Beranda » Jaringan Indosat E: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jaringan Indosat E: Penyebab dan Cara Mengatasinya

bgtekno.com – Saat sedang asyik scroll baik berita online atau media sosial tiba-tiba tidak lagi berjalan lancar. Maka bisa jadi ini salah satunya karena jaringan provider yang bermasalah. Termasuk bagi pengguna indosat, pasti juga tidak jarang saat jaringan Indosat E, lalu apa alasannya? 

Simak jawabannya dalam artikel ini. Selain itu, pengguna juga bisa mengatasinya saat berjumpa dengan keadaan seperti itu. Tanpa berbasa basi berikut alasan Jaringan Indosat E dan juga solusinya.

jaringan indosat e

Jaringan Indosat E? Simak Alasannya

Ada beberapa jenis kestabilan jaringan di Indonesia, mulai dari yang paling stabil adalah jaringan 4G, Kemudian 3G, 2G dan paling lemot adalah E. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan penurunan jaringan tersebut. Maka simak ulasannya mengenai jaringan indosat E atau Edge berikut ini.

1. Jaringan Sistem Pusat Yang Error

Hal pertama yang menjadi alasan ketika jaringan lemot atau jaringan E adalah salahan pada sistem pusat. Bisa jadi  dihari tersebut sistem sedang mengalami perbaikan, maka dari itu ada sedikit gangguan. Dan jaringan tidak normal seperti biasanya.

2. Jaringan Down dan Sibuk

Selain adanya error yang berasal dari sistem pusat, Jaringan Indosat E bisa juga disebabkan oleh jaringan Down atau mengalami penurunan. Tidak hanya itu, bisa juga karena banyak yang mengakses sehingga mengalami lemot. 

3. Jaringan Lokasi Tidak Mendukung

Kemudian selain adanya faktor internal, baik karena sistem pusat error ataupun jaringan down maka ada penyebab eksternal yang membuatnya juga bisa lemot. Salah satunya ini akan terjadi saat pengguna berada di lokasi yang tidak mendukung jaringan internet tersebut.

Trending:  Fakta Menarik Aplikasi Fizzo Penghasil Uang yang Cocok untuk Para Remaja Di Indonesia!

Misalnya berada di daerah pegunungan atau pantai yang tidak dekat dengan pemancar internet. Maka sudah pasti jaringan di HP tersebut, akan menunjukkan E atau Edge. Dan lemot bahkan tidak bisa digunakan untuk akses internet.

4. Cuaca Buruk

Jika cuaca buruk, misalnya terjadi hujan lebat, angin badai memang ini jadi salah satu faktor yang sering membuat jaringan jadi E, termasuk juga pada jaringan Indosat. Maka dari itu, pengguna tidak perlu khawatir untuk hal ini.

5. Masa Aktif Habis Atau Kuota Habis 

Tidak jarang pemilik tidak sadar jika masa kuota habis atau kuota internet Indosatnya habis. Padahal ini bisa membuat jaringan E dan lemot. Maka dari itu, isi secara berkala dan pastikan tidak kehabisan kuota. 

Solusi Jaringan Indosat E

Setelah dipahami bersama mengenai penyebab dari Jaringan Indosat E, baik karena faktor-faktor internal maupun eksternal. Maka, saatnya pembaca juga mengetahui bagaimana solusi untuk menyikapi hal tersebut.

Hal pertama yang bisa dilakukan jika penyebabnya itu adalah faktor internal seperti sistem pusat yang error, jaringan down dan sibuk, maka bisa menunggu sejenak atau mengoperasikan internet diluar jam sibuk alias yang banyak digunakan orang. Misalnya pada jam-jam malam.

Selain itu jika faktor penyebabnya adalah karena lokasi, maka pengguna bisa pergi ke lokasi yang mendukung provider tersebut untuk tetap stabil. Lalu jika penyebabnya karena cuaca, pastikan tidak pengakses di saat hujan, dan tunggu hingga cuaca stabil kembali.

Dan yang terakhir penyebab E pada jaringan bisa juga karena kuota yang menipis. Maka secara otomatis, jaringan akan menurun dan lemot. Maka dari itu, jangan lupa mengisinya. Tenang saja biasanya ada pemberitahuan apabila kuota akan habis langsung dari operatornya. 

Trending:  Pengertian Softswitch dan Fungsi Softswitch

Baca Juga: Penyebab Panggilan Dialihkan Indosat dan Cara Mengatasinya

Demikian itu beberapa penjelasan mengenai alasan mengapa Jaringan Indosat E, dan juga dipaparkan lengkap terhadap solusinya. Maka jangan panik lagi jika tiba-tiba jaringan mulai tidak stabil lagi.