Beranda » Kelebihan dan Kekurangan Mitra Bukalapak Sebagai Partner Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Mitra Bukalapak Sebagai Partner Bisnis

Bgtekno.com – Sebagai platform online yang berkembang pesat, bukalapak terus melebarkan sayapnya hingga menghadirkan Mitra Bukalapak. Sebelumnya, kelebihan dan kekurangan Mitra Bukalapak penting untuk diketahui. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Ini merupakan kesempatan yang menarik untuk kompetitif.

Apa yang Dimaksud Mitra Bukalapak?

Mitra merupakan rekan/kawan kerja yang saling membutuhkan. Dalam bidang usaha seperti Bukalapak, kemitraan dapat dilakukan dengan menjalankan usaha yang menguntungkan seluruh pihak. Konsep yang dijunjung tinggi adalah “sama-sama untung”. Hal ini juga dapat ditemukan di Bukalapak.

Sebelum mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan Mitra Bukalapak, terlebih dahulu perlu mengenal tentang program ini.  Berbeda dengan Bukalapak yang merupakan aplikasi untuk berbelanja online, Mitra Bukalapak merupakan program dari platform tersebut. 

kelebihan dan kekurangan mitra bukalapak

Fokus utamanya berperan sebagai wadah bagi masyarakat yang hendak mengumpulkan penghasilan tambahan. Mitra Bukalapak merupakan unit usaha yang memberikan kesempatan ke masyarakat untuk menjadi rekan dari e-commerce besar ini. 

Dimana masyarakat berkesempatan menjadi agen. Sederhananya, seorang mitra akan menjadi agen yang menjual beragam produk yang ada di Bukalapak.

Beberapa di antaranya paket data, tagihan BPJS, tiket pesawat, dan sebagainya. Keuntungan (komisi) dari agen akan diberikan setiap kali terjadi penjualan. Sebagai contoh, menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak untuk menjual pulsa. 

Kelebihan dan Kekurangan Mitra Bukalapak

Program khusus dari Bukalapak ini bisa menjadi kesempatan menarik untuk mendapatkan penghasilan di luar pekerjaan utama. Berbekal aplikasi, pengguna bisa mengasah kemampuannya dan mengumpulkan penghasilan sebanyak mungkin. Tentunya terdapat sisi positif maupun negatif dari program ini yang penting untuk diketahui, yakni:

Trending:  Apakah IM3 Gangguan Hari Ini? Berikut Cara Mengeceknya

1. Kelebihan Menjadi Mitra Bukalapak

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Bukalapak kepada mitranya. Platform dengan perkembangan masif ini memberikan peluang kepada banyak orang untuk bekerjasama dan meraih pendapatan bersama-sama di bawah naungannya. Adapun kelebihan dari Mitra Bukalapak yakni:

  • Mitra dapat menjual berbagai produk ataupun jasa dengan modal yang minim. Tidak perlu menyediakan barang layaknya toko fisik, cukup mengandalkan toko online/virtual sebagai bisnisnya.
  • Nama Bukalapak sudah dipercaya banyak masyarakat Indonesia. Kredibilitasnya bisa menjadi bekal untuk meningkatkan minat pembeli baru.
  • Seluruh pembagian keuntungan memiliki ketentuan yang jelas dan tegas, dimana komisi didapatkan ketika transaksi berhasil dilakukan.
  • Penjual dapat melakukan transaksi berbekal aplikasi yang aman dan mudah digunakan.
  • Uang berbentuk saldo BukaDompet bisa langsung dicairkan ke rekening pribadi.
  • Proses pengiriman akan lebih cepat jika bergabung menjadi mitra, juga bisa mendapatkan pilihan COD agar terhindar dari kemungkinan penipuan.
  • Banyak program khusus serta promo menarik untuk meraih lebih banyak pembeli dan meningkatkan komisi.
  • Bisa mendapatkan bonus dari transaksi yang berhasil berupa poin. Semakin banyak yang dikumpulkan, bisa ditukarkan menjadi hadiah menarik.
  • Mendapatkan pengalaman berkualitas sebagai mitra perusahaan besar.

2. Kelemahan Menjadi Mitra Bukalapak

Sebelumnya telah dibahas berbagai kelebihan bergabung menjadi mitra dari Bukalapak. Namun, tidak ada sesuatu yang tanpa kelemahan. Meski ada nama besar Bukalapak, terdapat beberapa kelemahan minor, seperti:

  • Warna dasar aplikasi yang kurang segar dipandang.
  • SEO Bukalapak kurang bagus apabila dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.
  • Proses pencairan saldo memerlukan lebih dari satu hari.
  • Terkadang mengalami error, terutama saat memperbaiki deskripsi barang dan masuknya notifikasi orderan. Waktu pemrosesan order juga terbilang cepat, dalam dua hari harus sudah memasukkan nomor resi.
  • Tidak terdapat fitur untuk melakukan pre order.
  • Penjual tidak dapat memblokir/blacklist pembeli yang dianggap merugikan, misalnya sering terlambat membayar.
Trending:  Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Dengan Benar

Baca Juga: Cara Belanja 0 Rupiah di Shopee dan Syaratnya

Demikian pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan mitra Bukalapak. Sebagai sebuah program, tentu semua memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk mendapatkan gambaran lebih luas tentang Mitra Bukalapak.