Beranda » Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable Pada Ponsel

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable Pada Ponsel

Bgtekno.com – Baterai dalam ponsel menjadi komponen yang sangat penting karena menjadi satu – satunya sumber daya untuk menghidupkan ponsel. Saat ini, terdapat tren baru yang mengusung baterai non removable pada ponsel. Namun, terdapat kelebihan dan kekurangan baterai non removable yang perlu diketahui.

Apa Itu Baterai Non Removable?

Umumnya, jenis baterai ponsel yang banyak beredar di Indonesia ada dua yaitu baterai removable dan non removable. Sebelum membahas kekurangan dan kelebihan baterai non removable, ada baiknya mengetahui pengertiannya dahulu. Baterai non removable merupakan baterai permanen yang menyatu dengan ponsel.

kelebihan dan kekurangan baterai non removable

Kelebihan Baterai Non Removable

Baterai non removable juga dikenal dengan sebutan baterai Li-ion. Dimana baterai ini, kini sedang menjadi salah satu baterai isi ulang yang sedang banyak digunakan pada ponsel keluaran terbaru. Lalu, apa saja kelebihan dari baterai non removable? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Desain Ponsel Kokoh dan Lebih Tipis

Ponsel dengan baterai non removable, memiliki desain yang kokoh. Dimana saat ponsel terjatuh, tidak mungkin mengalami baterai dan penutup baterai berceceran dan berpisah satu sama lain. Sehingga, tentu saja ini bisa dijadikan pertimbangan saat hendak membeli ponsel baru.

Ponsel yang dibekali dengan baterai non removable, tidak bisa dibuka dan ditutup ketika akan mengganti simcard atau memasukkan kartu memori. Oleh sebab itu, ponsel yang menggunakan baterai non removable desainnya bisa dibuat menjadi lebih tipis dibandingkan ponsel dengan baterai removable.

Trending:  Download Getcontact Premium MOD APK dan Fitur Premiumnya

2. Daya Tahan Baterai Lebih Lama

Sebagian besar perusahaan ponsel yang menggunakan baterai non removable memiliki tujuan yang sama yaitu mengejar performa baterai yang tahan lama. Tidak heran jika ponsel dengan baterai non removable dapat tahan seharian meskipun tidak di charge.

Pasalnya, baterai tersebut dibuat menggunakan bahan lithium polymer yang sudah diklaim memiliki daya tahan baterai yang cukup panjang. Dengan baterai non removable, membuat ponsel jadi anti ngedrop meskipun dipakai selama berjam jam.

Kekurangan Baterai Non Removable

Dulu, baterai non removable dikenal hanya dipakai pada ponsel kelas atas saja seperti iPhone. Namun, saat ini sudah banyak ponsel kelas menengah yang menggunakan baterai jenis non removable. Setelah mengetahui kelebihan baterai non removable, ketahui juga kekurangannya dibawah ini:

1. Sulit Mengganti Baterai Baru Sendiri

Beberapa orang mengira bahwa baterai non removable tidak bisa diganti. Padahal, sama seperti baterai removable yang mana dapat diganti apabila baterai sudah mulai soak. Hanya saja, baterai non removable tidak mudah diganti sendiri karena sulit dibuka.

Sehingga, pengguna harus datang ke service center terlebih dahulu karena membutuhkan keahlian dan juga peralatan khusus. Selain itu, baterainya pun harus diganti dengan baterai yang sama persis sesuai vendor ponsel yang dipakai.

2. Sulit Dimatikan Saat Ponsel Hang

Saat hang, ponsel dengan baterai removable bisa dimatikan dengan mudah. Dengan cara menekan tombol power untuk mematikan ponsel atau menunggunya beberapa saat hingga ponsel mati sendiri. Ini berbeda dengan ponsel yang menggunakan baterai non removable yang sulit dimatikan saat hang.

Pada saat ponsel dengan baterai non removable mengalami hang, ponsel tidak dapat dimatikan begitu saja. Pengguna harus menunggu daya baterai ponsel habis baru ponsel tersebut akan mati dengan sendirinya. Hal ini membutuhkan waktu lama, mengingat daya tahan baterainya yang panjang.

Trending:  Cara Menghilangkan Plagiat Skripsi Tanpa Aplikasi

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai iPhone yang Benar

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan baterai non removable pada ponsel. Hal ini harus diketahui, agar memiliki bahan pertimbangan saat memutuskan untuk mengganti ponsel baru. Sehingga bisa mendapatkan ponsel yang awet sesuai kebutuhan.