Beranda » Cara Cek Informasi GTK Khusus Semester Genap Tahun 2021-2022

Cara Cek Informasi GTK Khusus Semester Genap Tahun 2021-2022

Bgtekno.com – Dunia pendidikan memang memiliki peran penting bagi kemajuan bangsa. Hal ini juga terbukti adanya campur tangan oleh Pemerintah terhadap pendidik atau menjalin kerjasama demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Maka dari itu sebagai pendidik dan tenaga kependidikan penting adanya untuk mengetahui info GTK 2021-2022.

Pada umumnya GTK adalah sebuah website berisikan data guru dan tenaga kependidikan yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. GTK memang wajib adanya pendidik atau tenaga kependidikan untuk selalu mengetahui informasi lebih lanjut karena biasanya setiap tahun akan ada pembaharuan data atau informasi bagi instansi terkait.

Bagi Anda yang belum tau, sebenarnya tampilan laman dari website ini biasanya berupa validasi para guru, dan sinkronisasi data untuk dari satuan kependidikan ke Aplikasi Dapodik melalui operator sekolah. Untuk info GTK 2021-2022 lebih detailnya biasanya data ini dapat berupa verifikasi data tunjangan, sertifikat pendidik, status verval ijasah S1/D4, riwayat pendidikan formal, info status data kelulusan sertifikat pendidik, dan masih banyak lagi. Masing-masing diantaranya tentu memiliki fungsi penting dan harus tetap diperhatikan.

Baca juga: Cara cek info GTK 2021 untuk kamu

Nah sekedar mengingatkan, biasanya semua data yang telah ditampilkan pada laman GTK ini berasal dari data aplikasi dapodik. Data ini muncul karena sebelumnya telah Anda masukkan sesuai dengan arahan dan petunjuk yang telah disajikan. Akan tetapi jika terjadi kasus perbedaan data yang sebenarnya, maka tugas Anda adalah segera merubah dan menyesuaikan data pada Aplikasi Dapodik di masing-masing sekolah.

Ketika Anda melakukan hal tersebut, untuk mengetahui apakah data yang ditampilkan telah sesuai pada data diri Anda. Maka cara melakukan pengecekan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui laman GTK secara langsung ataupun laman individual PTK. Masing-masing dari kedua laman ini memang memiliki sedikit perbedaan, akan tetapi jika Anda memperhatikan dengan baik pasti akan mudah melakukannya

Trending:  Kelebihan dan Kekurangan Speaker Curve, Jagonya BASS

Bila Anda sudah penasaran, berikut langkah-langkah untuk cek info GTK dengan dua cara yaitu lama GTK dan laman individual PTK dengan baik dan benar.

Cara Cek Data Diri Melalui Laman Info GTK

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari website resmi info GTK 2021-2022. Ketika Anda berhasil mencari website resmi biasanya dari tampilan utama akan disajikan dua opsi. Pilih “login langsung ke GTK” dengan cara memasukkan akun PTK Dapodik Anda sekaligus dengan kata sandi PTK sesuai Dapodik. Untuk cara ini yang harus Anda perhatikan adalah memastikan data yang di input sesuai agar berhasil ke tahap selanjutnya.

Klik “login” dan secara langsung Anda akan disuguhkan ke halaman verifikasi data. Tujuan Anda disini adalah untuk memeriksa apakah data yang sudah tercantum pada info GTk telah sesuai dengan data diri Anda. Jika ada kesalahan pada data diri, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah menghubungi operator sekolah untuk meminta melakukan perbaikan. Akan tetapi jika sebaliknya, maka Anda dapat meng-klik tombol cetak dan print out data tersebut. Tujuannya untuk diberikan kepada Admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan dan mempermudah mendapatkan tunjangan.

Info gtk 2021-2022

Bgtekno.com

Ketika Anda telah mengkonfirmasi akun, maka Anda diperbolehkan untuk log out dari akun GTK.

Cara Cek Data Diri Melalui Laman Individual PTK

Pertama Anda harus mengunjungi website resmi PTK secara langsung. Kemudian klik “login” menggunakan SSO. Masukkan username dan kata sandi yang sesuai dengan Dapodik. Ketika berhasil login, klik menu “biodata”. Jika Anda telah sampai ke tahap ini, langkah selanjutnya adalah scroll ke bawah sampai menemukan “Buka Info GTK”. Dari sinilah Anda dapat melakukan pengecekan lebih lanjut.

Trending:  Aplikasi Penghasil Saldo Dana Apk GoNovel dan Caranya

Jika semua sudah dilakukan dengan benar dan valid. Maka langsung cetak dan serahkan print out ke Sistem Informasi Manajemen Tunjangan di wilayah sekitar agar memudahkan Anda untuk menerima pencairan tunjangan. Agar tidak mengalami kasus kesalahan data atau semacamnya, maka cara efektif yang dapat Anda lakukan adalah selalu mengikuti berita info GTK 2021-2022 dengan baik dan benar.