Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 Pro Wajib Kamu Tahu!

Bgtekno.com – Kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro menjadi informasi penting untuk diketahui masyarakat yang mengincarnya. Mengusung harga bersahabat yakni tiga jutaan, smartphone ini sangat laris dan unggul di kelasnya. Terutama untuk pengguna yang gemar bermain game. Fitur lengkap dan berintensitas tinggi membuatnya digemari.

Sebagai perangkat yang dibandrol dengan harga mulai tiga juta, POCO X3 Pro dibekali dengan beragam fitur andalan. Beberapa fitur yang kurang penting dihilangkan, diganti dengan fitur yang memang banyak dibutuhkan pengguna. Hal ini dapat memfokuskan energi perangkat ke apa yang sungguh-sungguh penting.

kelebihan dan kekurangan poco x3 pro

7 Kelebihan POCO X3 Pro Ketimbang Smartphone

Semua perangkat memiliki nilai unggul serta kelemahan masing-masing. Yang terpenting adalah perangkat tersebut menjawab kebutuhan dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro, mari mulai dengan kelebihan yang dimilikinya.

  1. Durabilitas yang tinggi. X3 Pro dilengkapi dengan ketahanan terhadap debu serta percikan air dengan sertifikasi IP53. Artinya, perangkat ini masih toleran terhadap sedikit debu. Sementara itu angka 3 artinya perangkat mampu menahan cipratan air yang berasal dari satu sisi.
  2. X3 Pro dilindungi dengan kaca corning tipe Gorilla Glass 6 yang tentunya lebih kuat dari tipe 5 (digunakan di POCO X3 NFC). Ponsel ini juga diklaim tahan kerusakan saat terjatuh dari ketinggian sekitar satu meter pada permukaan yang tidak rata.
  3. Rasio refresh pada layarnya tinggi, yaitu 120 Hz. Dengan begitu, pergerakan grafis smartphone nampak mulus dan jernih. Contohnya untuk bolak-balik dari aplikasi game ke media sosial.
  4. Prosesor yang digunakan X3 Pro adalah Snapdragon 860. Performanya tidak akan mengecewakan saat bermain game yang grafisnya tinggi. Didukung dengan RAM berkapasitas 16 GB, kemampuannya dalam menjalankan aplikasi dijamin minim lag.
  5. Ada empat kamera belakang (quad camera) yang dibawa oleh X3 Pro. Yakni kamera utama, ultra wide angle, sensor depth, serta kamera makro. Semuanya mendukung dalam menghasilkan foto dan rekaman video berkualitas baik. Ditambah dengan dual LEF, HDR, panorama, sampai perekaman stabil dengan EIS.
  6. Speakernya memiliki stereo ganda sehingga kualitas suaranya sangat mumpuni. Baik ketika bermain game maupun mendengarkan lagu sehingga terasa nyata dan dekat.
  7. Baterai perangkat ini kapasitasnya cukup besar untuk penggunaan sehari-hari, yakni 5260 mAh. Pengisian dayanya 33W, ditambah fast charging yang mampu mengisi daya hingga 59% dalam 30 menit.
Trending:  Kenali Aplikasi Penghasil Uang dari Paling Populer dari Aplikasi LIKEit Lite

4 Kelemahan POCO X3 Pro yang Jarang Diketahui

Ada kelebihan, ada juga kelemahan. Pengguna perlu tahu kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro, bukan hanya nilai lebihnya saja. Ada beberapa poin minus pada seri X3 Pro dari sub merek Xiaomi ini, yakni diantaranya.

1. Bentuk

Kelemahan seri ini terlihat dari bentuknya yang besar dan cukup berat, mencapai 216 gram. Tangan dapat terasa penuh, apalagi jika tergolong mungil. Ponsel ini lebih nyaman digunakan ketika menggenggamnya dengan dua tangan.

2. Notifikasi

Serial POCO ini dilengkapi dengan mode penghematan daya. Namun, setelan ini dapat menimbulkan kendala di bagian notifikasi. Dimana beberapa aplikasi contohnya WhatsApp mengalami keterlambatan dalam memunculkan notifikasi hingga satu jam.

Delay ini mungkin cukup mengganggu untuk sebagian pengguna yang aktif memakai aplikasi tertentu. Sebenarnya software dapat mempelajari kebiasaan dari pengguna untuk mengetahui apa aplikasi yang aktif digunakan dan tidak. Namun, pengelolaan prioritas ini belum ada di X3 Pro.

3. Piksel Layar

Piksel di panel IPS POCO X3 Pro membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merespon. Kondisi ini dapat menimbulkan patah-patah (stutter) ketika digunakan. Meski begitu, hal ini tidak sampai mempengaruhi kinerja layar ketika digunakan.

Baca Juga: Pahami Cara Mencari Letak Kode QR di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Itulah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro sebagai referensi. Pengguna dapat menyesuaikan dengan fitur yang diprioritaskannya, sehingga bisa memakai perangkat yang berdaya guna. Di harga tiga jutaan, X3 Pro sudah sangat mumpuni untuk berbagai aktivitas online.