File Powerpoint Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

Bgtekno.com – Mungkin pengguna ingin mengedit file powerpoint, namun mendapatkan kendala file tidak bisa dibuka. Saat itu pasti pengguna khawatir, apalagi file yang akan dibuka adalah file penting. Sebab itu, akan dibahas bagaimana cara mengatasi file powerpoint tidak bisa dibuka untuk dicoba.

File powerpoint memang terkadang tidak dapat dibuka karena beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Oleh karenanya, pengguna juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut ini.

file powerpoint tidak bisa dibuka

Penyebab File Powerpoint Tidak Bisa Dibuka

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuka file powerpoint yang tidak bisa dibuka, maka kenali terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab awal yang mungkin saja terjadi adalah file tersebut dikunci. Namun yang sering terjadi, adalah file tersebut rusak atau corrupt.

Cara membuka File Powerpoints Tidak Bisa Dibuka

Kalau file biasa, maka tidak akan masalah jika file tersebut tidak dapat dibuka. Namun apa kabarnya, jika file tersebut adalah file penting atau presentasi. Jika seperti itu, maka tinggal gunakan beberapa cara yang akan diuraikan berikut ini.

1. Gunakan File Explorer

Cara pertama yang bisa pengguna coba adalah dengan membuka file melalui file Explorer. Hal ini bisa dilakukan, apabila file ternyata diblokir oleh pihak powerpoint dengan suatu alasan. Bila benar, maka tinggal ikuti langkah langkah yang akan diuraikan berikut ini:

  • Pertama, pengguna bisa buka windows kemudian ketika file Explorer.
  • Bila sudah, kemudian temukan file yang bermasalah tersebut yang ada di komputer.
  • Lalu, tinggal klik file pada bagian kanan lalu pilih properti.
  • Pada halaman properti, bisa coba cari tombol buka blokir pada bagian bawah, tinggal klik buka blokir.
  • Selanjutnya, bisa klik terapkan agar file tetap bisa dibuka, kemudian klik Ok untuk menutup halaman.
Trending:  Kenali Aplikasi Penghasil Uang dari Paling Populer dari Aplikasi LIKEit Lite

2. Buka File Dengan Safe Mode

Bila ternyata file tidak terkunci seperti yang di atas, maka bisa coba buka file Powerpoint dengan safe mode. Cara ini, bisa dilakukan apabila ada masalah add in dan extension dan hal tersebut dapat mempengaruhi fungsi software. Berikut beberapa langkahnya:

  • Langkah pertama, pengguna bisa tekan tombol windows dan juga R secara bersamaan
  • Kemudian ketik powerpoint atau save secara berbarengan lalu tinggal klik ok.
  • Kemudian pada toolbar, bisa klik menu file, kemudian tinggal pilih recent.
  • Setelah itu, tinggal cari file atau presentasi yang rusak dan tidak bisa dibuka sebelumnya, selesai.

3. Lakukan Repair File

Bila cara sebelumnya tidak bisa juga, maka bisa juga dengan repair File. Cara ini, bisa dilakukan apabila memang file corrupt atau rusak. Bahkan cara ini jadi ga merupakan solusi yang disarankan oleh office. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, pengguna bisa buka powerpoint terlebih dahulu lalu klik lembar kerja baru.
  • Kemudian tinggal klik file kemudian bisa pilih opsi buka atau open. Setelah itu, tinggal cari file powerpoint poin yang corrupt.
  • Selanjutnya, klik satu kali lalu klik pada panah kecil yang ada di samping tombol open menggunakan mouse.
  • Kemudian pengguna bisa pilih opsi open And Repair, maka tinggal tunggu proses file diperbaiki hingga selesai.

4. Gunakan Tools Recovery Powerpoint

Pada pembahasan yang keempat mengenai file powerpoint tidak bisa dibuka, adalah dengan menggunakan tools recovery powerpoint. Dengan kata lain, kali ini menggunakan tools tambahan sebagai alternatifnya. Tools tersebut bernama Recovery toolbox, jadi tools yang akan membantu memperbaiki.

Jadi, pengguna bisa unduh terlebih dahulu tools atau software tersebut. Kemudian tinggal install, dan jalankan aplikasi. Nantinya, pengguna akan dapat memperbaiki file yang rusak tersebut jadi kembali bisa dibuka, yakni dengan mengekspor data terlebih dahulu, kemudian memperbaikinya.

Trending:  Cara Wipe Data OPPO Minta Password agar Tidak Terblokir

Baca Juga: Masalah Word Not Responding dan Cara Mengatasinya

Demikian beberapa cara mengatasi file powerpoint tidak bisa dibuka yang bisa pengguna coba. Jadi saat kejadian tersebut tengah dialami, jangan terlalu gegabah. Namun coba praktekkan cara di atas, dan ketahui masalah yang sebenarnya terjadi.