Beranda » Kerusakan iPhone Yang Tidak Bisa Diperbaiki? Emang Ada?

Kerusakan iPhone Yang Tidak Bisa Diperbaiki? Emang Ada?

bgtekno.com – Adakah kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki mengingat ponsel satu ini berbeda dari yang lainnya. Baik dari segi teknologi yang digunakan, sistem operasi bahkan sampai harganya.

Oleh karena itu, smartphone ini yang paling diinginkan kebanyakan orang. Entah untuk menunjukkan tingkat sosial atau hanya penasaran dengan kecanggihannya. Bahkan bukan masalah sekalipun harganya yang sangat mahal.

Akan tetapi, meski menggunakan teknologi canggih, iPhone juga bisa mengalami kerusakan. Namanya barang elektronik pasti akan rusak seiring waktu berjalan. Penyebabnya pun beragam mulai dari yang bisa diperbaiki sampai yang harus rela dibuang.

kerusakan iphone yang tidak bisa diperbaiki

Kerusakan iPhone Yang Tidak Bisa Diperbaiki

Jika bicara tentang kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki, maka jawabannya tergantung pada jenis kerusakan. Sebagai perangkat elektronik yang masih beroperasi sampai sekarang sudah tentu pihak iPhone menyediakan spare part.

Sehingga apapun kerusakannya bisa diperbaiki. Misal LCD rusak, layar mati total akibat terjatuh atau kemasukan air hingga kerusakan teknis lain.

Hanya saja, memang membutuhkan bantuan ahli yang dapat menanganinya. Apalagi kalau bukan datang ke tukang service terdekat atau pihak iPhone langsung. Apabila terdapat kantor layanan service resmi sebaiknya pilih supaya bisa memastikan kualitas komponen yang digunakan.

Kerusakan hardware atau software mulai dari sedang sampai cukup parah masih bisa diperbaiki. Kecuali kalau sudah remuk seperti jatuh dari ketinggian dan terlintas kendaraan, sudah pasti harus diganti dengan yang baru.

Bukan berarti tidak dapat diperbaiki, tetapi cukup mustahil. Jikalau bisa harganya mungkin hampir sama seperti membeli iPhone baru.

Trending:  Cara Agar Diterima Adsense Youtube TERBARU

Kerusakan iPhone Yang Bisa Diperbaiki Sendiri

Pernah mengalami iPhone mati total tanpa sebab padahal tidak terkena air atau terjatuh? Jangan terburu-buru membawanya ke service karena pengguna bisa mencoba mengatasinya sendiri. Pasalnya mungkin saja hanya masalah software. Jika begitu, cobalah untuk melakukan langkah berikut.

1. Menyalakan Ponsel Secara Paksa

Apabila saat mencoba menghidupkan iPhone, tetapi yang muncul hanya logonya saja. Cobalah untuk menghidupkan paksa dengan cara menekan dua tombol yaitu tombol sleep dan home bersamaan.

Setelah itu, biasanya perangkat akan hidup kembali. Tidak perlu cemas karena langkah ini tidak akan menghapus data.

2. Charge Baterai iPhone

Hal yang harus dihindari pengguna baru adalah menghabiskan baterai iPhone sampai tidak tersisa. Selain dapat merusakan Hp juga perangkat ini akan mati dalam waktu yang cukup lama. 

Namun akan hidup kembali jika dayanya sudah penuh. Jadi pastikan untuk selalu memperhatikannya agar tidak mati. Karena proses pengisian biasanya cukup lama.

3. Masuk ke Recovery Mode

Tips selanjutnya bila iPhone masih belum menyala yaitu masuk menggunakan recovery mode. Caranya tidak sulit. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah berikut.

  1. Tekan tombol sleep dan home secara serentak.
  2. Terus tekan meski logo Apple sudah muncul, tetapi lepaskan jika yang muncul logo iTunes serta kabel lightning.
  3. Saat itu, pengguna sudah masuk di menu recovery mode.
  4. Langkah selanjutnya adalah menyambungkan iPhone ke perangkat lain dengan sistem sama seperti Mac.
  5. Kemudian tunggu sampai PC mendeteksi perangkat dan akan menampilkan opsi pilihan.
  6. Silahkan pilih restore untuk menginstall ulang perangkat.

Sekedar informasi, jika pengguna memilih cara ini pastikan sudah membackup data perangkat. Sebab kemungkinan besar akan menghapus seluruh data. Persis seperti tindakan reset pabrik.

Trending:  Cara Memperjelas Tulisan yang Buram di Android

Baca Juga: 5 Link Download Tema iPhone Bisa untuk Semua Smartphone

Bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan bahwa tidak ada kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki kecuali memang hancur. Selain dari itu, maka semuanya sudah tentu bisa diperbaiki. Asalkan spare part yang dibutuhkan tersedia di kota tempat tinggal pengguna.