan dan jin selama berwudhu. Inilah salah satu penyebab mengapa Anda harus senantiasa menjaga adab dan membaca do’a sebelum wudhu. Bagi Anda yang belum mengetahui kedua hal ini, berikut ulasannya.

Bacaan dan Terjemah Do’a Sebelum Wudhu

Sangat penting mengetahui seperti apa do’a yang harus dibaca sebelum melakukan ibadah tertentu. Wudhu bukan sekedar aktivitas yang dilakukan sebagai persiapan ibadah, namun juga merupakan salah satu bentuk ibadah dengan menjaga kebersihan setiap akan beraktivitas.

Ibadah seperti sholat dan tadarus Al-Qur’an merupakan ibadah langsung kepada Alloh S.W.T., tentu Anda harus memastikan kondisi diri Anda bersih dan suci dengan cara berwudhu. Lantas bagaimana do’a yang dibaca sebelum berwudhu? Perhatikan gambar dibawah untuk mengetahui do’a yang harus Anda baca.

Trending:  Sinkronisasi Gmail Tidak Bisa Berjalan Otomatis dan Solusinya

Menurut beberapa ulama, ada do’a yang khusus dibaca sebelum wudhu. Namun, jika Anda belum mengetahui do’a tersebut, maka Anda bisa membaca do’a dan niat diatas di awali dengan ta’awudz, basmallah, kemudian dua kalimat syahadat, dan niat wudhu.

Niat yang dibaca sebelum berwudhu sendiri memiliki terjemah yaitu “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Alloh S.W.T”.

Beberapa kalangan lain juga kerap menambahkan urutan pembacaan do’a sebelum melaksanakan wudhu dengan membaca tahmid sebelum membaca dua kalimat syahadat. Sementara beberapa ulama menyampaikan ada do’a khusus yang bisa dibaca sebelum melakukan wudhu yaitu:

“Alhamdulillahilladzi Ja’ala Hadzal Ma’aa Thohurun Robbi Innii A’udzubika Min Hamazaatisy Syayatini Wa A’udzubika Robbi An Yahdlurunni”

Artinya : “Segala puji bagi Alloh S.W.T. yang telah menjadikan air ini suci dan juga menyucikan. Ya Alloh, aku memohon perlindungan kepada Engkau dari godaan syetan dan aku memohon perlindungan kepada Engkau dari godaan syetan yang akan datang”

Do’a sebelum wudhu ini biasanya dibaca setelah dua kalimat syahadat dan sebelum membaca niat wudhu. Dengan membaca do’a yang tepat, maka tentu ibadah wudhu yang dilakukan akan lebih bermanfaat dan berkah.

Adab Berwudhu

Selain do’a, wudhu juga memiliki adab yang penting untuk Anda perhatikan. Adab ini bermanfaat agar wudhu yang dilakukan lebih khusyuk serta sah secara hukum Islam. Adapun beberapa adab wudhu tersebut diantaranya:

  • Menghadap ke arah kiblat
  • Wudhu di tempat yang lebih tinggi agar terhindar dari najis
  • Tidak berbicara selama wudhu
  • Wudhu dilakukan tanpa bantuan orang lain
  • Mengusap anggota badan secara lembut tanpa ditepuk atau di pukul keras
  • Menggunakan air secukupnya (tidak mubadzir)
  • Gunakan sumber air yang bersih
  • Membaca niat dan basmallah
Trending:  Ssstiktok: Download Video Mp4 & Mp3 Tiktok Paling Simpel

Beberapa adab wudhu di atas juga perlu diperhatikan agar wudhu yang dilakukan sesuai dengan syari’at Islam. Wudhu merupakan awal dari proses ibadah yang akan dilakukan. Dengan memastikan setiap proses wudhi dilakukan dengan baik sesuai aturan, maka hal ini bisa membuat ibadah yang dilakukan setelahnya juga lebih khusyuk dan memaksimalkan pahala yang ada.

Itulah adab beserta do’a sebelum wudhu yang bisa Anda baca saat akan melaksanakan wudhu sebelum beraktivitas maupun beribadah. Dengan memastikan diri selalu terjaga oleh wudhu, maka berbagai aktivitas dan ibadah yang dilakukan akan senantiasa ada dalam lindungan Allloh S.W.T.