Beranda » Makna dan Keutamaan Zikir La Haula Wala Quwwata Illa Billah, Setiap Muslim Wajib Tahu

Makna dan Keutamaan Zikir La Haula Wala Quwwata Illa Billah, Setiap Muslim Wajib Tahu

Bgtekno.com – Bacaan Hauqalah atau “La Haula Wala Quwwata Illa Billah” ialah salah satu kalimat zikir yang harus dibaca atau dilafalkan oleh setiap muslim. Dalam beberapa do’a harian bacaan ini turut disertakan salah satunya pada do’a saat keluar rumah. Hal ini menandakan jika bacaan ini amat penting bagi kehidupan seorang muslim.

Baca juga: silabus SD kelas 5 semester 1

Umumnya bacaan ini dilafalkan setelah selesai sholat atau pada saat-saat tertentu. Misalnya pada saat akan melakukan sebuah aktivitas maka zikir ini bisa dibaca sebagai pertanda kepasrahan diri kepada Alloh SWT terhadap hasil dari aktivitas yang akan dilakukan. Dalam memulai suatu hal bacaan ini juga disunahkan untuk dibaca.

Makna dan Keutamaan Zikir La Haula Wala Quwwata Illa Billah

Keutamaan dzikir laa Haula wala quwwata Illa billah

Penggunaan kalimat zikir ini sebagian besar umat muslim sudah sangat memahaminya. Bahkan banyak diantaranya yang sudah terbiasa membaca bacaan ini sebelum memulai aktivitas. Namun tidak begitu banyak orang yang paham bagaimana makna dan keutamaan dari kalimat ini.

Zikir ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi Maha Agung.” Maknanya berarti kepasrahan diri kepada Alloh SWT sehingga kita sebagai Makhluk harus menyerahkan setiap hal hanya kepada Alloh sebagai Penentu takdir dan Pemilik alam semesta.

Sementara itu, kalimat ini juga memiliki beberapa keutamaan yang sangat istimewa dan memberi kabar baik bagi umat muslim. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keutamaan dari kalimat tersebut.

Trending:  Pentingnya Modul Ekonomi Kelas 11 Bagi Guru dan Siswa

Kalimat La Haula Wala Quwwata Illa Billah Menghapuskan Dosa

Zikir ini dapat menghapus dosa seorang muslim terutama jika dilafalkan dengan hati yang ikhlas dan penuh kepasrahan. Bahkan hal ini juga ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya yang memiliki arti :

“Tidaklah seorang di muka bumi mengucapkan la ilaha illallah, Allahu akbar, subhanallah, alhamdulillah dan la haula wa la quwwata illah billah; Melainkan dosa-dosanya akan diampuni, walaupun lebih banyak dibanding buih di lautan.” (Ahmad dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu’anhu dan dinilai sahih oleh al-Hakim dan adz-Dzahaby)

Zikir Berpahala surga

Kalimat zikir hauqalah memiliki keutamaan lainnya yakni dapat mendatangkan pahala berupa syurga bagi orang yang sering membacanya. Dengan diiringi amal soleh yang dilakukan secara Istiqomah maka pahala ini bisa didapatkan sebagai pahala yang sangat berharga.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari : “Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga.” Hadits ini shohih sehingga isinya benar dan merupakan kabar gembira bagi setiap umat muslim.

Merupakan Bacaan Tanaman di Syurga

Kalimat zikir La Haula Wala Quwwata Illa Billah merupakan bacaan yang akan menjadi tanaman di Syurga kelak. Bahkan disebutkan dalam hadits jika tanaman ini memiliki debu yang bersih dan tanamannya bersifat luas. Hal ini dianjurkan langsung oleh Nabi Ibrahim melalui malaikat Jibril pada malam Isro Mi’raj pada saat Nabi Muhammad melewati Nabi Ibrahim di langit.

Hauqalah, bacaan para tanaman surga

Bacaan ini diperintahkan oleh Nabi Ibrahim agar dibaca dan memperbanyak bacaannya terutama oleh umat Nabi Muhammad SAW. Nabi Ibrahim menyatakan langsung jika zikir ini merupakan bacaan yang akan menjadi tanaman di Syurga kelak. Pernyataan ini memperkuat anjuran untuk membaca kalimat Hauqalah tersebut di setiap aktivitas.

Trending:  Soal dan Kunci Jawaban PAT Kelas 5 2021

Kepasrahan Seorang Hamba kepada Alloh SWT

Kalimat ini merupakan kalimat yang isinya merupakan kepatuhan serta kepasrahan diri kepada Alloh SWT. Hakikatnya seorang Hamba tidak memiliki daya maupun kekuatan untuk bisa menjalankan urusannya maupun menolak keburukan bagi dirinya. Seorang Hamba juga tidak memilii kekuatan untuk bisa menarik kebaikan kecuali atas kehendak Alloh SWT.

Itu artinya setiap hal yang akan terjadi semuanya bisa terjadi hanya atas Kehendak Alloh SWT. Hasil dari setiap usaha yang dilakukan manusia juga hanya Alloh yang bisa menghendakinya. Itulah mengapa manusia hanya perlu menyerahkan diri kepada Alloh SWT dan tidak perlu merasa angkuh atas setiap pencapaiannya.

Beberapa makna dan keutamaan dari kalimat La Haula Wala Quwwata Illa Billah yang sudah dijelaskan di atas perlu Anda pahami sehingga bisa melafalkan bacaan ini dengan pemahaman yang tepat. Anda bisa melafalkannya setiap saat agar bisa mendapatkan keutamaannya terutama jika diiringi niat yang ikhlas karena Alloh SWT.