Kelebihan dan Kekurangan Firewall untuk Jaringan Komputer

Bgtekno.com – Bagi pengguna jaringan komputer, kata firewall mungkin sudah bukan hal asing lagi. Namun masih banyak yang kurang paham dengan apa yang dimaksud firewall. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas penjelasannya dan juga kelebihan dan kekurangan firewall yang bisa diketahui.

kelebihan dan kekurangan firewall

Sekilas Tentang Firewall yang Harus Kamu Tahu

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki firewall, maka akan dibahas dahulu mengenai pengertiannya. Firewall sendiri merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pelindung. Tembok api atau firewall ini akan menghalangi apabila ada akses yang tidak diinginkan.

Entah akses yang dimaksud adalah dari luar ke dalam jaringan internet. Perangkat lunak yang satu ini juga akan menjaga keamanan jaringan pribadi yang dimiliki dengan memblokir akses yang tidak sah dari atau ke dalam jaringan pribadi. Jadi, akan benar-benar melindungi.

Firewall ini bekerja dengan melacak dan juga mengendalikan jalannya data, seperti memutuskan tindakan berupa melewatkan, menolak, menjatuhkan. Selain itu, juga mencatat aktivitas atau login data. Dengan begitu, keamanan data terjamin sesuai dengan peraturan rule yang ada dalam kebijakan privacy policy.

Kelebihan yang Dimiliki Firewall

Setelah paham dengan apa yang dimaksud firewall, maka kali ini akan dibahas pula mengenai kelebihan yang dimiliki oleh firewall. Karena ini merupakan sebuah perangkat lunak, tentu memiliki kurang dan lebih yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihannya, diantaranya:

Trending:  Socialspy Whatsapp: Penjelasan dan Cara Menggunakannya

1. Mendeteksi Saat Ada Ancaman Malware Dari Suatu Website

Dengan menggunakan firewall pada jaringan komputer, maka akan merasakan manfaat dari kelebihan yang dimiliki firewall ini. Hal ini dapat membantu mendeteksi saat ada Malware atau virus dari suatu website yang akan diakses. Juga mendeteksi adanya malware dari software yang terpasang.

2. Mampu Menjaga Agar Tidak Sampai Masuk Pada Situs Berbahaya

Bila firewall ini tidak aktif, maka bisa saja pengguna masuk pada situs atau website yang berbahaya. Hingga mungkin akan membuat jaringan terkena malware dan sebagainya. Namun dengan adanya firewall, maka akan menjaga atau tidak mengarahkan pengguna untuk masuk situs berbahaya.

3. Bisa Bertindak dengan Menghapus Suatu Website Tertentu

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh firewall adalah dapat bertindak dengan menghapus suatu website. Jika situs tersebut sudah diblokir, maka secara otomatis website tidak bisa dibuka. Sehingga, pengguna akan lebih aman saat berselancar di ruang internet karena adanya firewall yang melindungi.

Kekurangan yang Dimiliki Firewall

Setelah membahas tentang kelebihan yang dimiliki, maka yang akan dibahas selanjutnya adalah mengenai kekurangan yang dimiliki. Tentunya setiap apa pun itu, tentu memiliki kekurangan dan juga kelebihannya. Seperti kelebihan dan kekurangan firewall yang perlu diketahui ini. Adapun beberapa kekurangan, diantaranya:

1. Bukan Perangkat Anti Virus

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh firewall ini, adalah bahwa firewall ini bukanlah anti virus. Jadi meski firewall ini dapat mendeteksi saat ada virus atau malware, namun tidak bisa optimal dalam pencegahannya. Meski di dalamnya terdapat beberapa macam anti virus.

Kelebihan lain yang dimiliki adalah mampu memberikan notifikasi saat mengunduh file berbahaya. Namun bila pengguna tetap mengunduh, dan ternyata di dalamnya terdapat malware maka firewall tidak bisa berbuat apa-apa. Sehingga, pengguna masih memerlukan Anti virus untuk mengatasinya.

Trending:  Membahas “Island King” Game yang  Bisa Menghasilkan Uang

2. Tidak Mampu Mencegah Ketika Terjadi Peretasan

Kelemahan lainnya yang dimiliki firewall adalah tidak bisa mencegah saat terjadi peretasan atau pencurian data. Hal ini dikarenakan, firewall hanya akan aktif saat ada penyusup yang melalui jaringan komputer. Bila pencurian dilakukan secara langsung melalui proses internal, maka tidak bisa mendeteksi.

Baca Juga: Pengertian Samba Server, Fungsi dan Kelebihannya

Demikian adalah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan firewall. Sudah diuraikan juga sekilas tentang kelebihan dan kekurangan firewall bisa dipelajari. Sehingga, pengguna bisa mempertimbangkan pengguna Firewall ini.