Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Tahun 2021/2022

Bgtekno.com – Butuh informasi tentang dokumen 1 kurikulum 2013 SD tahun 2021/2022? Anda berada di tempat yang tepat. Sebagai seorang tenaga pendidik, tentu Anda sudah cukup paham tentang apa itu kurikulum.

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang tujuan, isi, serta bahan pembelajaran. Selain itu, dalam kurikulum juga mencakup tentang cara yang dipergunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran demi tujuan pendidikan tertentu.

Lalu apa bedanya dengan KTSP? KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang penyusunannya dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan. Begitu pun dalam pelaksanaannya pun dilakukan sendiri oleh pihak tersebut.

Satuan pendidikan saat ini sudah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bersama tim Pengembang Kurikulum lain. Beranggotakan perwakilan dari unsur Kepsek, guru, jajaran komite, hingga pemangku kepentingan.

Kurikulum KTSP sendiri disusun untuk tujuan demi mewujudkan relevansi atau kesesuaian atas perkembangan kebutuhan kehidupan peserta didik. Baik untuk masa kini maupun masa depan.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP termudah

Hal yang Dibutuhkan Untuk Menghasilkan Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Berkualitas

Anda harus tahu jika ada pedoman penyusunan KTSP untuk tahun ajaran 2021/2022. Pedoman itu akan dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen 1 kurikulum 2013 SD. Untuk membuatnya berkualitas harus diperhatikan sejumlah aspek di bawah ini:

  • Acuan Konseptual
  • Prinsip Pengembangan
  • Operasional
  • Prosedur

Selain beberapa aspek di atas, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah kondisi darurat Covid, seperti yang menimpa baru-baru ini. Kondisi setiap daerah mau tidak mau akan mempengaruhi implementasi kurikulum darurat pada satuan pendidikan.

Setiap satuan pendidikan untuk bisa mengembangkan kreativitas dan kemampuan seluruh guru atau tenaga pendidik. Apalagi kalau bukan untuk memberikan pelajaran yang menyenangkan dengan metode daring.

Trending:  Yuk, Manfaatkan Aplikasi GoNovel Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan! 

Atas dasar fakta tersebut, sebagai bentuk rencana awal pada tahun ajaran baru, setiap sekolah wajib melakukan satu hal. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Masa Darurat Covid 19.

Dengan adanya penyusunan dokumen 1 kurikulum 2013 SD darurat covid 19 tersebut diharapkan dapat memenuhi tujuan. Salah satunya kegiatan belajar mengajar selama satu tahun dapat tetap berlangsung sebagaimana mestinya.

Susunan Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Tahun Pelajaran 2021/2022

Dokumen 1 kurikulum 2013 SD

Bgtekno.com

Dilihat secara teknik, penyusunan KTSP (dokumen 1) harus sudah memuat beberapa komponen. Untuk lebih jelasnya, Anda perhatikan saja penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Halaman Awal

Pada halaman awal sudah harus memuat banyak aspek penting. Tidak boleh satu poin pun yang terlewatkan, yaitu sebagai berikut:

  • Sampul dokumen 1
  • Lembar pengesahan
  • SK Tim Pengembang Kurikulum 2013
  • SK Kurikulum sekolah 2013 khususnya masa pandemi covid-19
  • Surat Rekomendasi Pengawas
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi

Bab 1 Pendahuluan

Setelah halaman awal yang sudah disusun rapi, mulai masuk bagian selanjutnya. Kali ini dimulai dari bab 1 terlebih dahulu, isinya mencakup:

  • Latar Belakang
  • Landasan Penyusunan Kurikulum Sekolah 2013 di Masa Covid-19
  • Kurikulum sekolah 2013 di masa pandemi covid-19
  • Prinsip pengembangan kurikulum 2013
  • Konsep dari kurikulum sekolah 2013 di masa pandemi covid-19

Bab II Tujuan Pendidikan, Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

Berikutnya mulai masuk bagian berikutnya. Jadi sebelumnya tadi sudah dicantumkan pembahasan tentang pendahuluan, kini mulai masuk BAB II. Sebagian besar isinya berupa sekolah seperti

  • Tujuan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah
  • Visi sekolah
  • Misi sekolah
  • Tujuan sekolah

Bab III Struktur dan Muatan Kurikulum

Membahas tentang struktur kurikulum dan muatan kurikulum termasuk mata pelajaran, pengembangan diri, dan lain-lain

Bab IV Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti

Begitu juga untuk bagian ini juga sebagian besar hanya membahas kompetensi dasar dan kompetensi inti.

Trending:  Cara Buat Emoji Pepaya di WA dengan Mudah

Bab V Pembelajaran Tematik Integratif

Isinya adalah tentang pembelajaran tematik integrated, pendekatan ilmiah, hingga penilaian authentic.

Bab VI Kalender Pendidikan

Dalam bab ini akan diisi dengan kalender pendidikan. Jadi nanti, semua rencana pembelajaran akan tersaji di kalender ini.

Bab VII Pembelajaran Masa Darurat Covid

Berisi tentang pengaturan beban belajar pada masa darurat covid-19, pembelajaran masa darurat covid-19, hingga model pembelajaran di masa pandemi.

Bab VIII Langkah Kegiatan Pembelajaran Masa Darurat Covid

Mengenai perencanaan pembelajaran masa darurat covid serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan.

Bab IX Penilaian Hasil Belajar

Tentang metode penilaian hasil belajar pada masa pandemi covid serta bagaimana cara evaluasi dan supervisi

Bab X Penutup

Bagian penutup juga seperti biasanya. Seperti laporan pada umumnya yang membahas kesimpulan, dan lain-lain.

Itu dia tadi susunan dokumen 1 kurikulum 2013 SD. Setelah penutup masih ada beberapa lampiran yang juga perlu disediakan. Lampiran tentu masih berhubungan dengan kurikulum KTSP 2013 yang dimaksud.