Beranda » Kamu Haus Tahu! Pentingnya Kisi- kisi Ujian Sekolah SMP 2021

Kamu Haus Tahu! Pentingnya Kisi- kisi Ujian Sekolah SMP 2021

Bgtekno.com – Ujian Sekolah sebentar lagi, tentu perlu lakukan persiapan untuk menghadapinya. Selain mendalami materi, Anda juga membutuhkan kisi-kisi ujian sekolah SMP 2021 sebagai bekal. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Ujian Sekolah

Ujian Sekolah merupakan salah satu bentuk dari evaluasi pembelajaran di setiap jenjang pendidikan, termasuk pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Evaluasi ini diadakan oleh masing-masing sekolah dan wajib diikuti oleh selurus siswa di kelas 9.

Tujuan dari pengadaan Ujian Sekolah (US) adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi pengetahuan siswa. Selain itu adalah menjadi salah satu syarat untuk memperoleh kelulusan. Tidak hanya membuat soal, guru juga harus menyusun kisi- kisi ujian sekolah nantinya.

Baca juga: Kisi-kisi PAS kelas 7 

Melalui evaluasi pembelajaran ini bersar harapan siswa bisa menambah intensitas dalam belajar. Sehingga hasil ujian dapat diraih dengan maksimal. Syarat kelulusan yang juga tidak kalah pentingnya yakni kepemilikan rapor yang menyajikan hasil belajar siswa tiap semester.

Nilai rapor mencakup nilai sikap, keikutsertaan dalam serangkaian ujian, serta nilai kompetensi pengetahuan. Sebelum pelaksanaan ujian umumnya guru akan menyampaikan kisi ujian agar siswa mampu mendapatkan nilai kompetensi pengetahuan yang tinggi.

Penyelenggaraan Ujian Sekolah bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni secara online, tatap muka, maupun keduanya sesuai kondisi sekolah dan daerah masing-masing. Kini Anda bisa mengakses latihan soal pada situs web secara gratis. Sehingga belajar bisa dilakukan kapan dan dimana pun dengan sangat mudah.

Fungsi Kisi-kisi Ujian Bagi Guru dan Siswa

Kisi-kisi ujian sendiri artinya adalah kerangka yang menjadi dasar guru dalam membuat soal. Kisi-kisi berisi informasi yang fungsinya adalah sebagai pedoman untuk menulis soal bagi guru. Dengan demikian kisi-kisi dapat menjadi acuan yang memudahkan guru dalam penyusunan soal.

Trending:  Kisi kisi US Bahasa Indonesia SMP 2022 Terlengkap

Melalui kisi-kisi guru dapat menyusun pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan tujuan tes yang ingin dicapai. Sebagaimana diketahui bahwa ujian merupakan bahan evaluasi guru dalam melihat tingkat pencapain kompetensi pengetahuan siswa. Maka guru harus memberikan pertanyaan yang beragam sesuai dengan tujuan evaluasi pembelajaran.

Apabila pertanyaan disusun oleh guru yang berbeda, dengan adanya kisi-kisi antara satu guru dan yang lainnya tetap akan menghasilkan bobot soal yang relatif sama. Oleh karena itu, keberadaan kisi-kisi ujian ini memiliki peranan yang penting bagi guru.

Selain guru, siswa juga membutuhkan kisi-kisi menjelang pelaksanaan ujian. Pedoman berupa kisi-kisi dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya.

Kisi-kisi ujian sekolah SMP 2021 akan memudahkan siswa dalam belajar. Siswa akan dimudahkan dengan pemberian kisi-kisi menjelang menghadapi ujian. Sebab siswa akan memiliki gambaran umum mengenai soal yang kemungkinan akan dihadapi.

Sehingga waktu belajar lebih efektif, tidak perlu membuang tenaga dan pikiran dalam mempelajari semua materi yang tidak diujikan. Oleh karenanya siswa lebih fokus dalam belajar dan memiliki peluang besar meraih nilai yang memuaskan.

Syarat Kisi-Kisi Yang Baik

Kisi-kisi soal ujian sekolah SMP 2021

Bgtekno.com

Susunan kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi syarat yakni mewakili isi dari silabus atau kurikulum yang diberlakukan pada masing-masing satuan pendidikan. Sehingga seluruh materi yang telah diajarkan pada kegiatan pembelajaran dapat disajikan secara tepat dan proporsional.

Selanjutnya di dalam kisi tertuang komponen sol yang mana dapat diuraikan dengan jelas dan mudah untuk dipahami. Kemudian materi yang akan dituangkan dalam pertanyaan dapat dibuat dalam bentuk soal.

Langkah Penyusunan Kisi-kisi Soal Ujian

Guru dituntut untuk mampu menyusun soal dan kisi-kisi ujian sekolah pada setiap mata pelajaran yang diampu. Langkah penyusunan yang baik dan benar dapat memudahkan siswa dalam memahami dan memberikan jawaban setiap soal.

Trending:  Soal AKM SMP Matematika Tahun 2021

Guru perlu memerhatikan kompetensi dasar siswa. Sebelum menyusun kisi Anda juga harus menentukan jumlah soal pada setiap Kompetensi Dasar (KD) dan sebaran soal. Materi yang dipilih harus sesuai dengan materi yang diajarkan dan sifatnya esensial.

Kompetensi Dasar dalam penyusunan kisi-kisi ujian sekolah SMP 2021 dapat menjadi tolak ukur sejauh mana siswa Anda memahami materi. Selanjutnya Rumuskan indikator sesuai dengan materi agar soal yang Anda buat benar-benar sesuai kompetensi dasar yang telah ditentukan.