Beranda » Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload? Ini 7 Solusinya!

Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload? Ini 7 Solusinya!

Play Store memang termasuk fitur bawaan HP Android yang berperan sebagai toko aplikasi resmi. Di sini, kamu bebas menginstal berbagai jenis aplikasi yang diperlukan, karena koleksinya sangat lengkap. Namun, kenapa Play Store tidak bisa men-download secara tiba-tiba?

Hal semacam ini pasti memicu kepanikan tersendiri, mengingat fungsinya yang cukup krusial. Tidak perlu cemas, karena kamu bukanlah orang yang pertama kali mengalami kondisi tersebut.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Men-download

Agar tidak semakin panik, kamu harus mencari penyebabnya dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mencari alternatif terbaik sebelum membawa HP ke service centre. Berikut beberapa penyebab yang seringkali membuat Play Store mogok:

1. Persoalan Koneksi Internet

Untuk bisa memasang aplikasi melalui Play Store, maka kamu memerlukan jaringan internet. Bila koneksi terhambat, tentu saja proses download pun akan terjeda atau tidak bisa sama sekali. Boleh cek pakai speed test atau metode lain. 

2. Aplikasi Sudah Lawas

Apakah kamu tergolong orang yang malas untuk upgrade aplikasi? Jangan heran, jika tiba-tiba Play Store tidak bisa buat download apa pun. Sebab, pihak pengembang selalu melakukan inovasi untuk kenyamanan pengguna, termasuk mengubah versinya.

3. Memori HP Penuh

Apa pun aktivitas yang kamu kerjakan akan masuk ke tempat penyimpanan di HP, baik pengunduhan, pengambilan foto, chat, dan sebagainya. Jika terus diabaikan, aktivitas semacam ini memenuhi memori, sehingga aplikasi tidak bekerja maksimal.

Trending:  3 Cara Mengubah video Menjadi mp3 di HP Android Lewat Telegram

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Men-download

Ketiga penyebab di atas ialah yang paling biasa terjadi pada pengguna HP di mana pun berada. Kamu bisa mengecek penyebabnya dahulu, lalu atasi dengan pilihan cara berikut:

1. Mulai Ulang HP

Trik pertama yang paling mudah adalah dengan restart, agar HP memulai ulang sistemnya. Cukup tekan serta tahan “Power” selama beberapa saat, lalu pilih “Mulai Ulang”. Tunggu proses sampai selesai, lalu coba gunakan untuk mengunduh lagi.

2. Bersihkan Cache

Cache merupakan data yang tersimpan pada memori dari berbagai aktivitas yang kamu jalankan, seperti browsing, penggunaan aplikasi, atau bermain game.  Tidak hanya membuat memori penuh, tetapi kinerja HP juga bisa melambat. Oleh karena itu, rajinlah menghapus cache pada HP dengan cara:

  • Masuklah ke menu “Pengaturan”, lalu “Aplikasi”.
  • Di layar akan tertera daftar aplikasi yang ada di HP-mu, klik saja salah satunya. Kemudian tekan opsi “Clear Cache”.
  • Terapkan langkah tersebut pada aplikasi lain, agar HP kembali berfungsi optimal.

3. Pindahkan Data

Untuk menambah space ruang penyimpanan, kamu perlu memindahkan sebagian data berikut aplikasi ke memori eksternal atau micro-SD. Berikut step by step yang bisa kamu terapkan:

  • Jalankan ponsel, lalu menuju ke “Setting”.
  • Tekan opsi “Application”, pilih aplikasi serta data mana yang mau kamu pindahkan.
  • Ketuk “Move to SD Card” untuk memulai proses pemindahannya.
  • Ulangi trik di atas pada data yang lainnya.

4. Hapus Data serta Aplikasi Tidak Perlu

Sambil memindahkan data atau aplikasi, lihatlah apakah kedua hal ini masih kamu butuhkan atau tidak. Seandainya memang sudah sangat jarang digunakan, lebih baik hapus atau bongkar dengan menerapkan langkah sebagai berikut:

  • Pada bagian Pengaturan, carilah pilihan “App Management”.
  • Klik aplikasi yang mau dihapus, lalu pilih “Uninstall”.
Trending:  Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak

Nantikan proses pencopotan sampai selesai, lalu ulangi di aplikasi berikutnya. Kamu juga bisa menekan icon aplikasi selama beberapa saat, sampai muncul notifikasi. Pilih Uninstall untuk melakukan pencopotan aplikasi.

5. Update pada Google Play Store

Seperti yang telah disinggung, masalah Play Store tidak bisa download juga disebabkan aplikasi yang lawas. Sebagai solusi, silakan lakukan pembaruan sesuai panduan berikut:

  • Jalankan Play Store di HP-mu.
  • Ketuk garis tiga yang terletak bagian kiri atas layar, klik “Pengaturan”.
  • Scroll ke bagian bawah, kemudian search “Play Store Version”. Tekan, lalu lakukan update.

6. Hapus Proxy

Saat kamu menjalankan aplikasi, lalu muncul pesan “Play Store tidak bisa download kode kesalahan 403”, maka meniadakan proxy adalah solusinya. Untuk mengubahnya, opsi ini ada pada pengaturan APN, yakni:

  • Buka menu “Pengaturan”, lalu “More”.
  • Selanjutnya buka “Mobile Network”, tekan “Access Point Name”.
  • Silakan hapus isi pada kotak “Proxy dan Port”, kemudian “Save”.  

Coba jalankan kembali Google Play Store, lalu mulai proses download. Keberadaan pengaturan APN ini mungkin saja berbeda, tergantung pada jenis HP. Ada juga yang masuk ke menu “Dual Sim & Mobile Network”.

7. Factory Reset

Apabila semua langkah di atas tidak membuahkan hasil, terpaksa kamu harus mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Perlu kamu cermati, trik ini akan menghilangkan semua file beserta aplikasi di HP.

Oleh karena itu, jangan lupa mencadangkannya ke kartu SD maupun sistem Cloud. Pastikan juga baterai HP minimal 80% serta jaringan internet stabil, lalu ikuti panduan berikut ini:

  • Cari opsi “Backup & Reset” yang ada pada menu Setting.
  • Tekan “Factory Data Reset”, lalu “OK”.
  • Tunggu sampai HP benar-benar selesai melakukan pengaturan ulang, jangan mengutak-atiknya.
Trending:  Intip Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

Selamat, kini pertanyaan kenapa Play Store tidak bisa men-download sudah terselesaikan. Terapkan langkah-langkah di atas mulai dari yang paling mudah dan minim risiko terlebih dahulu. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar