Beranda ยป 5 Jenis Input Device Komputer yang Wajib Ada!

5 Jenis Input Device Komputer yang Wajib Ada!

Bgtekno.com – Perangkat keras input yang ada pada komputer harus terdiri dari beberapa macam yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Beberapa pengguna pasti sudah tidak asing lagi dengan input device komputer karena sudah sering melihatnya.

5 Macam Input Device Komputer yang Perlu Dikenali!

input device komputer

Berikut beberapa macam perangkat input komputer yang wajib ada.

1. Mouse

Komputer tidak bisa berjalan sendiri, sehingga membutuhkan mouse untuk menjalankan kursornya. Alat yang bisa digunakan untuk menggerakkan tersebut disebut dengan mouse. Terdapat tombol kanan dan kiri pada mouse beserta dengan bola yang digunakan untuk scroll.

Bentuk dari mouse ini begitu kecil, sehingga sangat nyaman sekali ketika digenggam. Saat ini, terdapat 2 jenis mouse yang bisa dipilih yaitu nirkabel dan dengan kabel. Tentu jenis mouse nirkabel lebih fleksibel namun harganya juga lebih mahal dibandingkan yang ada kabelnya.

Mengingat fungsi dari mouse ini begitu penting, maka pengguna pun wajib memilikinya. Membelinya yang mahal sekalipun tidak masalah agar lebih awet lagi pemakaiannya. Pilih juga yang mereknya terkenal agar bisa dibuktikan kualitasnya.

2. Keyboard

Keyboard merupakan komponen yang berguna untuk menjalankan perintah pada komputer. Pada keyboard ini ada tombol angka, simbol, huruf, maupun perintah penting. Apabila keyboard ini bermasalah, maka pengguna tidak bisa mengetikkan data yang diinginkan pada komputer.

Namun, tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada keyboard yang ada di layar sehingga bisa menggantikan posisi keyboard secara nyata. Meskipun cukup sulit, namun keyboard di layar tersebut cukup membantu sembari menunggu keyboard selesai diperbaiki.

Trending:  Download Whatsapp GB PRO Mod Apk Versi Terbaru Anti-Ban

Biaya mengganti keyboard tidak akan mahal, biasanya berkisar 200-500 ribu. Hal tersebut, tergantung pada jenis keyboardnya. Untuk keyboard yang versi lama, tentu akan sulit dicari di masa yang sekarang sehingga butuh waktu lama mencarinya.

3. Flashdisk

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa input device komputer ini digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan. Perangkat ini bisa dijadikan sebagai solusi ketika memori penyimpanan yang ada pada komputer sudah penuh sehingga bisa dipindahkan pada flashdisk.

Kapasitas penyimpanan yang ada pada flashdisk pun beragam mulai dari yang terendah yaitu 512MB sampai yang tertinggi yaitu 64GB. Tentu keberadaan penyimpanan memori eksternal ini sangat penting untuk menopang data yang sudah tidak cukup lagi dimasukkan ke dalam komputer.

4. Modem

Saat ini, kinerja komputer sedikit kurang sempurna tanpa hadirnya jaringan internet. Untuk bisa tersambung dengan jaringan internet tersebut, maka membutuhkan perangkat input berupa modem. Nantinya, modem ini mampu menghasilkan sinyal internet secara nyata pada komputer.

Terdapat jenis modem yang dicolokkan pada USB komputer dan ada pula yang berbentuk WiFi. Jangan lupa untuk membayar biaya langganan modem tersebut, untuk terus memancarkan sinyal internet yang dibutuhkan oleh komputer.

5. Webcam

Kamera yang terpasang pada bagian atas dari komputer ataupun laptop ini, memiliki fungsi yang vital ketika melakukan konferensi jarak jauh. Adanya kamera ini, maka wajah pun bisa terlihat dengan jelas di komputer orang lain.

Kondisi ruangan juga mempengaruhi jelas atau tidaknya. Terdapat beberapa jenis webcam yang bisa dipakai pada komputer, sehingga bisa memilihnya. Posisi dari kamera ini pun bisa dipindah tempatnya, sehingga tidak melulu harus ada di atas yang membuat penggunanya semakin leluasa menggunakannya.

Trending:  Cara Mengetahui Kode Voucher Rusak untuk Semua Operator

Baca Juga: 3 Software Pembuat Aplikasi Exe atau File Exe

Beberapa macam input device komputer yang ada di atas mungkin sudah cukup familiar di telinga pada pengguna. Namun perlu dipahami bahwa, perangkat tersebut juga memiliki fungsi yang penting, sehingga harus dirawat dengan baik agar lebih awet lagi kedepannya.