Beranda ยป Kelebihan dan Kekurangan Laptop dan Notebook

Kelebihan dan Kekurangan Laptop dan Notebook

Bgtekno.com – Mungkin pengguna tengah bingung untuk membeli laptop atau notebook. Perlu diketahui juga, meski keduanya hampir sama, namun sebenarnya memiliki banyak perbedaan, semisal dari bentuk. Namun yang akan dibahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook untuk dipahami.

kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook

Kelebihan yang Dimiliki Laptop Dan Notebook

Pembahasan pertama kali ini adalah mengenai apa saja kelebihan atau keunggulan yang dimiliki antara notebook dan juga laptop untuk dijadikan pertimbangan. Keduanya merupakan komputer versi miui yang bisa dibawa ke mana-mana. Namun, beberapa kelebihan juga dimiliki antara keduanya, diantaranya sebagai berikut.

1. Mudah Dibawa Saat Bepergian

Kelebihan yang dimiliki keduanya adalah bisa dan mudah saat dibawa bepergian. Karena ukurannya yang lebih simpel ketimbang komputer. Selain itu, bobot yang dimiliki keduanya juga lebih ringan, namun bisa dibandingkan maka lebih ringan ukuran notebook.

Meskipun keduanya memiliki kelebihan yang sama, namun jika dilihat dari segi berat, maka ukuran laptop lebih berat ketimbang notebook. Sebab, ukuran layar laptop juga lebih lebar ketimbang notebook. Namun perbedaan berat ini juga tidak terlalu banyak, hanya beberapa ons saja.

2. Hemat Daya

Kelebihan selanjutnya yang juga dimiliki oleh laptop dan juga notebook adalah memiliki daya yang lumayan hemat. Sehingga pengguna juga tidak perlu khawatir saat membawanya keluar. Bila daya sudah terisi penuh, maka tidak perlu lagi membawa charger saat berpergian.

Trending:  Review Opinion World Penipuan atau Terbukti Membayar?

3. Memiliki Desain Yang Slim

Masih ada lagi kelebihan lain yang juga dimiliki oleh keduanya, yakni memiliki desain yang tipis. Layar yang digunakan juga cukup nyaman bila digunakan bekerja. Selain itu, notebook dan laptop juga memiliki kualitas layar dengan resolusi besar, juga gambar yang tajam.

4. Dilengkapi Dengan Fitur Yang Beragam Dan Harga Relatif Murah

Kelebihan terakhir yang akan dibahas kali ini adalah keduanya memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap. Sehingga, meski tidak menggunakan komputer, pengguna tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah menggunakan laptop atau notebook. Selain itu, harganya juga relatif murah ketimbang komputer.

Baca Juga: Cara Install Driver Laptop untuk Semua Windows

Kekurangan yang Dimiliki Laptop Dan Notebook

Setelah sebelumnya membahas tentang kelebihan yang dimiliki, maka perlu diketahui pula kekurangannya. Jadi, pengguna akan paham mengenai kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook agar tak salah pilih dalam membeli. Berikut adalah ulasannya:

1. Lebih Cepat Rusak

Kekurangan pertama ini adalah untuk laptop, perbandingan lebih cepat rusak ini adalah apabila dibandingkan dengan komputer. Selain itu, saat ada salah satu bagian laptop yang rusak, maka akan sulit untuk menggantinya. Selain itu, harganya pun jauh lebih mahal ketimbang komputer.

Sedangkan untuk notebook sendiri, tidak disebutkan akan kekurangan seperti yang dimiliki laptop. Namun, bentuk atau mesin di dalam laptop jauh lebih baik ketimbang notebook. Sehingga dengan kata lain jika laptop saja cepat rusak, maka notebook bisa juga memiliki kelemahan tersebut.

2. Daya yang Kurang Optimal Saat Digunakan Di Luar Ruangan

Masih ada lagi kekurangan lain, kekurangan kali ini adalah yang dimiliki notebook. Meski sebelumnya dikatakan bahwa antara laptop dan notebook memiliki daya yang tahan lama dalam sekali pengecasan, namun bisa saja berbeda saat digunakan di luar ruangan.

Trending:  Cara Menutup Akun Adsense Supaya Aman

Jadi, saat menggunakan notebook di luar ruangan, maka diharuskan untuk terus menyambungkan ke aliran listrik. Jika tidak, maka daya baterai hanya akan bertahan beberapa jam saja. Berbeda dengan laptop yang masih tahan dengan hal tersebut.

Demikian adalah pembahasan sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook yang bisa pengguna jadikan referensi. Antara Laptop dan notebook memang memiliki banyak sekali kesamaan. Namun, juga memiliki sedikit perbedaan untuk dijadikan sebagai pertimbangan.